6 Pengusaha Kaya Indonesia Ini Bangun Masjid Megah, Ada yang Berlapis Emas!

5 menit
Membangun masjid dilakukan banyak pengusaha sukses Indonesia (Shutterstock).

Ketika bisnis sudah menghasilkan laba yang signifikan, maka para pengusaha pun mulai gencar dengan program sosialnya guna membantu masyarakat sekitar. Ada yang mengadakan bakti sosial, membangun sekolah, membangun infrastruktur, hingga membangun masjid atau tempat ibadah lain.

Mendirikan masjid di pemukiman tentu sangat berguna bagi masyarakat. Selain jadi tempat ibadah, masjid tentunya menjadi pusat kehidupan warga Muslim setempat.

Masjid tentunya akan menjadi pusat diskusi, kajian agama, hingga perayaan hari-hari besar agama Islam.

Ingin tahu, siapa saja pengusaha top di Indonesia yang membangun masjid megah dari hasil laba perusahaannya? Yuk cari tahu di bawah sini.

Baca juga: 5 Tradisi Unik Bulan Ramadhan di Dunia, Ada yang Mirip Sama Indonesia

1. Suciati Saliman Riyanto Raharjo

Membangun Masjid
Masjid Suciati Saliman Riyanto Raharjo (Bisnis)

Nama perempuan ini mungkin belum pernah kamu dengar. Tapi ketika kamu ketik di mesin pencarian Google, muncul nama Suci dan ceritanya yang berhasil membangun masjid megah di Kota Yogyakarta.

Masjid itu luasnya mencapai 1.217 meter persegi, dan didirikan di lahan seluas 1.716 meter persegi. Suci mengaku bahwa dirinya terinspirasi dengan desain Masjid Nabawi yang terletak di Arab Saudi. Namun kalau dilihat atapnya, bentuknya malah seperti rumah Joglo.

Tapi ngomong-ngomong Suci itu siapa ya? Apa bisnisnya?

Perempuan ini dulu adalah seorang pengusaha daging ayam yang akhirnya berhasil mendirikan PT Sera Food Indonesia. Mereka memproduksi frozen food brand Hato dan oOye yang 100 persen halal.

Perusahaan ini berbasis di Sleman dan Jogjakarta. Beberapa varian produk yang dijual oleh PT Sera Food Indonesia adalah nugget, sosis, bakso, spicy wings, chicken karage, dan lainnya. Kabarnya produk-produk mereka sudah tersebar di seluruh Indonesia lho.  

2. Dian Djuriah Rais binti Muhammad Rais (Dian Al Mahri)

Membangun masjid
Masjid Kubah Emas milik Dian Djuriah Rais binti Muhammad Rais (Dian Al Mahri)

Pengusaha ini sudah tutup usia, lebih tepatnya pada 29 Maret 2019. Dia adalah pendiri dari Masjid Kubah Emas yang terletak di Depok, Jawa Barat.

Tentu kamu familiar dong bagaimana megahnya masjid ini. Masjid ini adalah masjid termegah yang ada di Asia Tenggara! Bangga banget deh.

Masjid Kubah Emas memiliki lima kubah utama dan empat kubah kecil. Kubah-kubahnya itu konon dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter, dengan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal di India atau kubah-kubah masjid khas Persia.

Logam emas memang menjadi daya tarik Masjid Dian Al Mahri. Tak hanya pada kubah, emas juga dijadikan ornamen untuk beberapa bagian masjid. Relief yang terdapat di mimbar masjid itu juga terbuat dari emas 18 karat.

Usut punya usut, perempuan ini ternyata adalah orang kaya Banten yang menguasai beberapa bisnis pertambangan minyak di Brunei Darussalam!

Perempuan yang gemar bersedekah ini sejak dulu memang bercita-cita ingin menginfakkan setengah keuntungan bisnisnya di bidang tambang minyak. Alhasil dia pun membangun masjid yang super mewah nan megah ini.

Baca juga: Pelesiran di Bulan Ramadan? Kenapa Enggak! Ini 10 Objek Wisata Terbaik yang Bikin Betah

3. Muzdalifah

Membangun masjid
Masjid milik Muzdalifah (Grid).

Pengusaha asal Tangerang sekaligus mantan istri dari penyanyi dangdut Nassar KDI ini, baru kembali tersorot lantaran pernikahannya yang keempat. Selain punya rumah yang luar biasa mewah, Muzdalifah juga membangun masjid megah di samping rumahnya. Kabarnya, masjid itu bukan cuma mewah namun juga berlapis emas!

Masjid itu bernama Masjid Jami Syamsul Huda. Kabarnya, pembangunan masjid ini juga diprakarsai oleh mantan suami Muzdalifah, Haji Nurman yang sudah wafat.

