Ini 6 Hal yang Jadi Penyebab Mobil Terbakar, Waspada Ya!

4 menit
penyebab mobil terbakar

Insiden mobil terbakar di jalan raya bukanlah hal baru, dan peristiwa nahas itu pun masih sering terjadi. Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab mobil terbakar?

Sejatinya, kebakaran bisa menimpa mobil apapun. Terlepas dari mobil tersebut adalah mobil mewah atau mobil murah ramah lingkungan.

Kalau sudah terbakar di jalan raya, repot pastinya. Selain harus menyelamatkan diri, kamu juga harus segera menghubungi pihak pemadam kebakaran secepat mungkin. Belum lagi, pasti bakal panik. Ya iyalah, wong kap mesin berasap aja sudah dag-dig-dug, apalagi kebakar.

Kerugian materi yang kamu alami juga pasti gede banget. Kecuali kamu pakai asuransi mobil ya. Kalau begitu sih kerugian bakal ditanggung sama pihak asuransi.

[Baca: Awas Salah Pilih, Ini Lho Ciri-Ciri Asuransi Mobil yang Baik]

Sebagai pemilik mobil, wajib bagi kita untuk mengetahui enam penyebab mobil terbakar secara umum. Dengan begitu, ke depannya kita pun bisa melakukan antisipasi agar gak mengalami musibah ini. Yuk simak ulasannya lebih lanjut!

1. Selang bensin bocor

penyebab mobil terbakar
Selang bensin bocor (Indogpskarawang)

Penyakit ini seringkali menimpa mobil-mobil keluaran lawas. Semakin tua mobil, maka semakin tua juga komponennya, termasuk selang bensinnya. Bensin yang bocor tersebut bisa tersulut ketika mesin mobil sudah panas.

Oleh karena itu, bila kamu sering menemukan kebocoran bensin di bagian bawah mobil, atau sering mencium bau bensin di dekat mobilmu, bisa jadi selangnya bermasalah. Segera ganti yang baru untuk menghindari kebakaran.

2. Oli mesin rembes

penyebab mobil terbakar
Ketahui kebocoran olimu (Amazine)

Jangan salah, oli juga bisa jadi penyebab mobil terbakar lho, karena bahan dasar oli itu sendiri adalah minyak. Hal ini bisa terjadi ketika kamu kebanyakan menuang oli mesin saat ganti oli.

[Baca: 9 Langkah Ganti Oli Mobil Tanpa Harus ke Bengkel]

Akibatnya, ada oli yang tersembur keluar. Saat mesin panas, maka oli tersebut jadi tersulut.

Selain oli mesin, ternyata oli gardan juga bisa jadi penyebab mobil terbakar. Oli gardan yang sudah lama gak diganti bakal membuat seal gardan jadi getas. Olinya pun merembes keluar, dan terbakar ketika menyentuh gardan panas.

3. Penggunaan cairan pendingin radiator yang salah

penyebab mobil terbakar
Jangan isi dengan yang abal-abal ya (Liputan6)

Ada banyak merek cairan pendingin radiator alias coolant yang dijual di pasaran. Tapi, bila kamu memutuskan membeli yang abal-abal, risikonya bisa membuat mobilmu terbakar lho.

Ramuan cairan pendingin radiator abal-abal itu umumnya gak bisa mendinginkan radiator dengan maksimal. Kadang cairan tersebut justru membuat radiator jadi overheat, yang akhirnya memicu kebakaran. Masih berani pakai cairan pendingin yang gak jelas?

4. Knalpot bocor

penyebab mobil terbakar
Selain berpotensi menciptakan kebakaran, asap buangan juga bisa masuk ke kabin (Autobild)

Gak hanya membuat mobil boros BBM, knalpot bocor juga bisa jadi salah satu penyebab mobil terbakar. Ketika tabung knalpot mengalami kebocoran, dan letaknya di dekat tangki bahan bakar, maka jangan heran kalau mobil terbakar.

Pada dasarnya, panas mesin mobil bakal disalurkan ke beberapa titik. Nah, salah satunya ke knalpot itu sendiri.

5. Korslet di sektor kelistrikan

penyebab mobil terbakar
Ini juga bisa jadi penyebabnya lho (Autobild)

Jumlah kabel yang ada di dalam sebuah mobil tentu gak sedikit, mulai dari bawah kap mesin, hingga ke bagian belakang untuk sektor lampu.

Bila pemilik mobil cukup sering menambahkan aksesori yang berhubungan dengan sektor kelistrikan, maka pemasangannya gak boleh sembarangan. Selain harus pilih kabel yang bagus, soketnya pun harus bagus.

Ketika memilih kabel yang gak berkualitas, maka gak ada jaminan kabel itu bisa bertahan lama. Kalau sudah ngelupas atau meleleh, alhasil bisa korslet, dan kalau sudah korslet, wassalam deh.

6. Tabrakan

penyebab mobil terbakar
Makanya gak usah kebut-kebutan (Mirror)

Meski mesin mobil dilengkapi oleh pengaman, gak ada jaminan mesin aman kalau terlibat tabrakan yang cukup keras. Bisa jadi malah ada kebocoran cairan oli atau sejenisnya yang memicu kebakaran.

Oleh karena itu, bila kamu terlibat dalam insiden seperti ini, segera keluarlah dari mobil dan cek apakah ada tetesan cairan yang muncul. Bila ada, segera menyingkirlah ke tempat yang aman. Dan sebisa mungkin, gak usah ngebut-ngebut di jalan ya.

Setelah tahu enam penyebab mobil terbakar ini, apa masih berani cuek sama mobilmu? Selalu ingat kalau punya mobil berarti harus siap ngerawat juga ya.

Ketika gak dirawat, maka masalah-masalah lain bakal muncul. Termasuk di antaranya adalah kebakaran ini. Akibatnya, dompet jugalah yang akhirnya merana. Mau?

[Baca: Ayo Berubah, 6 Hal Ini Bikin Bujet Perawatan Mobilmu Membengkak Lho]

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.