6 Tips Keuangan Ini Bikin Hubungan Kamu dan Pacar Lebih Awet

Kamu dan pacar gak cuma butuh tips cinta aja lho, melainkan juga tips keuangan bareng.

Urusan uang jadi salah satu faktor keutuhan sebuah hubungan, termasuk hubungan percintaan. Salah-salah, soal duit bisa jadi pemicu kamu sering berantem sama pacar. Jangan sampai deh.

Nah, biar kamu dan pacar makin mesra dan langgeng serta menghindari ribut-ribut yang gak penting, yuk simak tips keuangan berikut ini.

1. Saling mengingatkan buat menabung

Tips keuangan
Menabung berdua kan romantis (liputan6)

Pacaran harusnya saling mendukung, termasuk soal uang. Salah satu caranya adalah dengan saling mengingatkan buat menabung.

Lagi pacaran atau gak sedang pacaran, tabungan sebetulnya tetaplah penting.

Selain menabung, kamu juga bisa ingatkan pacar buat belajar investasi. Siapa tahu karena kamu mengarahkan dia ke “jalan yang benar” bikin si dia makin cinta ke kamu, kan?

Sembari menabung dan berinvestasi, cintanya pun semakin dalam. Kalian pun siap menikah karena dananya udah ditabung sedari awal pacaran. Asyik, kan?

[Baca: Pacaran Bikin Boros, Dijamin Bikin Bokek, Ini Buktinya!]

2. Sama-sama bijaksana mengerem pengeluaran saat pacaran

tips keuangan pacaran
Sama-sama ngerem buat belanja (liputan6)

Pacaran emang masa-masa yang indah. Namun, jangan sampai karena terlalu indah bikin melayang hingga lupa daratan. Maksudnya, kamu dan pasangan sampai lupa sama tujuan sebenarnya orang pacaran.

Keasyikan pacaran sering kali malah bikin boros. Contohnya, kamu dan pasangan terlalu sering makan di luar, liburan, dan lainnya.

Biar hubungan lebih langgeng, ada baiknya kamu dan pasangan sama-sama bijaksana buat mengerem pengeluaran. Jangan sampai deh habis pulang jalan bareng, kamu atau pacarmu menyesal terlalu banyak mengeluarkan uang.

3. Gak berlebihan membebani pasangan

tips mengatur keuangan pacar
Jangan kayak gini ya (rimanews)

Udah jadi budaya kalau prialah yang sering kali bertanggung jawab buat segala pengeluaran saat pacaran.

Namun sebaiknya sih masing-masing dari kalian sama sama support buat pengeluaran tertentu saat pacaran. Kalau emang perempuan lagi ada uang lebih, kenapa gak dipakai dulu uangnya? Tapi ingat, sekali lagi jangan berlebihan ya.

[Baca: Soal Keuangan, Jangan Lakuin 7 Hal Ini Sama Pacar Kalau Belum Yakin Dialah Satu-Satunya]

4. Hindari saling pinjam-meminjam uang

pacar berhutang
Sebisa mungkin hindari saling pinjam uang (viva)

Dalam dunia profesional aja, pinjam uang apalagi buat kebutuhan konsumtif bisa jadi kebiasaan yang kurang baik. Saat pacaran pun demikian.

Tips keuangan ini harus kamu ingat banget deh, yaitu kurangi kebiasaan buat saling pinjam-meminjam saat pacaran.

Bukan cuma soal ingat atau gak buat bayar, tetapi lebih ke habit alias kebiasaan. Jika masih pacaran aja kamu atau pasangan terbiasa buat pinjam uang, gimana nanti di masa mendatang?

5. Jujur dan terbuka soal kondisi keuangan

jika pacar sering minta uang
Ngobrol soal uang gak harus selalu serius banget, dibawa santai aja (vemale)

Bila kamu dan pasangan udah saling yakin, kini ada baiknya kamu dan dia saling terbuka soal kondisi keuangan.

Pembicaraan soal uang emang agak sensitif sih, tapi sebetulnya mutlak banget buat dibahas. Misalnya aja, kamu dan pasangan bisa saling tahu berapa penghasilan masing-masing. Kemudian, bila emang ada masalah keuangan, kamu pun perlu menceritakannya.

Bisa aja dengan saling terbuka soal kondisi keuangan, kamu dan pasangan bakal saling memperbaiki.

[Baca: Tabungan Bersama Saat Pacaran Gak Wajib Bikin, Ini 5 Alasannya]

6. Tetap punya privasi soal uang

cara pinjam uang sama pacar
Tetap punya privasi (hipwee)

Meski terbuka soal kondisi keuangan, bukan berarti kamu dan pasangan gak punya batasan masing-masing. Punya privasi tetap penting saat pacaran.

Contohnya, kalian gak saling bertukar kartu debit atau kartu kredit. Selain itu, bila hubungan masih tergolong baru, kamu gak perlu terlalu memaksa buat bikin tabungan bersama.

Dengan punya privasi dalam hal penggunaan uang, masing-masing dari kalian bisa belajar buat mandiri mengelola uang. Selain itu, baik kamu dan pasangan gak terbebani karena merasa terkekang.

Udah ngerti harus mulai dari mana buat bicara soal uang bersama pacar kamu, kan? Semoga hubungan kamu dan pasangan makin langgeng deh setelah ikuti tips keuangan ini.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560