6 Peluang Bisnis Kuliner Ramadan Buat Mahasiswa, Yuk Coba!

4 menit
aneka jajanan berbuka (kompas.com)
aneka jajanan berbuka (kompas.com)

Bulan puasa membuka banyak peluang bisnis bagi siapa saja termasuk para mahasiswa. Apalagi buat mahasiswa yang tinggal di area dekat kampus. Umumnya penduduk sekitar kampus adalah mahasiswa perantauan yang mengandalkan para penjual makanan di sekitar lokasi tinggal mereka.

Kalau begitu kondisinya, konsumen gak perlu susah-susah dicari lagi. Tinggal menentukan bisnis kuliner yangg ramai diminati terutama saat Ramadan begini. Berhubung masih mahasiswa, modal minim tentu jadi salah satu faktor penentunya.

Lalu apa yah usaha kuliner yang bakal laku keras dengan modal minim?

Moneysmart punya 6 rekomendasi peluang bisnis kuliner yang bisa kamu coba. Lengkap dengan perkiraan modal yang kamu butuhkan. Berikut ulasannya.

1. Jus segar

peluang bisnis
(Image: Tokopedia)

Jus segar banyak diincar orang saat berbuka puasa. Selain sehat, rasanya yang enak bisa jadi pelepas dahaga yang dicari-cari. Untuk membuka usaha jus segar, sebaiknya kamu telah menyiapkan semua jus di rumah terlebih dulu sehingga di lokasi penjualan jus sudah siap untuk dijual.

Selain mempercepat transaksi, cara ini juga mempermudahmu menyiapkan alat-alat berjualan.

Pilihlah beberapa jenis buah yang pasti ramai pembeli seperti mangga, jeruk, alpukat, dan stroberi. Setelah berjualan beberapa hari kemungkinan kamu akan lebih paham selera masyarakat di sekitar lingkunganmu.

Dengan strategi di atas dan asumsi kamu telah memiliki blender dan pisau di rumah, berikut ini rincian modal yang kamu perlukan:

  1. Meja untuk meletakan jus : Rp 200.000
  2. Gelas plastik (500 cup) : Rp 250.000
  3. Sedotan (500 buah) : Rp 50.000
  4. Aneka buah segar (10 kg) : Rp 300.000
  5. Susu kental manis dan gula cair : Rp 300.000

Total: Rp 1.100.000

Jika dalam satu hari kamu mampu menjual sebanyak 30 cup seharga Rp 10.000, laba kotor harianmu sebesar Rp 300 ribu. Saat semua jus terjual, kamu akan mendapatkan laba kotor hingga Rp 5 juta. Lumayan kan?

2. Gorengan

peluang bisnis
(Image: Inovasee)

Untuk berjualan gorengan cukup menyita waktu saat menyiapkan bahan yang diperlukan. Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan adalah membeli berbagai jenis gorengan di penjual rumahan dalam jumlah banyak lalu menjualnya kembali dengan sedikit penambahan harga.

Jika kamu membeli gorengan seharga Rp 700 per buah, kamu bisa menjualnya menjadi Rp 1.500. Dengan begitu, kamu akan mendapat keuntungan sebesar Rp 800 per buahnya. Jika dalam satu hari kamu berhasil menjual hingga 200 buah, dengan modal Rp 140 ribu kamu bisa mendapatkan laba bersih sekitar Rp 160 ribu per hari.

3. Overnight oatmeal

peluang bisnis
(Image: TheDomesticMeal)

Menu ini bisa jadi alternatif sahur buat para mahasiswa perantauan. Enak, sehat, dan praktis. Berhubung penjual kuliner satu ini tidak sebanyak jenis kuliner lain, ini bisa jadi peluang bisnis yang bagus buatmu.

Gunakan sistem made by order dengan melakukan promosi terlebih dulu di media sosial. Untuk sahur kamu bisa melakukan pengantaran pada malam hari (jika konsumenmu memiliki kulkas, sehingga oatmeal bisa disimpan sendiri) atau pengantaran pada waktu sahur jika konsumenmu tidak memiliki kulkas.

Modal yang kamu perlukan adalah oatmeal, buah kering, kacang-kacangan, dan susu atau yogurt. Biar lebih hemat kamu bisa menggunakan muesli (gabungan oat, biji-bijian, dan buah kering) instan yang telah banyak dijual di supermarket.

Kamu juga perlu menyiapkan botol kaca ukuran 250 ml seharga sekitar Rp 4.000 per buah.

Rincian modal yang kamu perlukan (untuk 25 jar):

  • Botol kaca 25 buah Rp 100.000
  • Muesli instan Rp 60.000/kg
  • Buah segar Rp 100.000
  • Susu/yogurt Rp 30.000

Total: Rp 290.000

Kamu bisa menjual tiap jarnya seharga Rp 18.000-23.000 untuk mendapat laba bersih sekitar Rp 285 ribu per 25 jar.

4. Sop buah

peluang bisnis
(Image: asianfoodchannel)

Siapa yang bisa menolak kesegaran sop buah saat berbuka? Jika kamu merasa tak mahir membuatnya atau gak punya waktu yang cukup banyak. Beli aja sop buah dengan jumlah banyak dan dijual kembali.

Cari penjual sop buah yang enak dan murah dengan harga sekitar Rp 7.000-10.000 per cup sehingga bisa kamu jual kembali hingga Rp 15.000. Kamu bisa mendapat untuk sekitar Rp 5.000-8.000 per cupnya.

5. Kolak

Gunakan strategi yang sama seperti menjual gorengan atau sop buah. Kecuali jika kamu berminat untuk membuatnya sendiri. Gak jauh berbeda dengan sop buah, kamu bisa mengambil untung penjualan kolak sekitar Rp 5.000-8.000 per cup.

Lakukan riset dengan keliling daerah sekitarmu atau sedikit lebih jauh untuk menemukan tempat jual dengan harga paling terjangkau tapi tetap enak dinikmati. Saat menjual kembali, pilih tempat yang ramai seperti di pinggir jalan, depan masjid, area kos-kosan, dan sekitarnya.

6. Berbagai jenis camilan

Berbagai makanan kering juga diserbu saat Ramadan. Terutama menjelang waktu mudik. Gak sedikit orang yang cari camilan enak buat teman di jalan saat mudik nanti. Biar lebih spesial, pilih jenis camilan yang juga bisa dijadikan oleh-oleh.

Sebagai contoh, kamu bisa menjual coklat dalam toples yang brand-nya sudah banyak dikenal, seperti Beryl’s Chocolate. Gak perlu jauh-jauh ke Malaysia, ada banyak online shop yang sudah menjualnya.

Siapkan daftar harga untuk kamu bagikan pada teman-temanmu. Biar tanpa risiko, lakukan penjualan secara pre order atau kamu bisa juga bertindak sebagai dropshipper.

 

Modal minim asal kamu punya semangat juang dan mau berusaha, peluang bisnis kuliner di atas bisa membantumu raup banyak untung. Sebelum habis momennya, mulai bisnismu sekarang juga. Semoga berhasil yah!

 

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.