7 Cara Jitu Liburan Hemat Akhir Tahun yang Gak Bikin Kantong Jebol

6 menit
Mempersiapkan liburan hemat akhir tahun.

Liburan hemat selalu menjadi impian setiap orang. Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2018. Akhir tahun seringkali dijadikan momen yang tepat untuk merencanakan liburan bersama kerabat dan keluarga terdekat

Tak peduli apapun pekerjaan kamu dan apapun kesibukan yang dilakukan selama satu tahun belakangan, pasti kamu gunakan kesempatan ini sebagai waktu untuk beristirahat. Juga waktu berkualitas bersama keluarga dan anak-anak serta kerabat tercinta.

Sekarang ini, kebutuhan hidup orang Indonesia tak lagi seputar pangan, sandang dan papan. Orang Indonesia menganggap traveling alias jalan-jalan sebagai suatu prioritas.

Riset global yang dikeluarkan oleh World Travel and Tourism Council tahun 2018 menyebutkan, Asia kini menjadi benua dengan pertumbuhan sektor Travel dan Tourism tercepat dibanding negara-negara lainnya.

Dalam riset ini disebutkan Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan traveler tercepat (7.7%). Melalui pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia saat ini semakin menyukai kegiatan berlibur atau traveling.

Bicara tentang liburan hemat, kegiatan traveling bukan sekedar hanya untuk refreshing. Namun masih banyak dampak positif lainnya yang didapat dari melakukan liburan hemat atau traveling seperti penjabaran berikut:

Baca juga: Jurus Ampuh Atasi Pemborosan Uang Belanja Untuk Pengantin Baru

1. Traveling dapat meningkatkan kesehatan

Traveling akan memberikan dampak yang luar biasa pada kesehatan mental kamu. Berlibur dapat mengurangi tingkat stres atau penat yang membebani di dalam rutinitas sehari-hari.

Dengan traveling kamu pasti akan membuat tubuh merasa lebih baik. Bagi sebagian orang, melakukan traveling merupakan obat untuk depresi.

Tentu saja, hal ini tidak selalu berlaku untuk semua orang, namun dengan liburan atau traveling kamu akan merasa lebih baik secara fisik maupun psikologis. Maka dapat disimpulkan, manfaat kesehatan dari traveling sangatlah besar.

2. Traveling membuat pandanganmu tentang dunia lebih terbuka

Terbiasa menggunakan bahasa asing dikarenakan traveling dapat meningkatkan kapasitas atau kemampuan kita dalam hal skill berbahasa. Bahkan lebih dari skill berbahasa, dengan traveling kamu dapat lebih mengeksplor diri dan memahami diri lebih dalam lagi.

Karena saat traveling seringkali terjadi hal yang mungkin di luar dugaan yang memaksa kita untuk dapat lebih berpikir solutif dan kreatif. Dengan terbiasa dalam menghadapi situasi baru, lingkungan baru, serta bertemu dengan orang baru saat traveling tentunya akan membuatmu mulai memahami apa yang berada di luar zona nyaman. Juga bisa lebih mudah beradaptasi dengan keadaan.

Hal ini juga tentunya akan menyebabkan pandangan kamu terhadap dunia akan lebih terbuka. Dengan kata lain bahwa kamu mulai menyadari sisi lain dari dunia yang selama ini tidak diketahui.

3. Traveling dapat meningkatkan sifat toleransi

Saat traveling tentunya kita mau tidak mau akan bertemu dengan orang baru, hal ini akan memicu kita untuk beradaptasi dengan siapapun kita temui.

Dengan berjalannya waktu, kamu akan belajar untuk memahami perspektif baru dari orang lain dan meningkatkan pula jiwa toleransi yang Anda miliki.

4. Traveling menciptakan memori untuk seumur hidup

Melalui traveling kamu dapat menciptakan memori yang akan terkenang seumur hidup. Adanya experience atau pengalaman saat menjalani traveling terlebih bersama orang-orang terdekat akan membuat terciptanya kenangan-kenangan yang memiliki makna tersendiri. Dan tentunya memori merupakan hal berharga dan tak dapat dibeli dengan uang.

