Banner ImageBanner Image

Dompet Milenial Cepat Tipis? Bisa Jadi Karena 6 Hal yang Bikin Boros Ini

4 menit
Kebiasaan milenial yang bikin boros. (Shutterstock)
Kebiasaan milenial yang bikin boros. (Shutterstock)

Anak-anak milenial pasti banyak deh yang mengeluh “duit cepat banget habis, padahal baru gajian.” Keluhan seperti itu bisa jadi muncul karena kamu gak bisa me-manage keuangan kamu dengan baik, atau memang kamu terlalu boros.

Kemungkinan yang kedua kayaknya mungkin saja terjadi deh buat kalangan milenial. Tanpa disadari kamu sedang menjalani gaya hidup yang sangat amat boros. Misalnya dengan membeli hal-hal yang sebenarnya gak benar-benar kamu butuhkan.

Ada juga nih, yang boros karena belanja barang-barang bermerek yang harganya bisa sampai setengah kali gaji kamu, atau bahkan satu kali gaji kamu. Demi memamerkannya ke teman-teman, kamu rela membelinya dan menghabiskan seluruh hasil kerja keras selama sebulan.

Selain hal di atas, ada banyak lho contoh-contoh umum gaya hidup boros yang sering dilakukan oleh milenial. Yuk kita lihat apa saja.

Baca juga: 4 Cara Menabung yang Kini Kembali Jadi Idola Milenial

1. Ngopi di kafe

Ngopi di kafe tiap hari bikin boros. (Shutterstock)
Ngopi di kafe tiap hari bikin boros. (Shutterstock)

Banyak di antara kaum milenial yang sering ngopi di coffee shop seperti Starbucks dan sejenisnya. Gak sedikit juga yang ngopi di tempat seperti ini setiap hari, misalnya saat berangkat ke kantor atau setelah pulang kantor.

Nah secara gak sadar, kebiasaan ini bikin boros banget lho. Bayangkan saja, kamu harus keluar uang sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu buat secangkirnya. Coba kalau dikalikan 7 hari. Jadi banyak kan…

Kopi ini sebenarnya minuman yang bisa kita bikin sendiri, gak perlu ribet-ribet tinggal tuang bubuk kopi yang kamu beli sendiri, terus kamu tuang air panas deh. Lebih irit bukan?

Tapi gak ada salahnya sih kalau kamu ngopi di kafe sesekali dalam seminggu. Misalnya pas weekend sambil ngobrol bareng teman-teman.

Baca juga: Penghasilan Cuma 3 Jutaan, Sopir Angkot Bertahan di Tengah Persaingan Transportasi Online

2. Paket data unlimited

Udah banyak wifi gratis, gak usah beli pake data unlimited biar gak boros. (Shutterstock)
Udah banyak wifi gratis, gak usah beli pake data unlimited biar gak boros. (Shutterstock)

Provider-provider telepon seluler memang kerap mengeluarkan promosi paket data murah, bahkan data unlimited dengan harga murah. Ya meski gak murah-murah banget sih, tapi kalau promo siapa sih yang gak doyan. Alhasil, banyak milenial yang kepincut untuk membelinya.

Sebetulnya memang lebih hemat, tapi alangkah lebih baiknya kalau kamu beli paket data yang seperlunya saja. Karena rata-rata sekarang di tempat-tempat umum atau perkantoran pasti sudah memiliki fasilitas internet gratis.

Kamu sebagai milenial yang bekerja tentunya banyak menghabiskan waktu di kantor kan? Jadi lebih baik kamu manfaatkan saja fasilitas itu.

Di rumahmu pasti juga sudah ada layanan internet kan? Jadi, di rumah ada wifi di kantor ada wifi juga, mubazir banget kalau kamu beli paket data unlimited.

Baca juga: Modal Rp 1000 Dapat Rp 5 Juta, Ini Nabung Sistem Tanggalan yang Oke Banget

3. Makan steak mahal

Biar gak boros, makan steak mahalnya pas ada momen spesial aja. (Pexels)
Biar gak boros, makan steak mahalnya pas ada momen spesial aja. (Pexels)

Makan steak di restoran mahal dan mewah dengan kualitas daging impor dari Australia sudah bisa dibayangkan pasti harganya mahal. Nah kalau kamu mau lebih irit dan gak boros, banyak juga kok restoran steak murah dengan daging lokal yang cita rasanya gak kalah enak. Jangan cuman gara-gara ngidam makan daging kamu harus menguras gajimu ya.

