6 Film Barat Ini Punya Pelajaran Finansial yang Sangat Berharga, Patut Dicontoh!

4 menit
Ilustrasi menonton film barat (Shutterstock).

Belajar hemat gak mesti cuma bisa dari kelas-kelas atau seminar, kamu juga bisa kok belajar dari serial atau film Barat yang tenar.

Kalau dicermati lebih lanjut, film-film Barat di bawah ini memang punya pelajaran finansial yang sangat berharga. Terutama seputar mengelola keuangan.

Ada yang bercerita tentang keborosan, dan ada juga yang menceritakan seputar gaya hidup hemat. Kamu yang menonton bakal dapat banyak inspirasi deh pastinya.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah sini.

Baca juga: Pengin Jadi Generasi Milenial yang Kaya Raya, Yuk Ikuti Tips Mengelola Gaji Ini

1. Home Alone

Film Home Alone.

Dalam film yang top di era 90an ini, diceritakan bahwa ayah Kevin McCallister mengajak 15 anggota keluarganya jalan-jalan untuk liburan Hari Natal ke Paris. Dan empat dari 15 orang itu tiketnya first class, tapi sayangnya putra mereka ketinggalan dalam rombongan karena kesiangan.

Sejatinya, keluarga McCallister bukan merupakan crazy rich. Mereka memang kaya dan rumahnya dihuni oleh keluarga besar, akan tetapi tajirnya biasa saja.

Bayangin saja, masa iya liburan ngajak keluarga besar sampai pakai first class segala. Ujung-ujungnya, rumah mereka pun kerampokan tapi untungnya Kevin cukup cerdas.

Pelajaran finansialnya yang bisa kamu petik di film Barat ini adalah, stop bermewah-mewah untuk membayar akomodasi liburan ya. Intinya esensi liburan adalah ketika di tempat destinasinya, bukan di pesawat.

2. Confession of Shopaholic

Confession of Shopaholic

Dalam film Barat yang satu ini, Rebecca Bloomwood digambarkan sebagai orang yang gemar berbelanja. Karena sifatnya yang impulsif, tagihan kartu kreditnya pun cukup mengerikan. Dia pun akhirnya sempat dikejar debt collector karena tunggakan kartu kredit.

Jelas banget, film ini bakal memberikan kita pelajaran berharga soal memisahkan mana keinginan dan kebutuhan.

Jika kita berfoya-foya untuk hal yang gak perlu, maka dampaknya bakal dirasakan di kemudian hari. Gak lucu kan kalau gara-gara kebiasaan belanja yang impulsif akhirnya mencederai kesehatan finansial kita.

Baca juga: Gak Usah Takut Apalagi Ragu, Begini Tips Membeli Saham Bagi Wanita Pemula

3. Pursuit of Happyness

Pursuit of Happyness

Film Barat yang satu ini emang sangat sedih, ini merupakan cerita bagaimana seseorang bisa bangkit dari kebangkrutan yang cukup serius.

Film ini menceritakan seorang pria bernama Chris Gardner dan Linda serta putranya yang tinggal di apartemen kecil. Dia berinvestasi dengan membeli franchise scanner tulang portable, yang ternyata gak laku di pasaran karena terlalu mahal.

Chris pun jatuh bangkrut karena kegagalannya dalam investasi bisnis itu. Dia gak sanggup bayar sewa apartemen, mengingat istrinya cuma seorang buruh laundry.

Hidupnya pun makin lama makin terpuruk hingga dirinya hanya bisa tidur di toilet stasiun kereta. Di akhir cerita, keterpurukan itu berbalik jadi keberhasilan.

4. Legally Blonde

Legally Blonde

Film Barat yang menceritakan tentang perempuan tajir bernama Elle Woods ini juga patut kamu tonton.

Woods adalah sosok orang kaya yang cukup cerdas dan bijak soal keuangan. Walaupun bisa membeli apa saja, dia memilih untuk berhemat dan gak asal belanja.

Soal belanja baju, dia juga gak pernah membuang-buang uang kok. Apa saja dia pakai asalkan memang pas di badannya.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Ini Bikin Pelesiranmu Makin Seru Lho!

5. The Wolf of Wall Street

The Wolf of Wall Street

Dalam film ini, Leonardo DiCaprio berperan sebagai Jordan Belfort, pialang saham yang kehilangan kerja karena perusahaan sekuritas tempat dia bekerja gulung tikar. Dia pun mendirikan perusahaan serupa dan sempat berjaya, namun hal itu justru berakhir nahas karena tindakan ilegal yang dia lakukan.

Sejatinya, film ini menyindir gaya hidup OKB alias orang kaya baru yang pengin tampil jetset sekaligus mafia-mafia saham. Tonton saja, lucu kok filmnya.

6. The Wizard of Lies

The Wizard of Lies

Film ini dibintangi Robert deNiro dan mengisahkan tentang investasi bodong dan skema ponzi layaknya kasus First Travel. Masih ingat kan sama kasus yang pernah ramai dibincangkan di media itu?

Intinya, film ini mencoba berpesan padamu bahwa sebagai masyarakat kamu harus berhati-hati terhadap segala bentuk produk investasi yang tersedia di pasaran.

Pilih investasi yang dijamin saja deh. Jangan pilih yang aneh-aneh.

Itulah deretan film Barat top yang memiliki pelajaran finansial yang berguna. So, kira-kira mau nonton yang mana dulu guys? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.