6 Ide Konsep Pernikahan yang Dijamin Unik dan Gak Ngabisin Duit

image source (thebridedept.com)
image source (thebridedept.com)

Buat pasangan yang menikah zaman now biasanya pengin menikah dengan cara gak biasa. Jika dulu konsep pernikahan identik dengan prosesi panjang nan mewah, kini udah gak lagi.

Siapa sangka kini pesta pernikahan bisa kita saksikan dari jauh aja tanpa harus ke gedung. Ada pula yang memilih sepeda ontel dibandingkan kendaraan mewah sebagai kendaraan pengantin. Yang lainnya, memilih buat selenggarakan pernikahan hanya dengan keluarga terdekat.

Penasaran dengan konsep pernikahan tersebut? Yuk, lihat rangkuman dari DuitPintar berikut:

1. Pernikahan disiarkan langsung dengan Internet streaming

pernikahan modern
Undang tamu buat nonton streaming aja, gak perlu ke gedung (FreshlyTechy)

Di Indonesia, pernikahan yang disiarkan secara langsung ini lebih populer di antara publik figur. Sebut aja beberapa nama pasangan seperti misalnya, Hamish-Raisa dan yang teranyar Bobby-Kahiyang.

Pasangan tersebut menggunakan layanan Internet streaming buat menyiarkan prosesi pernikahan. Dengan begitu, mereka yang gak bisa atau gak diundang hadir bisa menyaksikan pesta pernikahan pasangan tersebut.

Nah, kamu pun bisa gunakan metode ini buat menghemat bujet. Alih-alih mengundang tamu segudang, kamu bisa kasih undangan untuk mereka menyaksikan proses pernikahanmu lewat siaran streaming itu tadi. Unik kan?

Gak cuma hemat bujet, sahabat dan kerabat yang gak bisa hadir di acara pernikahan kamu pun tetap bisa melihat kamu dan pasangan di pelaminan.

Tentu aja, yang perlu dipastikan saat memilih menggunakan live streaming adalah koneksi Internet yang kencang.

[Baca: 3 Pelajaran Keuangan dari Pernikahan Kahiyang Ayu yang Bisa Kamu Tiru]

2. Menikah tamasya

pernikahan modern - 1
Sekalian packing buat honeymoon (Vemale)

Apa sih menikah tamasya itu? Menikah sambil tamasya gitu? Iya emang gitu sih.

Pasangan menikah bakal mengajak keluarga buat menyelenggarakan pernikahan di daerah lain. Biasanya daerah yang punya kenangan buat pasangan tersebut.

Jika mengajak banyak orang tentu bakal menghabiskan banyak dana. Namun jika hanya keluarga inti yang diundang, dana bisa dipangkas.

Pengalaman menikah pun tentunya lebih berkesan dan unik. Prosesi pernikahan lebih terasa intim, privat, dan pastinya menyenangkan, karena digelar di tempat yang memang memiliki kenangan tersendiri buat pasangan.

Konsep pernikahan modern yang satu ini lagi diminati banyak orang lho. Sembari menyelenggarakan pesta pernikahan, keluarga bisa berwisata, sementara pasangan berbulan madu. Jadi, biaya buat menikah lebih hemat karena sudah digabung dengan bulan madu.

Di Indonesia, destinasi favorit buat nikah tamasya adalah Bali dan timur Indonesia. Salah satu contohnya adalah pasangan Hollywood Chris Hemsworth-Elsa Pataky yang menikah di Sumba tahun 2010.

[Baca: Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Merencanakan Pesta Pernikahan di Luar Kota]

3. Pesta di taman rumah

pernikahan modern - 2
Mark aja nikahnya di rumah lho (BravoTV)

Konsep pernikahan ini emang agak sulit diterapkan di Indonesia, namun bukan berarti gak mungkin.

Jika kamu punya pekarangan rumah yang cukup luas, lokasi tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai venue pernikahan. Ini tentu jauh lebih hemat ketimbang sewa gedung, bukan?

Sewa gedung di Jakarta misalnya bisa habiskan dana belasan hingga puluhan juta. Padahal dengan uang segitu, kamu udah bisa gunakan buat katering dan lainnya.

Kalau gak punya taman di pekarangan rumah, maka rumah pun bisa jadi tempat buat resepsi. Kamu bisa bikin dekorasi yang menarik biar berkesan mewah.

4. Ganti katering dengan gerobak jajan

pernikahan modern - 3
Bakal berasa Indonesia banget deh (DailyMoslem)

Daripada memesan katering yang mahal, alternatif unik yang bisa kamu coba adalah menggandeng pemilik gerobak makanan berat maupun cemilan. Konsep ini bakal lebih menarik karena jarang yang bikin seperti ini, kan?

Kamu bisa kontak pedagang gerobak jajanan yang udah jadi langganan kamu. Misalnya gerobak gado-gado langganan, ketoprak, ayam bakar, dan sebagainya.

Konsep ini cocok dengan pernikahan tema pesta rakyat. Jangan lupa buat hias gerobaknya semenarik mungkin biar makin ciamik.

5. Ganti kendaraan mobil dengan sepeda

pernikahan modern - 4
Bener ada lho di Indonesia, salah satunya di kota Tebing Tinggi (Kosti)

Biasanya pengantin menggunakan mobil sebagai kendaraan menuju lokasi pernikahan. Tapi kamu perlu bayar sewa mobil sekaligus jasa supirnya. Ditambah lagi masih ada biaya hias mobil.

Alternatif lainnya yang unik namun murah adalah pakai sepeda aja. Selain sepeda, becak juga bisa kamu pilih sebagai opsi lainnya.

6. Menikah tanpa prosesi adat

pernikahan modern - 5
Kalau udah berasal dari banyak suku mungkin bisa ya (Hipwee)

Gak dipungkiri bahwa prosesi adat dalam pernikahan cukup menyita banyak dana, bahkan dibandingkan dengan resepsi nasional atau Internasional.

Jika pernikahan adat emang bukan suatu keharusan, kamu bisa menerapkan konsep pernikahan modern aja. Namun, pastikan bahwa keluarga udah setuju, ya.

Beberapa suku di Indonesia mengharuskan adanya ritual adat ketika menyelenggarakan pernikahan. Jadi, buat memutuskan apakah akan ada adat atau gak, ada baiknya kamu musyawarahkan dulu bersama keluarga.

[Baca: Kenapa Pernikahan Orang Batak Itu Mahal? Ini 3 Alasannya]

Dari beberapa ide konsep pernikahan di atas, ada yang pengin kamu terapkan di pesta pernikahan kamu nanti gak? Atau, kamu punya ide unik lainnya? Yuk, berbagi di kolom komentar!

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560