Tapi gak ada salahnya juga kalau kamu mau makan di restoran steak mewah. Cuma, lebih baik kalau pas perayaan momen-momen berharga saja, seperti misalnya, ulang tahun orang tua, atau ulang tahun pacar.

4. Ponsel pintar baru

Hindari boros dengan beli ponsel pintar baru kalau ponselmu masih bagus. (Pexels)
Hindari boros dengan beli ponsel pintar baru kalau ponselmu masih bagus. (Pexels)

Setiap tahun ada saja deh keluaran ponsel pintar terbaru. Kalau kamu orangnya suka mengikuti perkembangan teknologi pasti deh langsung sikat, padahal harganya juga mahal banget.

Hal yang ini sebenarnya gak harus banget kamu lakukan. Kamu tahu kalau ngikutin perkembangan teknologi ponsel pintar itu gak ada habis-habisnya. Kalau diikutin yang ada duit kamu bakalan ludes. Padahal teknologinya yang berubah juga gak signifikan banget.

Biar lebih bijak, sebaiknya kamu beli ponsel pintar baru kalau ponsel lamamu sudah rusak. Atau belilah pada saat kamu benar-benar membutuhkan spesifikasi yang lebih besar untuk kepentingan pekerjaanmu.

5. Belanja barang branded berlebihan

Jangan belanja barang branded berlebihan kalau gak mau boros. (Pexels)
Jangan belanja barang branded berlebihan kalau gak mau boros. (Pexels)

Gak bisa dipungkiri sih, buat sebagian orang, menggunakan barang branded dinilai bisa meningkatkan personal branding. Orang bakal ngelihat kita sebagai orang kaya, padahal sih biasa-biasa aja.

Nah, meskipun menurut kamu branding kamu naik, tapi itu berbanding terbalik dengan kondisi keuangan kamu. Kalau kamu terus-terusan beli barang branded seperti topi, kaos, celana, hingga sepatu, lama-lama duit kamu bakalan ludes.

Gaya hidup boros ini bakalan sering kamu alami apalagi kalau musim-musimnya sale besar-besaran. Barang branded, dapat potongan harga, bikin kalap, serasa duit gak berseri.

Kalau kamu lebih jeli, ada baiknya kamu alihkan belanja barang branded ke tas mewah yang kini bisa dijadikan sebagai investasi.

6. Meminjamkan uang ke anggota keluarga

Meminjamkan uang ke keluarga emang dilematis, tapi lebih baik berikan saja, gak usah pakai judul pinjam. (Pexels)
Meminjamkan uang ke keluarga emang dilematis, tapi lebih baik berikan saja, gak usah pakai judul pinjam. (Pexels)

Dikutip dari Businessinsider, meminjamkan uang kepada anggota keluarga adalah hal yang membingungkan. Karena kamu pasti tahu, kalau meminjamkan uang ke pihak lain pasti ada perjanjian untuk pengembaliannya. Tapi, kalau ke keluarga, kan gak enak nagihnya. Alhasil kamu keluar duit tapi duitmu gak balik.

Tapi, kamu memang tidak seharusnya meminjamkan uang ke anggota keluarga. Kalau kamu ada uang lebih, lebih baik diberikan saja apabila mereka membutuhkan uang. Toh membantu keluarga sudah menjadi kewajiban kita kok. Kalau kamu sedang di masa sulit, mereka pasti juga bakalan membantu kok.

Itu tadi beberapa hal-hal umum yang sering dilakukan oleh milenial yang justru termasuk gaya hidup boros.

Boros itu sebenarnya bisa dihindari dengan manajemen keuangan yang baik. Setelah gajian, ada baiknya kamu membuat perencanaan keuangan yang matang. Alokasikan 20 persen gajimu untuk tabungan dan dana darurat, kemudian 20 persen untuk investasi dan asuransi.

Pengeluaran rutin termasuk makan dan bayar tagihan jangan lebih dari 50 persen. Sisanya, yang 10 persen boleh deh buat ngopi-ngopi cantik, nonton, dan pengeluaran gaya hidupnya yang lain. Kalau kamu pintar me-manage gajimu dijamin kamu gak akan boros deh. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan