Wow, Putra Sulung Sule Doyan Koleksi Sepatu Air Jordan, Segini Harganya!

4 menit
Sepatu Air Jordan Rizky Febian
Sepatu Air Jordan Rizky Febian

Sebagai seorang penyanyi, Rizky Febian yang gak lain adalah putra komedian Sule terbilang sukses di kariernya. Pria itu pun punya hobi yang gak jauh beda dari seleb lain, apalagi kalau bukan koleksi sneakers mahal, yaitu sepatu Air Jordan.

Sebenarnya sih, sekarang Rizky memang sudah di endorse oleh sepatu lokal merek Eagle. Tapi, dulu setiap manggung dia selalu pakai sepatu Air Jordan lho.

Sesuai dengan namanya, sepatu Nike yang satu ini memang dibuat khusus untuk sang legenda basket Michael Jordan. Produksi pertamanya dimulai pada tahun 1984. Tiga sosok yang berada di balik desain sepatu ikonik ini adalah Peter Moore, Tinker Hatfield, dan Bruce Kilgore.

Meski judulnya adalah sepatu basket, gak sedikit penggila tren hypebeast yang justru menggunakan sepatu ini buat jalan ke mal. Dan berhubung harganya mahal, sepatu ini pun jadi kesayangan. Kadang saking sayangnya malah cuma dikoleksi alias gak dipake.

Dan bisa dipastikan, hampir semua Air Jordan sifatnya adalah limited edition. Itu sebabnya harga sepatu ini mahal banget.

Penasaran sama koleksi sepatu Air Jordan milik putra sulung Sule ini? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Paling Murah Rp 61 Jutaan, 5 Sepatu Adidas Ini Harganya Bikin Merinding!

1. Nike Air Jordan 1 Retro High OG Phantom

Sepatu Air Jordan Retro High OG Phantom
Nike Air Jordan 1 Retro High OG Phantom (Sneaker News).

Sayang sekali penampakan sepatu Air Jordan 1 yang satu ini kurang jelas di video tersebut. Ini adalah sepatu keluaran terbaru yang tampaknya udah laris sejak Maret 2019 karena diborong reseller.

Warnanya putih dilengkapi dengan aksen merah di beberapa bagian.

Sejatinya sepatu ini harganya dijual US$ 160 atau Rp 2,2 juta. Namun berhubung sekarang sudah sold out, cara lain untuk mendapatkannya adalah dengan membelinya di toko-toko online yang menjual sneakers mahal. Harganya pun di atas Rp 2,5 jutaan bahkan ada yang Rp 3 juta.

2. Nike Air Jordan 1 Retro OG “Shattered Backboard”

Sepatu Air Jordan
Nike Air Jordan 1 Retro OG “Shattered Backboard” (Instagram).

Masih di varian Air Jordan 1, ini adalah Shattered Backboard OG yang warnanya didominasi oranye. Sneakers ini juga sudah discontinue, dan kalaupun ditemukan di situs jual beli, harganya mencapai Rp 7 hingga Rp 8 jutaan!

Sejatinya, sepatu ini memang keren dari segi warna dan desain. Sepatu Air Jordan 1 memang menjadi model terfavorit.

Gak sedikit juga orang-orang yang akhirnya memutuskan untuk membeli Jordan 1 Gatorade berwarna oranye seharga Rp 2 juta, dan memodifikasinya jadi Shattered Backboard. Sejatinya gak sulit untuk memodifikasi sepatu ini, tinggal di repaint saja. Tapi tentunya butuh ketelitian agar hasilnya rapih.

Baca juga: Ada yang Rp 75 Juta, Benarkah Ini Koleksi Sneakers Eric Thohir?

3. Nike Air Jordan 1 “A Star is Born”

Sepatu Air Jordan
Nike Air Jordan 1 “A Star is Born” (Instagram).

Sepatu Air Jordan 1 ini memiliki empat kombinasi warna yaitu, hitam, putih, university red, dan gradasi hijau di logo Nikenya. Simple dan bisa dibilang keren banget. Harganya sebenarnya sih Rp 2,2 juta, tapi sekarang Rp 3,4 jutaan berhubung sudah sold out dimana-mana.

Arti “A Star is Born” bukan berarti ini adalah tribute film Star is Born yang dibintangi Lady Gaga dan Bradley Cooper lho ya. Varian ini mengambil inspirasi dari momen pertama Michael Jordan menghiasi sampul majalah Sport Illustrated, di masa dia menjadi rookie dalam kompetisi NBA.

Warna putih, hitam, dan university red juga melambangkan warna dari klub yang diperkuat MJ. Apalagi kalau bukan Chicago Bulls.

4. Nike Air Jordan 1 Retro High OG Bred

Sepatu Air Jordan
Nike Air Jordan 1 Retro High OG Bred

Dipastikan ini juga mahal karena sangat langka dan sering dicari orang. Ketika baru rilis harganya US$ 600 atau Rp 8,5 juta. Dipastikan gak sedikit penggemar sepatu ini yang akhirnya rela merogoh kocek dalam demi memiliki varian Bred yang satu ini.

“Bred” sendiri merupakan istilah Black Red alias hitam dan merah. Warna sepatu ini memang didominasi dua warna tersebut.

Terlihat cukup sangar dan pastinya pas banget dipadukan ketika kita memakai outfit berwarna gelap.

Baca juga: Dari Rp 60 hingga Rp 142 Juta, Ini 10 Sneakers Termahal di Pasaran

5. Nike Air Jordan 11 White Concord

Sepatu Air Jordan
Nike Air Jordan 11 White Concord (instagram)

Sejatinya, sepatu ini dirilis tahun 1995 dan merupakan salah satu rancangan dari Tinker Hatfield. Kalau kamu pernah nonton film Space Jam, MJ mengenakan sepatu Air Jordan ini, tapi yang berwarna hitam. Rizky kebetulan punya yang warna putih.

Ketika dirilis, sepatu ini harganya US$ 125 atau kurang lebih Rp 1 jutaan saja. Akan tetapi, berhubung sudah gak ada dimana-mana, sepatu ini pun seringkali ditemukan di toko online dengan banderol Rp 4,6 juta.

Belum lama ini, Hoops Station juga memajang varian Air Jordan 11 yang baru lho. Varian itu bernama Platinum Tint, harganya Rp 3,1 juta.

6. Nike Air Jordan 1 OG

Sepatu Air Jordan
Nike Air Jordan 1 OG (Instagram).

Nah, ini dia yang paling langka, paling keren, dan pastinya paling mahal. Varian berwarna hitam, putih, dan merah ini adalah salah satu varian tertua yang dirilis tahun 1985. Ketika dirilis harganya awalnya US$ 65 atau kurang lebih Rp 600 ribuan!

Belum lama ini, MoneySmart mengunjungi outlet Hoops di Grand Indonesia dan melihat sepatu ini yang terpampang di kaca. SPG outlet sepatu itu bilang kalau yang dipampang dikaca udah gak dijual lagi.

Namun setelah dilakukan penelusuran di situs online, ternyata masih ada lho yang jual. Tapi harganya Rp 7,5 juta! Wow, mahal aja.

Itulah deretan sepatu Air Jordan milik Rizky yang luar biasa mahal dan langka. Sejatinya kalau dibilang investasi dengan sneakers ya mungkin seperti itulah faktanya. Sneakers-sneakers legendaris harganya memang bisa naik, tapi tentu saja hal itu bakal memakan waktu lama. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.