6 Fakta Inspiratif Pendiri Huawei yang Memulai Bisnis dengan Modal Rp 8 Jutaan

4 menit
Pendiri dan CEO Huawei, Ren Zhengfei. (Forbes)
Pendiri dan CEO Huawei, Ren Zhengfei. (Forbes)

Nama Huawei tentu cukup familiar di telingamu. Huawei adalah salah satu perusahaan manufaktur perangkat telekomunikasi dan ponsel terbesar di dunia. Sejatinya, di balik perusahaan besar asal Negeri Tirai Bambu ini ada sosok berjasa yang bernama Ren Zhengfei.

Tepat pada Desember 2018, putri Ren yaitu Meng Wangzhou yang juga CFO Huawei, ditangkap di Kanada atas permintaan Amerika Serikat. Hal ini memicu ketegangan hubungan antara Amerika Serikat dan Cina. Peristiwa ini akhirnya berdampak buruk di pasar modal.

Kebayang dong, segitu berpengaruhnya Huawei dalam dunia perdagangan internasional!

Asal kamu tahu, Forbes menyebutkan bahwa saat ini Huawei telah mempekerjakan 180 ribu pegawai di 170 negara! Ren sendiri sekarang punya kekayaan sebesar Rp 22 triliun. Selain itu, ternyata banyak lho fakta-fakta menarik dan inspiratif di balik kisah Ren Zhengfei si pendiri Huawei.

Mau tahu lebih lanjut? Mari simak ulasan lengkapnya.

Baca juga: Facebook, dari Proyek Kamar Asrama Jadi Raksasa Teknologi Dunia

1. Berasal dari keluarga miskin

Ren Zhengfei. (Forbes)
Ren Zhengfei. (Forbes)

Ren Zhengfei lahir pada 1944 silam di perkampungan Zhenning, Guizhou, Cina. Kakeknya adalah koki, sedangkan ayahnya pindah ke Guangzhou, dan bekerja di salah satu badan usaha milik negara ketika Jepang menduduki Cina. Setelah itu, sang ayah akhirnya beralih profesi jadi guru.

Meski berasal dari keluarga kurang mampu, Ren punya prestasi yang cukup baik di bidang akademik hingga berhasil melanjutkan studi di Universitas Chongqing.

Baca juga: Pernah Jadi Sales hingga Awak Kapal, 3 Pengusaha Sukses Ini Jadi Duta Besar!

2. Sempat bergabung di dinas militer

Ren Zhengfei. (Facebook)
Ren Zhengfei. (Facebook)

Setelah lulus kuliah, Ren justru bergabung di dinas militer. Dia ditempatkan di bidang pengembangan teknologi.

Sayangnya, karier militernya gak mulus lantaran ayahnya pernah bekerja di badan usaha yang dulu dikuasai oleh pemerintah dari fraksi Kuomintang (oposisi). Ren sendiri juga dilarang bergabung di Partai Komunis Cina karena latar belakang keluarganya.

Padahal, inovasi yang dia lakukan di bidang teknologi militer cukup impresif. Dia pun sering dikirim menjadi delegasi ke konferensi skala nasional, hingga akhirnya pensiun di saat militer Cina mengadakan pemangkasan 500 ribu personel aktif.

Baca juga: Barang Mewah Milik 3 Bos BUMN Ini Mencapai Ratusan Juta Rupiah!

3. Mendirikan Huawei dengan modal Rp 8,2 juta!

Ren Zhengfei. (ChinaA2Z)
Ren Zhengfei. (ChinaA2Z)

Berdasarkan informasi di situs Huawei, Ren Zhengfei mendirikan Huawei Technologies di tahun 1987 dengan modal 21 ribu Yuan. Nah, kalau disetarakan dengan kurs Dolar AS pada saat itu, Wikipedia menyebutkan bahwa modal yang dikeluarkan Ren setara dengan US$ 5 ribu

Nah, jika dirupiahkan, maka pada nilai tukar US$ 5 ribu pada tahun 1987 setara dengan Rp 8,2 jutaan. Gak gede-gede amat ya.

Tapi uang sebesar Rp 8 juta pada saat itu ya sudah pasti sangat besar. Zaman sekarang mungkin cuma setara dengan gaji supervisor di sebuah perusahaan.

Pada awal perusahaan ini berdiri, Huawei aktif menjual peralatan telekomunikasi ke Hong Kong. Ren pun menjabat sebagai CEO perusahaan itu hingga saat ini.

4. Gak pernah punya waktu buat anak

Ren Zhengfei. (Instagram)
Ren Zhengfei. (Instagram)

Huawei memang diwariskan untuk anak dan cucu Ren Zhengfei, tapi tahu gak sih kalau di masa mudanya Ren sama sekali gak punya waktu untuk keluarganya.

Ren memang punya etos kerja yang sangat keras layaknya orang-orang Cina pada umumnya. Saat menjalani dinas militer, 11 bulan dia berpisah dengan keluarganya.

Ketika dia mendirikan perusahaan sendiri, kesibukan itu justru bertambah. Bayangin aja, jam kerjanya lebih dari 16 jam! Mungkin inilah yang membuat dia bercerai dengan istrinya Meng Jun. Putra dan putrinya pun memilih untuk menggunakan marga sang ibu “Meng.”

Tapi, dia pernah bilang bahwasannya dia memang sengaja membangun Huawei agar masa depan putra-putrinya bisa bersinar.

5. Seorang yang gak narsis dan ogah diliput media

Ren Zhengfei. (Wikimedia Commons)
Ren Zhengfei. (Wikimedia Commons/Creative Commons License)

Gak sedikit media yang menyebut bahwa Ren Zhengfei adalah seorang yang lebih suka menghindari publik. Dia pun hampir gak pernah diwawancarai oleh media.

Akan tetapi, dia sempat angkat bicara dalam kasus penangkapan putrinya. Dia mengkritisi tekanan-tekanan dari Amerika Serikat terhadap bisnisnya.

6. Cuma punya 1,4 persen saham di perusahaannya

Huawei, perusahaan yang didirikan Ren Zhengfei. (Shutterstock)
Huawei, perusahaan yang didirikan Ren Zhengfei. (Shutterstock)

Walaupun tampil sebagai pendiri sekaligus pimpinan perusahaan, Ren Zhengfei cuma menguasai 1,4 persen saham Huawei. Padahal, perusahaan ini sempat mencetak laba sebesar US$ 92 miliar atau Rp 1.281 triliun!

Itulah sebabnya mengapa Forbes menyebut kalau dia cuma punya total kekayaan Rp 22 triliun. Angka sebesar itu adalah setara dengan 1,4 persen saham Huawei.

Usut punya usut, sisa saham itu justru dibagikan ke para pegawai Huawei. Jadi, para pegawai itu hanya menerima uang setengah dari gaji karyawan normal di sebuah perusahaan. Setengahnya lagi dikonversikan dalam bentuk saham.

Dengan memiliki saham perusahaan, hal itu dinilai bisa meningkatkan rasa kepemilikan para pegawai terhadap perusahaannya.

Itulah enam fakta inspiratif dari Ren Zhengfei yang cukup mengejutkan. Saat ini, Ren pun dipandang sebagai salah satu figur pengusaha legendaris di negaranya.

Perjuangannya di bidang usaha pun bisa dibilang benar-benar mencerminkan etos kerja yang keras ala pria Tiongkok. Kira-kira apakah kamu juga punya etos kerja seperti beliau? (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.