Ini 6 Orang Kaya Sederhana yang Kontras Banget Sama Fredrich Yunadi

5 menit
orang kaya sederhana

Setelah berita mengenai Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) meramaikan media massa, kini giliran pengacara Setnov, Fredrich Yunadi, yang jadi perbincangan netizen.

Fredrich jadi tenar lantaran pernyataannya yang kontroversional soal gaya hidup mewah. Setiap kali ke luar negeri, dia mengaku bisa menghabiskan Rp 3 sampai Rp 5 miliar! Ini omongan dia sendiri ya, bukan gosip dari akun Instagram Lambe Turah.

Dalam wawancara eksklusif dengan Najwa Shihab, Fredrich mengatakan kalau dia gak masalah membeli tas Hermes seharga Rp 1 miliar. Sang pengacara senior itu pun blak-blakan mengatakan, “Saya suka kemewahan.” Wiihh, ngeri gak tuh?

Sebenarnya sih gak ada yang salah dengan pengacara Setnov ini. Gak apa-apa hidup mewah asalkan punya duit.

[Baca: 5 Rumah Mewah Artis Hollywood Ini Masih Kalah Mahal dari Rumah Setnov]

Tapi daripada uang sebanyak itu dihabiskan untuk foya-foya dan beli tas mahal, alangkah baiknya jika digunakan untuk investasi atau hal lain yang produktif kan?

Lagian, punya harta berlimpah bukan berarti harus hidup mewah kok. Buktinya enam orang kaya sederhana ini nih.

Meskipun levelnya jauuuh di atas Pak Fredrich yang “cuma” pengacara, enam miliarder ini milih hidup sederhana dan bersahaja. Padahal harta mereka ada yang sampai kuadriliunan lho, di atasnya triliun! Ini baru namanya suri tauladan.

Jadi, penasaran sama enam orang kaya sederhana yang dimaksud? Berikut ini ulasannya:

1. Mark Zuckerberg

orang kaya sederhana
Mark Zuckerberg (Harvard)

Pendiri Facebook yang sering terlihat mengenakan t-shirt polos ini, kekayaannya mencapai US$ 73,7 miliar atau setara dengan Rp 996 triliun. Kalau mau, Zuckerberg bisa saja beli mobil Ferrari atau Lamborghini tiap hari.

Tapi gak tuh. Mobil Zuckerberg cuma VW GTI dengan transmisi manual, yang harganya Rp 400 jutaan aja.

Dikabarkan pula, pesta pernikahannya dengan Priscilla Chan diselenggarakan di halaman belakang rumahnya. Dan saat mereka berbulan madu tahun 2012 silam di Italia, mereka tertangkap kamera sedang jajan di McD.

2. Warren Buffett

orang kaya sederhana
Warren Buffett (Real Leaders)

Kekayaan CEO Berkshire Hatthaway ini pada 2017 mencapai US$ 78,6 miliar alias sudah menyentuh angka Rp 1 kuadriliun! Lebih tajir daripada Zuckerberg tentunya. Dan Warrent Buffett adalah orang terkaya ke-4 di dunia.

Meski demikian, bujet sarapan Warren Buffett dikabarkan cuma sekitar US$ 3 atau Rp 40 ribuan saja. Buffett juga gak neko-neko, dompet tempat menyimpan uang tunainya adalah dompet yang sudah digunakan selama 20 tahun terakhir.

Gak cuma itu, Buffett juga tinggal di rumah yang dibelinya 58 tahun yang lalu. Rumah tersebut dulu harganya kurang lebih Rp 400 jutaan. Dia juga dikabarkan masih menggunakan ponsel flip lho sampai sekarang!

Gila, ngirit banget ya kakek yang satu ini. Wajar kalau didapuk jadi salah satu orang kaya sederhana di dunia.

3. Bill Gates

orang kaya sederhana
Bill Gates (Post Partum Period)

Orang terkaya ke-2 di dunia yang hartanya mencapai US$ 89,4 miliar atau Rp 1,2 kuardriliun ini juga terkenal akan gaya hidupnya yang sederhana. Dia gak pernah lho pakai jam tangan mahal.

