Biar Gak Boros, Begini 6 Trik Belanja Hemat Buat Kamu Para Wanita Sibuk

4 menit
Trik belanja hemat buat kamu wanita yang sibuk. (Shutterstock)
Trik belanja hemat buat kamu wanita yang sibuk. (Shutterstock)

Belanja hemat memang menjadi salah satu hal yang harus dilakukan agar keuangan tetap stabil dan gak punya banyak utang.

Pasalnya, gak sedikit orang yang seringkali suka kalap alias gelap mata saat belanja, terutama para wanita yang memang dikenal doyan belanja.

Tapi, mau gimana lagi. Toh, kamu tetap harus belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena itulah mengapa kamu perlu lebih cerdik mengatur keuangan dan yang terpenting menahan keinginan untuk membeli barang yang gak dibutuhkan.

Ya, daripada nanti ujung-ujungnya nyesel sendiri kan saat ngeliat isi rekening atau tagihan kartu kredit yang meledak.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin membagikan beberapa trik belanja hemat khususnya buat kamu para ibu rumah tangga yang juga wanita karier.

Selain harus berhemat, kamu juga harus bisa membagi waktu untuk membeli seluruh kebutuhan keluarga.

Gak usah berlama-lama, mending langsung aja yuk simak enam trik belanja hemat untuk wanita sibuk di bawah ini.

Baca juga: 6 Zodiak Perempuan Ini Terkenal Doyan Belanja, Apakah Kamu Salah Satunya?

1. Belanja sendirian

Biar belanja hemat, usahakan berangkat sendiri. (Unsplash/Joshua Rawson)
Biar belanja hemat, usahakan berangkat sendiri. (Unsplash/Joshua Rawson)

Belanja bulanan memang akan semakin menyenangkan saat bisa membawa anak. Tapi kamu harus menyiapkan bujet lebih.

Pasalnya, akan ada aja barang yang diminta oleh sang buah hati. Ya, kalau sesekali sih gak masalah ya, tapi kalau setiap bulan yang ada dompet bakal kebobolan juga.

Karena itu, sebaiknya tinggalkan anak kamu di rumah dan belanjalah sendiri. Lagipula, saat belanja sendiri, kamu juga gak akan lama-lama berada di supermarket dan fokus membeli barang yang memang dibutuhkan.

Baca juga: Ini Seninya Belanja di Pasar Tradisional dan Keuntungan yang Didapatkan

2. Selalu buat daftar belanjaan

Selalu bikin daftar barang yang mau dibeli biar belanja hemat. (Pixabay)
Selalu bikin daftar barang yang mau dibeli biar belanja hemat. (Pixabay)

Sebelum menginjakkan kaki di supermarket, sebaiknya kamu membuat daftar belanja terlebih dahulu. Jadi, jangan pernah tuh nekat pergi ke supermarket tanpa tahu apa saja barang yang harus dibeli.

Lagipula daftar belanja itu juga bertujuan untuk menghindari kamu dari membeli barang yang gak dibutuhkan dan ujungnya gak bisa menolak godaan membeli barang diskon.

Nah, dengan mengikuti daftar belanja, kamu juga bisa lebih cepat saat berada di supermarket dan yang terpenting tidak perlu membeli barang yang gak berguna.

Sebelum belanja, kamu juga sebaiknya mencatat bahan atau barang apa saja yang harus dibeli. Misalnya dengan memeriksa ke dapur bahan apa saja yang masih ada beserta tanggal kadarluarsanya.

Baca juga: Mau Belanja Elektronik, Lebih Murah di Electronic City atau Informa ya?

3. Jangan menggunakan trolley

Belanja hemat pasti bisa kalau gak pakai trolley. (Pexels)
Belanja hemat pasti bisa kalau gak pakai trolley. (Pexels)

Trik belanja hemat dan cepat selanjutnya adalah dengan menghindari belanja menggunakan trolley. Pasalnya saat kamu belanja menggunakan trolley, seringkali orang membeli sesuatu lebih banyak dari rencana.

Jadi, ketika daftar belanjaan kamu tidak terlalu banyak, sebaiknya gunakan keranjang saja. Dengan begitu, keinginan untuk belanja yang lain-lain pun akan terhindar karena keranjang sudah penuh. Selain itu, belanja menggunakan keranjang juga akan membuat kamu lebih cepat dan dompet juga akan lebih aman.

4. Cari tahu diskon dan promo

Belanja hemat kalau pakai diskon dan promo. (Pixabay)
Belanja hemat kalau pakai diskon dan promo. (Pixabay)

Agar dompet makin aman, kamu bisa memanfaatkan diskon dan promo yang ditawarkan oleh supermarket itu.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk belanja ke supermarket, sebaiknya kamu browsing dulu apa saja promo dan diskon yang sedang ditawarkan.

Kamu bisa mengeceknya di website resmi supermarketnya atau melihat katalog yang ditawarkan. Ingat, meski hanya ratusan perak tetap aja itu penghematan kan?

5. Perhatikan rak atas dan bawah

Perhatikan rak atas dan bawah kalau mau belanja hemat. (Pixabay)
Perhatikan rak atas dan bawah kalau mau belanja hemat. (Pixabay)

Namanya bisnis pasti memiliki trik atau strategi jualan, salah satunya adalah menempatkan barang di rak yang sesuai dengan tinggi badan atau sejajar dengan pandangan. Mereka juga kerap menempatkan barang yang murah di luar jangkauan.

Karena itu, meskipun kamu tak memiliki banyak waktu. Jangan hanya fokus membeli barang pada bagian tengah ya, tapi coba perhatikan barang-barang yang ada di rak atas dan juga bawah.

Pasalnya, produk yang murah biasanya ditaruh pada bagian atas dan bawah. Coba aja kamu perhatikan sendiri. Lagipula, murah bukan berarti murahan kok.

6. Beli barang yang masih utuh

Beli barang yang masih utuh kalau pengin belanja hemat. (Pixabay)
Beli barang yang masih utuh kalau pengin belanja hemat. (Pixabay)

Membeli barang yang sudah dipotong-potong memang membantu terutama buat para ibu rumah tangga yang juga sibuk bekerja.

Tapi, tahukah kamu kalau membeli barang yang sudah dipotong itu harganya jauh lebih mahal dibanding yang masih utuh. Contohnya saja ayam atau daging.

Karena itu, disarankan agar kamu membeli bahan makanan yang masih utuh agar lebih hemat. Kamu bisa memotong bahan-bahan itu saat memiliki waktu luang.

Itu dia enam trik cerdik belanja hemat yang bisa diterapkan oleh para ibu rumah tangga yang juga merupakan wanita karier agar tetap bisa berhemat. Jadi, dapur ngebul, dompet juga tetap tebal. (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.