6 Investasi Unik yang Ampuh untuk Menambah Pundi-pundi Uang

Kini udah banyak bentuk investasi yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Gak hanya emas batangan atau reksadana, banyak investasi unik lain yang bisa kamu pilih.

Penasaran apa aja bentuk investasi unik yang dapat menambah pundi-pundi uangmu? Yuk, simak selengkapnya berikut ini:

1. Uang kuno

investasi unik
Uang kertas 500 Gulden (IDN)

Uang kuno, baik berbentuk kertas maupun koin, memang udah gak laku lagi atau gak bisa digunakan untuk transaksi.

Tapi meski begitu, ternyata nilai uang ini justru semakin menanjak buat para kolektor. Bahkan beberapa uang kertas rupiah keluaran tahun 1930-an dihargai seharga puluhan juta rupiah!

Hayo, siapa yang mengoleksi uang kuno di rumah? Buruan cari kolektor dan siap jadi tajir deh.

[Baca: Uang Kuno Indonesia Ini Kalau Dijual Bisa Buat Beli Mobil Lho!]

2. Perangko

investasi unik
British Guiana 1c Magenta (mostluxuriouslist)

Meski kini peminat perangko sangat jarang karena memang sudah jarang digunakan, tapi harganya justru semakin mahal karena kelangkaannya.

Bahkan seperti yang dilansir dari mostluxuriouslist, perangko yang keluar pada tahun 1856, yaitu British Guiana 1c Magenta telah terjual dengan harga tertinggi di tahun 2014 sebesar US$ 9,5 juta atau sekitar Rp 126,35 miliar.

Harga yang sangat fantastis bukan untuk sebuah perangko?

3. Buku komik

investasi unik
Superman’s Action Comics No. 1 (wikia)

Salah satu investasi unik lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah adalah buku komik.

Lah kok buku komik? Seiring dengan era digital seperti saat ini, buku komik memang menjadi sangat langka.

Karena itu, banyak kolektor komik yang rela merogoh kocek besar untuk memiliki komik incarannya. Namun tetap dengan berbagai persyaratan, seperti kondisinya harus baik.

Salah satunya komik Superman’s Action Comics No. 1 yang terbit pada tahun 1938 ini terjual sebesar US$ 1,5 juta atau Rp 20,649 miliar seperti yang dilansir dari mostluxuriouslist.

4. Mobil klasik

investasi unik
Ferrari 250 GTO 1962 (topcarrating)

Mobil klasik kini juga sudah banyak dilirik orang untuk investasi. Namun untuk berinvestasi di produk ini, kamu harus kritis dalam beberapa hal. Misalnya, tepat memilih mobil serta merawat mobilnya dengan baik agar kondisinya tetap bagus.

Bahkan menurut penelitian dari Historic Automobile Group International (HAGI) menyatakan kalau investasi mobil klasik lebih menguntungkan dibanding emas, lukisan, dan juga anggur.

[Baca: Udah Tahu Cara Investasi Emas yang Benar? Ikuti 6 Langkah Ini]

Pasalnya, dalam beberapa tahun ini banyak orang yang telah menjadikan kendaraan lawas sebagai investasi mereka.

Hal itu dikarenakan mobil klasik memiliki daya tarik kuat dan memiliki “kelas” sendiri bagi orang yang memilikinya.

5. Memorabilia Olahraga

investasi unik
Baju jersey milik Babe Ruth (justluxe)

Memorabilia atau benda kenangan dan bersejarah di bidang olahraga juga bisa kamu jadikan salah satu pilihan untuk investasi. Pasalnya, harga untuk memorabilia olahraga langka terus mengalami peningkatan.

Kamu bisa mencoba untuk mengoleksi memorabilia dari beberapa jenis olahraga yang memang memiliki banyak penggemar, seperti sepakbola atau balap motor.

Apalagi kalau memorabilia olahraga yang kamu koleksi ada tandatangan pemainnya, tentu akan mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

Bahkan diilansir dari situs therichest.com, salah satu memorabilia termahal yang pernah terjual di dunia adalah baju jersey milik Babe Ruth seharga Rp 59 miliar.

Seperti diketahui, Babe Ruth merupakan seorang pemain bisbol legendaris yang membela tim New York Yankees di tahun 1920-an.

6. Lego

investasi unik
Lego seri Ultimate Collector’s Millennium Falcon (gumtree)

Pasti banyak orang yang gak menyangka kalau mainan blok bongkar pasang lego ternyata bisa dijadikan investasi.

Tercatat, untuk beberapa versi mainan lego seperti lego Death Star II yang rilis di tahun 2005, kini harganya sudah mencapai 1.524 poundsterling atau sekitar Rp 33,1 juta. Padahal saat diluncurkan, harganya berkisar 249,99 poundsterling atau Rp 5,4 juta.

Gak hanya itu aja, seri Ultimate Collector’s Millennium Falcon yang awal mula dijual ke pasaran seharga Rp 6,91 juta sekarang ada kolektor yang berani membeli dengan harga Rp 54,78 juta.

Nah, itu dia enam barang yang bisa kamu jadikan pilihan untuk investasi. Mengumpulkan pundi-pundi rupiah gak harus berbentuk investasi emas kan?

[Baca: Investasi adalah Cara Terbaik Menggandakan Uang, Ini Buktinya]

Puri
Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560