Penting Buat Generasi Milenial! Ini 6 Kunci Sukses Bekerja di Dunia Startup

4 menit
Kunci sukses bekerja di Start up (Shutterstock).
Kunci sukses bekerja di Start up (Shutterstock).

Untuk bekerja di dunia startup bukanlah perkara yang mudah, banyak hal yang harus dipelajari agar bisa menaklukannya. Untuk bisa cepat melakukan itu, sebaiknya terapkan 7 kunci sukses berikut ini khususnya buat para milenial supaya mampu bekerja secara maksimal. Penasaran apa aja?

Harus diakui bahwa pertumbuhan perusahaan rintisan berkembang dengan cepat dalam beberapa tahun belakangan ini. Itu bisa dilihat dari jumlah startup yang ada di Indonesia pada tahun 2018 menurut Indonesia Digital Creative Industry Society mencapai 992, hampir menyentuh angka 1000. Hebat, ya?

Yang lebih membanggakannya lagi kita udah memiliki 3 perusahaan rintisan berlabel Unicorn atau memiliki nilai valuasi mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun yakni Bukalapak, Traveloka dan Tokopedia serta yang baru-baru ini menjadi perbincangan hangat adalah Go-Jek karena udah menembus valuasi US$ 10 billion atau Rp 140 triliun untuk mendapatkan gelar Decacorn.

Karena prestasi-prestasi tersebut banyak orang yang berlomba pengin bekerja di sebuah startup, terutama kalangan milenial. Sebab lingkungan kerjanya yang terbilang lebih modern dan gak konvensional seperti korporasi pada umumnya. Namun gak sedikit juga yang sering menghadapi masalah ketika sudah bekerja di sebuah perusahaan rintisan.

Untuk mengatasinya terdapat 7 kunci sukses bekerja supaya kamu bisa berkembang di dunia startup, berikut ini ulasannya:

1. Terus belajar

Kunci sukses kerja di startup dengan terus belajar
Terus belajar (Shutterstock)

Dikutip dari Glints, kunci sukses yang satu ini mungkin berlaku di semua jenis pekerjaan ya gak cuma di startup aja. Yang membedakan di perusahaan rintisan mungkin adalah kamu harus terus belajar atas hal baru yang mungkin sebelumnya gak diperkirakan.

Sebab perusahaan rintisan akan terus berkembang mengikuti apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, yang mana masalah baru pasti akan selalu muncul setiap harinya seiring perkembangan zaman.

Tips untuk kamu yang menghadapi masalah ini adalah biasakan untuk mempelajari hal baru dan jangan mengeluh, karena dengan mengeluh justru akan menghambat proses diri kamu berkembang. Bisa-bisa jadi sulit naik jabatan nanti.

2. Cepat beradaptasi

Kunci sukses kerja di startup cepat beradaptasi
Cepat beradaptasi (Shutterstock).

Bekerja di startup adalah bekerja melawan waktu, kalau kamu gak mampu beradaptasi dengan cepat maka akan menghambat pertumbuhan perusahaan itu sendiri. Otomatis posisi yang kamu isi tersebut bisa aja digantikan oleh orang yang lebih berkompeten sewaktu-waktu.

Mangkanya cepat beradaptasi merupakan salah satu kunci sukses kedua dalam bekerja di dunia startup hari ini.

Untuk kamu yang sulit beradaptasi bisa berbincang dengan rekan kerja atau teman yang bekerja di tempat lain supaya mendapatkan pencerahan tentang bidang startup yang lagi kamu jalani.

3. Multitasking

Kunci sukses kerja di startup adalah multitasking
Multitasking (Shutterstock)

Kunci sukses yang satu ini emang agak sulit dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia karena belum terbiasa. Kita umumnya melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu saja agar hasilnya gak salah.

Di sisi lain sebuah perusahaan rintisan membutuhkan orang yang mampu bekerja secara multitasking karena keterbatasan sumber daya manusia. Terutama perusahaan rintisan yang skalanya masih kecil.

Kamu bisa berlatih sedikit demi sedikit untuk melakukan lebih dari satu tugas dalam satu waktu, nanti tubuh dan pikiran kamu bakal terbiasa sendiri melakukannya.

4. Kreatif dan inovatif

Kunci sukses kerja di startup harus kreatif
Kreatif dan inovatif (Shutterstock)

Yang dibutuhkan oleh startup supaya berkembang adalah ide-ide kreatif dan inovatif yang bisa memecahkan sebuah masalah. Kalau mudah mengungkapkan kedua hal tersebut, pasti kamu akan mendapatkan perhatian lebih dari atasan kamu.

Coba perluas pergaulan kamu agar pengetahuan semakin banyak, dengan begitu nantinya bakal lebih mudah mengeluarkan ide kreatif dan inovatif.

5. Mengikuti tren

Kunci sukses kerja di startup harus mengikuti tren
Mengikuti tren yang ada (Shutterstock).

Seperti yang udah ditulis sebelumnya bahwa perusahaan rintisan akan mengikuti perkembangan yang terus berubah, maka dari itu kamu harus terbiasa dengan pergeseran tren terbaru. Apalagi masyarakat Indonesia terkenal mudah dipengaruhi dengan sesuatu yang viral di media sosial.

Kunci sukses ini bisa kamu genggam dengan rutin mengecek arus informasi terbaru. Yah walaupun sedikit memakan waktu tapi aktivitas ini bisa membuahkan hasil yang positif buat diri kamu sendiri.

6. Berani mengemukakan pendapat pribadi

Kunci sukses kerja di startup berani mengemukakan pendapat
Berani mengemukakan pendapat (Shutterstock).

Guna menghindari sebuah perdebatan biasanya kita memilih untuk diam aja ketika berada dalam diskusi. Hal kayak gitu sebaiknya kamu buang jauh-jauh karena di dunia startup beradu argumen adalah sesuatu yang sehat supaya melahirkan hal yang baik.

Latihlah diri kamu untuk berani mengemukakan pendapat jika ada kesempatan, sebab pendapat kamu itu pasti akan dihargai walaupun gak menjadi solusi yang dipilih.

Nah itu dia 6 kunci sukses dalam bekerja di dunia startup. Untuk kamu para milenial, usahakan untuk terbiasa dengan hal-hal di atas itu jika mau mendapatkan jabatan yang lebih baik. Emang mungkin butuh waktu, tapi yang perlu kamu ketahui adalah proses gak akan mengkhianati hasil. Jadi terus semangat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1