Biar Cepat Jadi Manajer, Ini 6 Cara Pintar Menjawab Kritikan Kerja yang Wajib Kamu Lakukan!

4 menit
Introspeksi diri dan bekerja mencapai target menjadi cara pintar dalam menjawab kritikan kerja (Shutterstock).
Introspeksi diri dan bekerja mencapai target menjadi cara pintar dalam menjawab kritikan kerja (Shutterstock).

Dalam dunia kerja pasti kita pernah mendapatkan kritikan entah itu dari teman, atasan atau bahkan pelanggan yang kita layani. Sayangnya gak semua orang bisa menanggapi hal tersebut secara pintar serta benar yang berakibat motivasi menjadi turun.

Sebuah perusahaan besar tentunya memiliki ratusan hingga ribuan karyawan yang bekerja setiap harinya untuk menggaet pelanggan dan juga target keuntungan. Berbagai macam cara bakal mereka lakukan mulai dari jajaran direksi hingga karyawan yang paling bawah.

Kalau tujuan tersebut bisa berjalan sesuai rencana tentu bikin semua orang menjadi senang. Sebaliknya, bila gak tercapai pastinya akan ada beberapa pihak yang kena kritikan atau teguran pedas.

Untuk sebagian pekerja yang udah berpengalaman mungkin kejadian kayak gitu udah lumrah dan bisa dijadikan sebagai titik balik untuk membuktikan kualitasnya. Namun gak sedikit juga orang yang sulit untuk membalikkan keadaan itu supaya menjadi hal yang positif. Terutama untuk fresh graduate yang baru terjun ke dunia kerja.

Nah dari daripada berlama-lama lagi lebih baik kita lihat aja yuk langsung 6 cara pintar menjawab kritikan kerja berikut ini:

Baca juga: Ini 5 Alasan Kenapa Anak Milenial Lebih Senang Kerja di Startup

1. Introspeksi diri

Cara pintar
Introspeksi diri (Shutterstock).

Mengutip dari Positively Present, cara pintar menjawab kritikan kerja adalah dengan introspeksi diri. Hal ini merupakan cara paling mendasar agar kita bisa menjadi pekerja yang lebih baik lagi kedepannya.

Orang lain akan menegur kita bukan tanpa sebab, pasti ada maksud dibalik semua itu. Bisa jadi karena kinerja yang menurun, waktu kerja yang terpotong dengan urusan lain atau metode kerja yang kurang sesuai sama ekspektasi perusahaan.

Oleh sebab itu sebaiknya kamu mencoba untuk mulai introspeksi diri apa yang kira-kira menjadi hambatan dalam bekerja. Bisa dikonsultasikan ke atasan atau rekan kerja yang dapat dipercaya.

2. Jangan baper dulu!

Cara pintar
Jangan baper (Shutterstock).

Kaum milenial yang baru merasakan kerasnya dunia kerja kadang suka gak tahan sama kritikan pedas yang diberikan kepadanya. Bahkan sangking rentannya ada yang sampai dibawa perasaan.

Jika keadaan kayak gitu udah terjadi umumnya butuh waktu buat mereka untuk bisa kembali ke kinerja yang sebenarnya.

Sakit hati karena dimarahi emang jadi naluri alam yang sulit dihindari oleh siapapun. Tapi seiring berjalannya waktu hal semacam ini pasti bisa kamu hadapi dengan mudah kedepannya. Jadi nikmati aja prosesnya dan jangan dimasukin ke hati.

Baca juga: Pengin Kerja di Luar Negeri? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

3. Percaya sama kemampuan diri sendiri

Cara pintar
Percaya sama kemampuan diri sendiri (Shutterstock).

Selanjutnya cara pintar untuk menghadapi kritikan kerja adalah dengan percaya sama kemampuan diri sendiri.

Setelah kita menerima kritikan kepercayaan diri biasanya menjadi menurun karena apa yang udah kita lakukan seakan-akan gak berbuah manis. Padahal kegagalan tersebut bukanlah tanda kalau kemampuan kita cuma sampai disitu aja lho.

Banyak faktor yang mempengaruhi hasil kerja kita. Jadi jangan dulu putus asa sama kemampuan yang kamu miliki. Terus berusaha dan mencoba adalah hal yang harus kamu tanamkan di dalam diri.

4. Selalu berpikir positif

Cara pintar
Selalu berpikir positif (Shutterstock).

Selalu berpikir positif merupakan cara pintar keempat guna menjawab kritikan yang diberikan kepada diri kamu.

Mendapat teguran adalah sesuatu yang buruk. Tapi bukan berarti mengalami kejadian tersebut gak memiliki nilai positif di dalamnya seperti merubah kebiasaan yang buruk.

Coba bayangin kalau seluruh hidup kamu hanya mengalami pujian semata. Kedengarannya sih emang enak, namun kalau udah dijalanin pasti bakal membosankan dan terasa aneh. Sebab gak ada hal yang bisa kamu perbaiki dari diri kamu sendiri. Bener gak ,sih?

Baca juga: Jangan Pernah Cek Email Kerja di Waktu-Waktu Ini! Begini Alasannya!

5. Sadari kalau kamu gak bisa memuaskan semua pihak

Cara pintar
Sadar akan kemampuan sendiri yang gak bisa memuaskan setiap orang (Shutterstock).

Menyadari bahwa kamu gak bisa memuaskan semua pihak dalam keputusan yang diambil merupakan cara pintar untuk menjawab kritikan kelima.

Banyak pekerja berpikir kalau mereka harus bisa memuaskan semua orang di perusahaan atas apa yang telah dikerjakannya. Kenyataannya impian tersebut gak selalu terjadi setiap waktu.

Ada kalanya kamu harus memilih dan mengorbankan pilihan guna mendapatkan hasil yang terbaik. Bila kamu udah memiliki pemikiran seperti ini pasti kamu bisa lebih bijak dalam menjalani sebuah kritikan.

6. Mencapai target yang dicanangkan manajemen

Cara pintar
Telah mencapai target (Shutterstock).

Cara pintar terakhir dan yang paling ampuh dalam menjawab sebuah kritikan adalah dengan mencapai bahkan melampaui target yang diberikan oleh perusahaan.

Kalau kamu udah sukses menjalankan hal ini tentunya kritikan yang lalu udah sukses bikin diri kamu menjadi lebih baik dan dipandang oleh pimpinan di perusahaan tempat kamu bekerja.

Nah itulah 6 cara pintar dalam menjawab kritik kerja yang patut kamu ketahui dan lakukan. Menghadapi sebuah masalah adalah tantangan yang gak gampang untuk dilalui. Tetapi jika dilihat secara positif maka kesulitan itu bisa menjadi momen buat kamu untuk terus belajar dan berkembang dalam meraih impian. Tetap semangat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan