6 Cara Sukses Zhou Qunfei, Wanita Kaya di Cina yang Mulai dari Nol

3 menit
Cara Sukses

Zhou Qunfei mungkin gak seterkenal Jack Ma. Tapi cara sukses wanita ini dalam merintis karier dari nol hingga sukses seperti sekarang patut diacungi jempol.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, bukankah wanita terkaya di Cina menurut daftar Forbes adalah Yang Huiyan? Betul, tapi Yang mendapat kekayaan itu dari limpahan ayahnya yang memang pengusaha sukses.

Berbeda dengan Zhou, yang memang melangkah dari bawah hingga sukses menjadi wanita terkaya di Cina berkat usahanya sendiri.

Dijuluki “Touchscreen Queen”, dia menjadi pemain utama di industri lensa dan kaca penutup untuk gadget. Kira-kira apa cara sukses ala Zhou Qunfei, si wanita terkaya di Cina?

1. Mau belajar

Zhou waktu muda hanya ingin mengubah nasibnya dengan upayanya sendiri. Waktu itu, dia memprioritaskan belajar ketimbang bayaran saat bekerja. Makanya, seperti dikutip dari Independent, dia menyatakan hanya ingin belajar.

Dia gak peduli walau gak dibayar, asalkan bisa belajar dalam pekerjaan itu. “Saya punya tujuan yang berbeda dengan kebanyakan orang di pusat kota, yang punya uang. Saya tak punya uang. Yang saya inginkan adalah mengubah nasib dengan kerja sendiri.”

cara sukses
Mau belajar dan beri pelajaran, itulah salah satu cara sukses ala Zhou (nextshark)

2. Jeli ambil kesempatan

Seorang pebisnis ulung mesti jeli mengambil kesempatan. Hal itulah yang ditunjukkan seorang Zhou. Sebagai orang yang berasal dari keluarga miskin, dia terlatih untuk mencari dan merebut peluang di depan mata.

Kepada Australian Financial Review, dia pernah berkata, ”Sepanjang periode pertumbuhan ekonomi Cina yang pesat, ada begitu banyak kesempatan untuk pengusaha, termasuk wanita. Saya melihat itu sebagai peluang untuk mengembangkan bisnis.”

[Baca: Cerita Orang Sukses Yang Huiyan, Perempuan Terkaya Cina]

3. Berani berbeda

Apa gunanya menjadi salah satu dari seribu orang yang menjalani hidup mudah tapi berakhir di tempat sama yang membosankan? Mungkin itulah yang ada di pikiran Zhou. Di desanya, para wanita cenderung menikah muda dan tinggal selamanya di sana.

Namun Zhou memilih keluar dari zona kenyamanan itu sebagai orang yang berbeda. “Saya memilih berbisnis, dan saya tak menyesalinya,” kata Zhou seperti dikutip New York Times.

4. Mantap ambil keputusan

cara sukses
Zhou adalah wanita yang low profile, tapi kekayaannya bikin minder yang mau ngapel (yblnigeria.com)

Saat masih jadi pekerja pabrik, dia pernah mesti mengais rezeki dari pukul 8 pagi sampai 12 malam, bahkan sampai pukul 2 dinihari. Waktu itu tak ada kerja shift, sementara jumlah pekerja terbatas. Akhirnya, setelah tiga bulan, dia menulis surat resign ke bosnya.

Surat itu berisi komplain sekaligus rasa terima kasih atas pekerjaan yang diberikan dan niatnya untuk lebih banyak belajar. Tak dinyana, Zhou malah diminta bertahan dan bahkan dipromosikan hingga pabrik itu tutup.

Kemantapannya mengambil keputusan untuk resign, dan lalu menerima tawaran promosi yang diberikan, membawanya ke arah kesuksesan. Keputusan itu gak hanya mantap ia ambil, tapi juga ia tekuni.

[Baca: Pelajari 6 Kunci Sukses Orang Tionghoa ala Jack Ma]

5. Mau bekerja sama

Zhou Qunfei gak sendirian ketika memutuskan mendirikan usaha sendiri. Dia justru disemangati keluarganya agar jadi pengusaha setelah pabrik tempatnya bekerja tutup. Bahkan bisnis pertamanya dijalankan dari satu unit apartemen bersama adik dan kakak, serta keponakannya.

Kemauan untuk bekerja sama itu berujung sukses. Bisnis berupa pembuatan lensa yang ia rintis ternyata menarik perhatian perusahaan yang lebih besar, termasuk Apple dan Samsung.

6. Bersedia terjun mengawasi langsung

cara sukses
Dan, tahukah kamu, dia gak punya ijazah lho…. (youtube)

James Zhao, manajer perusahaan yang dipimpin Zhou, memberi kesaksian. Bos wanitanya itu sudi terjun langsung mengawasi proses produksi untuk memastikan semua berjalan lancar.

“Dia terkadang duduk dan bekerja sebagai operator untuk melihat apakah ada yang salah dalam proses kerja. Hal itu bikin grogi, terutama kalau dia melihat ada masalah dan bilang, ‘Kok kamu tidak melihatnya?’”

Enam poin di atas mungkin hanya segelintir dari cara Zhou Qunfei meraih kesuksesan. Namun semuanya bisa dicoba dipraktikkan, terutama buat kaum Hawa yang terinspirasi.

Kesuksesan bukanlah hak istimewa para pria. Para wanita pun boleh dan bisa mengecap kesuksesan, asal mau berusaha.

[Baca: 6 Fakta Soal Alibaba Group]

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.