Bikin Nagih! 6 Takjil Buka Puasa Sehat Ini Harganya Cuma Rp 10.000 Lho!

3 menit
Es campur menjadi takjil buka puasa yang murah meriah dan menyegarkan (Shutterstock).
Es campur menjadi takjil buka puasa yang murah meriah dan menyegarkan (Shutterstock).

Mencari menu takjil buka puasa adalah rutinitas yang selalu dilakukan oleh kita ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Banyaknya pilihan makanan hingga minuman yang ditemui sepanjang jalan bikin hati bingung mau beli yang mana. Belum lagi kalau makanannya kurang menyehatkan, nanti malah bikin sakit.

Selama bulan puasa tubuh kita harus mengarungi aktivitas selama 12 jam lebih tanpa mendapatkan cairan tubuh. Untuk orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah bisa terserang penyakit dengan lebih mudah dan terkena dehidrasi.

Untuk menghindari hal yang gak diinginkan seperti itu salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah mengatur pola konsumsi yang masuk ke perut. Entah itu pas buka puasa, malam hari dan sahur.

Nah kebetulan ngomongin tentang makanan sehat, ini daftar menu takjil buka puasa yang patut dicoba dengan harga yang terjangkau cuma Rp 10.000 doang.

Baca juga: Jajanan Jadul “Tenongan” yang Nikmat buat Berbuka Puasa Bareng Keluarga

1. Kolak

Takjil buka puasa
Kolak pisang dan ubi (Shutterstock).

Menu takjil buka puasa yang wajib disiapkan setiap tahun adalah kolak. Perpaduan rasa manis gula merah dan gurihnya santan membuat banyak orang yang kangen mengonsumsi makanan yang satu ini.

Selain nikmat, bahan dasar yang ada di dalamnya seperti ubi dan pisang bisa menutrisi tubuh kita yang membutuhkan karbohidrat serta protein selama beraktivitas seharian.

Menambahkan pacar cina dan biji salak di kolak juga mampu memperkaya gizi yang terkandung di dalamnya. Hanya aja jangan berlebihan karena kandungan gulanya terbilang cukup banyak.

2. Sop buah

Takjil buka puasa
Sop buah (Shutterstock).

Abis makan makanan berat biasanya kamu perlu minuman manis yang menyegarkan bukan? Menu takjil buka puasa selanjutnya adalah sop buah. Banyak variasi buah yang bisa digunakan supaya gak cepat bosan mengonsumsinya.

Tapi beberapa buah yang wajib ada antara lain adalah melon, alpukat, buah naga, pisang dan nata de coco. Sebab masing-masing vitamin dan nutrisi yang terkandung pada buah tersebut sangat baik menggantikan cairan tubuh selama seharian berpuasa.

Biar lebih seru lagi minum es buahnya bareng teman atau keluarga biar suasana kekeluargaannya semakin kental.

Baca juga: Aman bagi Si Janin, Ini Tips Berbuka Puasa buat Ibu Hamil yang Cerdas

3. Es kelapa muda

Takjil buka puasa
Es kelapa muda cocok untuk buka puasa (Shutterstock).

Mengandung banyak nutrisi seperti kalium, vitamin c dan vitamin b membuat es kelapa muda cocok banget disajikan sebagai menu takjil buka puasa yang ketiga. Selain menyegarkan, minuman yang satu ini juga gampang dicari dimana-mana dan harganya cukup murah

Air kelapa muda terkenal cepat menggantikan cairan elektrolit dalam tubuh yang hilang selama beribadah puasa.

4. Menu takjil buka puasa es pisang ijo

Takjil buka puasa
Es pisang ijo (Shutterstock).

Menu takjil buka puasa yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan ini cocok buat kamu yang mau mengonsumsi pisang namun dengan tambahan es yang segar. Beberapa waktu belakangan menu yang satu ini populer dibicarakan orang dan udah banyak pedagang yang menjualkannya di pinggir jalan.

Baca juga: Wahai Karyawan Jomblo, Raup 5 Keuntungan Finansial dari Bulan Puasa

5. Ketan hitam

Takjil buka puasa
Ketan hitam (Shutterstock).

Ketan hitam adalah makanan takjil buka puasa yang bisa kamu coba beli saat ngabuburit. Umumnya menu yang satu ini dicampur dengan santan kelapa guna menambahkan rasa gurih.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan saat makan ketan hitam adalah melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan kalsium. Selain itu juga bisa menambah tenaga dalam menunjang aktivitas kerja seharian.

Itulah 5 menu takjil buka puasa sehat yang bisa kamu pilih selama bulan Ramadan kali ini. Semoga dengan mengonsumsi makanan di atas bisa membantu kelancaran dalam beribadah ya, selamat berpuasa! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!