Terlebih dari itu, meskipun mayoritas masyarakat Indonesia menyukai kegiatan travelling namun kendalanya adalah banyak orang yang ingin mendapatkan liburan dengan mengeluarkan biaya minim dan sangat murah.

Masalahnya, terkadang kamu bingung untuk menyiasati cara liburan dengan biaya yang terjangkau. Kamu juga cenderung beranggapan bahwa liburan merupakan hal yang sangat membutuhkan dana yang besar.

Berlibur tidak selalu identik dengan pengeluaran yang membengkak. Selama kamu menyiapkan bujet liburan dari jauh-jauh hari dan menerapkan trik atau cara jitu untuk berhemat, semua bisa terlaksana.

Nah, Traveloka akan membantu Anda untuk dapat berlibur atau traveling tanpa perlu menguras dompet dengan cara-cara jitu sebagai berikut:

Budgeting

Jangan jadikan uang sebagai penghambat untuk melakukan kegiatan traveling atau berlibur.

Hal utama yang harus disiapkan dari liburan hemat adalah dana. Jangan jadikan uang sebagai penghambat untuk melakukan kegiatan traveling atau berlibur. Karena masih banyak cara jitu untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Inilah cara pertama yang sangat dibutuhkan untuk merencanakan traveling, yaitu budgeting atau bisa dikatakan cara kita untuk mengatur keuangan.

Memeriksa dan mengatur secara tepat apa yang kamu habiskan dalam sebulan mungkin merupakan tugas yang melelahkan dan menyakitkan. Tetapi ini adalah bagian penting dari rencana menabung, terutama tabungan untuk berlibur.

Pengaturan pengeluaran dan pemasukan dalam sehari-hari dalam konteks ini adalah kamu bisa mulai menabung untuk rencana liburan impian. Dengan menentukan bujet pengeluaran untuk berlibur, kamu akan lebih terarah dalam merencanakan suatu perjalanan liburan hemat.

Baca juga: Gak Mahal! Bermodalkan Tiket PP Rp 3 Juta, Udah Bisa Liburan ke Jepang Lho

Pesan Tiket Jauh Hari

Melakukan pemesanan tiket jauh sebelum waktu yang direncanakan untuk perjalanan akan jauh lebih hemat.

Untuk menedapatkan liburan hemat, kamu juga perlu melakukan pemesanan tiket jauh sebelum waktu yang direncanakan. Pasalnya, semakin jauh jarak pembelian dengan tanggal yang diinginkan maka semakin murah pula harga yang ditawarkan.

Salah satu contohnya adalah harga tiket pesawat yang tercantum 6 bulan sebelum waktu yang ditentukan akan jauh lebih terjangkau dibandingkan harga tiket yang tersedia 1 minggu dari tanggal yang ditentukan. Maka dari itu, lakukan pemesanan tiket sedini mungkin.

Pilihlah Tanggal yang Tepat

Pilihlah tanggal yang tepat.

Selain itu, cara lain merealisasikan liburan hemat, kamu yang sangat menyukai tempat-tempat berlibur atau traveling yang ‘instagramable’, ini adalah cara yang bisa diterapkan mulai dari sekarang.

Hindari peak season dalam menentukan waktu liburan. Karena saat peak season destinasi wisata pasti dipenuhi oleh pengunjung yang mengakibatkan kamu sulit untuk mendapatkan momen atas keindahan destinasi tersebut.

Saat low season pengunjung di suatu tempat wisata tentunya akan semakin rendah. Maka dari itu, kamu akan jauh lebih leluasa untuk mengeksplor destinasi wisata dan menciptakan memori tanpa adanya gangguan riuh ramainya pengunjung. Selain itu, traveling saat low season pastinya membuat kantong kamu jauh lebih bersahabat.

Baca juga: Di Tengah Ketidakpastian Perekonomian, Pariwisata Indonesia Optimis Gaet Turis Milenial di 2019

Gunakan Promo Sebaik-baiknya

Di  Traveloka setiap harinya selalu ada promo menarik yang dapat kamu manfaatkan.