Boro-boro pakai Rolex yang harganya ratusan juta, jam tangan penemu Microsoft ini cuma Casio W214H-1AV  yang harganya US$ 10 alias Rp 135 ribuan aja!

Selain jadi penunjuk waktu, jam memang bisa jadi simbol status ekonomi sih. Tapi buktinya, hal itu gak berlaku tuh sama Bill Gates.

[Baca: Tampil Ganteng Tanpa Menyiksa Kantong, Nih 5 Jam Tangan Murah tapi Gak Murahan]

4. Ingvar Kamprad

orang kaya sederhana
Ingvar Kampard (Daily Scandinavian)

Pendiri IKEA yang kekayaannya mencapai US$ 46,5 miliar atau Rp 628 triliun ini masih sering terbang dengan pesawat kelas ekonomi dan naik bus. Mungkin saja, kalau tiba-tiba kamu papasan di Eropa, kamu gak bakal sadar kalau kakek berusia 91 tahun itu adalah Kamprad.

Dikabarkan pula, Kamprad sering mengenakan pakaian yang dibeli di pasar kaget, serta potong rambut di barbershop murah. Mobil operasionalnya sendiri adalah Volvo keluaran lawas.

5. Michael Bloomberg

orang kaya sederhana
Michael Bloomberg (Edie)

Pebisnis sekaligus politisi asal Amerika Serikat yang memiliki kekayaan sebesar US$ 48,9 miliar atau Rp 661 triliun ini hanya punya dua sepatu kerja yang digunakan selama 10 tahun. Sepatu itu pun digunakan saat dia masih menjabat sebagai Walikota New York.

Selain sepatu, orang kaya sederhana ini juga selalu berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang demi menyeruput kopi mahal. Menurutnya, buat apa ngeluarin uang untuk hal yang gak perlu?

Nah, dengerin tuh guys. Gak usahlah buang-buang uang untuk hal konsumtif. Gak bakal jadi apa-apa juga, kecuali gengsi. Emang gengsi bisa ngehasilin duit?

6. Lo Kheng Hong

orang kaya sederhana
Lo Kheng Hong (Okezone)

Orang kaya sederhana yang satu ini asalnya dari negeri sendiri. Sering disebut sebagai Warren Buffet-nya Indonesia, pria berusia 58 tahun ini adalah investor saham yang handal.

Pada 2015, Lo Kheng Hong tercatat punya uang sampai Rp 2,5 triliun di pasar saham. Dana tersebut ditempatkannya di sejumlah saham-saham perusahaan besar. Berkat konsistensi dan kedisplinannya berinvestasi di pasar saham, Lo Kheng Hong pun sekarang bisa hidup ongkang-ongkang kaki tanpa kerja lho. Enak banget kan.

Ya bayangin aja, sekalinya saham yang dia miliki naik, dia bisa untung sampai miliaran. Contohnya ketika saham PT Petrosea Tbk naik sampai 45 persen selama April 2017. Saat itu, Lo Kheng Hong untung sampai Rp 45 miliar cuma dalam sepekan!

Lantas bagaimana gaya hidupnya? Sampai sekarang, dia cuma mengendarai mobil Volvo S80 keluaran tahun 2005 alias mobil lawas.

Lo Kheng Hong memang anti beli mobil mewah. Gak perlu yang fancy dengan harga selangit, “yang penting jalannya maju” katanya. Karena jika investor tergoda membeli mobil mewah, dia gak bakal bisa beli saham. Setuju pak!

[Baca: Susah Nih Jadi Orang Kaya Kalau Gak Punya 5 Mindset Ini]

Nah, setelah melihat gaya hidup orang kaya sederhana di atas, apa masih tergoda hidup mewah kayak pengacaranya Setnov? Apa gak malu ngabisin Rp 5 miliar cuma untuk jalan-jalan, padahal banyak orang superkaya dengan harta triliunan yang hidupnya sederhana?

Gak salah sih, tapi coba dipikir-pikir lagi deh. Kalau memang bisa dipakai investasi dan melakukan sesuatu yang produktif, ngapain juga buang-buang duit kayak gitu?

Anak-cucumu masih butuh uang lho. Yakin kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka kalau foya-foya terus?

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.