Pada awalnya, Masjid Jami Syamsul Huda sama sekali gak bertingkat. Tapi sekarang berhubung jama’ahnya sudah banyak maka masjid itu direnovasi hingga jadi dua tingkat.

Bicara soal arsitektur, tampaknya bentuk masjid ini mirip-mirip rumah Muzdalifah yang penuh dengan pilar kokoh. Intinya, warna masjid itu didominasi warna cokelat dan emas. Biaya pembangunannya juga sudah pasti miliaran Rupiah dan pembangunannya memakan waktu tiga tahun.

4. Haji Isam

Membangun masjid
Masjid Haji Isam (Grid).

Pria ini adalah salah satu crazy rich Kalimantan Timur yang punya hunian seluas 20 hektare! Di komplek perumahan itupun ada lintasan off road yang sering digunakan untuk kejuaraan-kejuaraan lokal.

Bos dari Jhonlin Group yang bergerak di bidang pertambangan batu bara, transportasi, hingga properti ini, kabarnya membangun masjid megah di Jl. Kodeco KM 2,5 Desa Gunung Antasari, Tanah Bumbu.

Masjid bernama Al Falah Batulicin ini, kabarnya didirikan di tanah seluas 1,6 hektare. Pembangunannya dilakukan oleh Jhonlin Group bersama dengan konsultan PT Graha Cipta Adi Prana. Sementara itu kontraktornya adalah PT Grici Mas.

Bangunannya benar-benar mirip masjid-masjid di Timur Tengah. Akan tetapi masih ada unsur Kalimantan juga yang tersemat di arsitektur masjid itu.

Ukuran atap, dinding, hingga lampu masjidnya semuanya berlapis emas. Dan berhubung tanahnya luas, otomatis parkirannya bisa menampung banyak mobil.

Interiornya juga terlihat adem, dan tentunya bikin semangat untuk mengaji dan ibadah. ACnya juga besar-besar lho.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Saat Liburan ke Luar Negeri di Bulan Ramadan

5. Aburizal Bakrie

Membangun masjid
Masjid milik keluarga Bakrie di kawasan Epicentrum (Wikipedia).

Keluarga Aburizal Bakrie juga punya masjid lho, tentunya kamu yang berkantor di Kuningan pernah lihat Masjid Al Bakrie yang terletak di Komplek Rasuna Epicentrum. Masjid itu terlihat megah dan modern. Apalagi letaknya gak jauh dari pusat perkantoran dan lifestyle center.

Bisa dibilang, masjid yang satu ini arsitekturnya mengusung konsep Melayu. Bangunannya didominasi warna krem untuk eksterior dan interiornya.

Selain itu, di bagian plaza masjid terdapat 18 payung terbuka. Jika diperhatikan dengan seksama, bentuk payung ini menyerupai payung yang terdapat di Masjid Nabawi, namun ukurannya saja yang lebih kecil.

6. Keluarga Thohir

Membangun masjid
Erick Thohir miliki masjid keluarga.

Siapa yang gak kenal keluarga Thohir, Garibaldi Thohir adalah bos dari PT Adaro Energy Tbk, sementara itu Erick Thohir adalah pemilik Mahaka Group yang baru saja membeli klub bola Inggris, Oxford United bersama Anindya Bakrie. Sebelumnya, dia juga sempat membeli Inter Milan lho.

Kedua kakak beradik ini adalah putra dari pengusaha top Tanah Air, alm Teddy Thohir. Teddy sendiri adalah orang yang sudah berjasa membesarkan Astra Group dan sempat masuk ke jajaran orang terkaya di Indonesia.

Sebagai penghormatan pada sang ayah, keluarga Thohir pun membangun masjid di wilayah Depok, Jawa Barat yang diberi nama At-Thohir. Masjid itu berdiri di tanah seluas 9.000 meter persegi. Masjid itu didominasi warna putih. Arsitekturnya pun terbilang cukup megah.

Menurut Garibaldi (Boy), putih memang melambangkan sebuah kesucian. Sesuai dengan nama At-Thohir yang artinya adalah suci.

Kubah utama melambangkan sang ayah dan terdapat tiga kubah putih berukuran sedang. Menurut Boy, ketiga kubah ini melambangkan putra-putri almarhum yang berjumlah tiga orang. Sementara itu bangunan utama melambangkan seorang ibu. Wah filosofinya oke banget ya.

Itulah enam orang pengusaha top di Indonesia yang memutuskan untuk mendonasikan keuntungan bisnisnya untuk membangun masjid. Masjid yang dibangun juga megah-megah tentunya. Semoga di tahun depan, kamu jadi salah satu di antara mereka ya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.