Setelah berupaya melakukan budgeting dan lain sebagainya bagaimana bila persiapan dana liburan tersebut masih belum mencapai target? Tenang saja, masih banyak cara supaya bujet berlibur bisa lebih ekonomis dan bersahabat.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan penawaran promo diskon atau cashback! Di musim liburan terutama saat jelang akhir tahun seperti ini, banyak sekali penawaran promo tiket dan hotel, atraksi dan aktivitas, serta lainnya yang bisa kamu manfaatkan dari.

Di  Traveloka setiap harinya selalu ada promo menarik yang dapat kamu manfaatkan. Sebaiknya kamu juga bergabung ke dalam newsletter agar tidak ketinggalan promo yang sedang berlangsung.

Mengakali Transportasi yang akan Digunakan

Pilih transpot yang tepat

Sebaiknya riset atau mencari data terlebih dahulu mengenai destinasi yang bakal dikunjungi. Salah satunya adalah ketersediaan transportasi yang terdapat di daerah destinasi tersebut.

Jika kamu bepergian dalam grup, patungan untuk menyewa mobil dapat menjadi opsi. Karena kemudahannya sehingga dapat menjelajah banyak tempat wisata dengan lebih fleksibel.

Cara jitu lainnya untuk membuat biaya traveling semakin hemat adalah jangan hanya terpaku untuk menggunakan transportasi pesawat saja. Terkadang, untuk mencapai destinasi tertentu, liburan menggunakan pesawat justru akan membuat biaya menjadi terlalu besar.

Sebagai contoh, bila ingin liburan dari Jakarta ke Yogyakarta, menggunakan pesawat sebenarnya bukanlah pilihan terbaik.

Karena ongkosnya yang besar, minimal Rp 500.000-an untuk sekali jalan (belum pulang pergi). Solusinya, Anda bisa menggunakan transportasi darat seperti bus dengan harga tiket Rp 200.000-an untuk kelas eksekutif atau alternatif lainnya adalah menggunakan kereta api.

Kalau ingin menikmati kelas eksekutif, harga tiketnya sekitar Rp 350.000-an untuk sekali jalan. Walau lebih mahal dengan waktu tempuh yang lebih lama, tapi perjalanan akan semakin menyenangkan karena kamu bisa menikmati pemandangan lebih nyata dan biayanya tetap jauh lebih murah dari tiket pesawat bukan?

Carilah Rekomendasi Makanan Murah

Salah satu momen tak terlupakan dari suatu perjalanan adalah mencicipi kuliner yang menjadi khas dari suatu destinasi

Salah satu momen tak terlupakan dari suatu perjalanan adalah mencicipi kuliner yang menjadi khas dari suatu destinasi. Jika Anda adalah traveler yang menyukai wisata kuliner pada suatu destinasi wisata tidak ada salahnya untuk mencari rekomendasi makanan terbaik di daerah wisata tersebut dengan melihatnya dari aplikasi maupun bertanya pada warga sekitar.

Lewat rekomendasi dari Kuliner Traveloka, Anda dapat mencari ribuan restoran murah dengan cepat yang tentunya terpercaya karena didukung oleh ulasan dari pengguna lainnya.

Gunakan Fitur Pay Later

Gunakan Fitur Pay Later

Jika perencanaan dan alokasi budget sudah dilakukan, tiket promo sudah di depan mata, namun ternyata bujet masih kurang. Kamu bisa memanfaatkan fitur cicilan perjalanan yang tersedia seperti Traveloka PayLater.

Dengan fitur ini kamu dapat melakukan perjalanan yang aman dan nyaman dengan melakukan pembayaran secara fleksibel di kemudian hari tanpa khawatir. Untuk jangka waktu 1 hingga 12 bulan dengan bunga yang ringan. Fitur PayLater ini dapat menjadi solusi terbaik bagi para traveler.

Nah, dari seluruh rekomendasi cara jitu yang telah dijabarkan apakah kamu yakin masih menganggap bahwa traveling itu mahal? Yang jelas, kamuharus memulai dari salah satu cara tersebut agar dapat memulai liburan dan tetap dapat menciptakan momen seru bersama kerabat terdekat karena seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”.

Banyak cara untuk menikmati liburan tanpa membuat isi kantong Anda mengering. Selamat berlibur! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong