Mandiri Dong! Ini 7 Cara Mendapatkan Uang Buat Mahasiswa

3 menit

Ada banyak cara mendapatkan uang yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Tentunya bukan dengan mencuri ya. Melainkan dengan cara yang bisa kamu lakukan sesuai kemampuanmu.

Nah, berikut ini tujuh cara menghasilkan uang yang bisa dilakukan para mahasiswa. Percaya deh kalau kamu udah bisa ngehasilin uang sendiri, orangtua kamu di rumah juga pasti akan sangat bangga punya anak seperti kamu. Yuk langsung simak aja daftarnya berikut ini.

cara mendapatkan uang
Cara mendapatkan uang saat jadi mahasiswa salah satunya kamu bisa jadi asdos (dailymail)

1. Jadi asisten dosen

Belajarlah yang rajin biar pengetahuan kamu makin luas dan berkembang. Kalau udah jadi mahasiswa paling pintar di kelas, percaya deh, banyak dosen yang bakal ngelirik kamu buat dijadiin asisten dosen alias asdos.

Nah, kalau kamu udah jadi asdos, tentu kamu dapat uang tambahan dong. Kamu bisa dipercaya langsung sama dosen bersangkutan atau disuruh ngajar sama pihak jurusan.

Jangan salah lho, gak sedikit mahasiswa yang malah jauh lebih pintar dibanding dosennya. Ya itu tadi, kalau belajarnya rajin, serius dan sungguh-sungguh, pasti ilmu yang didapat makin luas.

2. Jadi guru private atau guru lepas

Di luaran sana ada banyak sekolah yang membutuhkan guru di bidang tertentu. Sebagai mahasiswa, kamu bisa jadi guru honorer di sekolah yang membutuhkan tenaga pengajar.

Sebagai contoh, kamu mahasiswa jurusan Matematika. Kamu bisa mengajar di sekolah yang membutuhkan guru Matematika. Kamu tinggal cari tahu mana aja sekolah yang lagi membuka lowongan guru honorer.

Kamu juga bisa jadi guru privat. Misalnya, kalau kamu adalah mahasiswa Sastra Jepang, kamu bisa membuka les privat bahasa Jepang. Kamu tinggal bikin iklan kalau kamu sedang buka kursus bahasa Jepang.

Nah, urusan tarif, kamu tentuin sendiri aja deh berapa biayanya. Tapi jangan terlalu tinggi ya. Yang wajar-wajar aja.

3. Bisnis buku

cara mendapatkan uang
Bisnis buku di kampus selain dapat uang kamu juga dapat ilmu (my3books)

Mahasiswa gak bisa lepas dari buku. Terutama buku mata kuliah yang dijadikan sebagai bahan ajar dari dosen. Ide bisnis buku bisa jadi cara mendapatkan uang buat mahasiswa. Kamu bisa jualan buku mata kuliah ke teman-teman di kelas.

[Baca: 5 Persoalan Penulis Buku yang Berdampak Pada Pendapatan]

Peluang bisnis buku di kampus ini lumayan besar lho. Kamu bisa perhatikan toko-toko buku di dekat kampus pasti banyak yang laku, kan? Nah, kenapa peluang ini gak kamu tangkap aja buat jadi lahan cari uang.

Bukan cuma uang aja yang didapat, bisnis buku juga jadi ladang ilmu buat kamu dan juga pembelinya. Ibaratnya sambil menyelam minum air. Sambil nyari duit dapat ilmu, ya kan?

4. Penulis lepas

Dunia mahasiswa adalah dunia intelektual yang syarat dengan kegiatan tulis menulis. Kebiasaan menulis mahasiswa ada baiknya jangan dilakukan buat ngerjain tugas buat dosen aja, tapi bisa dimanfaatin sebagai cara mendapatkan uang. Kamu bisa lho jadi penulis lepas.

Peluang menjadi penulis lepas di zaman sekarang sangat terbuka lebar. Kamu bisa menulis opini, karya sastra atau reportase buat dikirim ke surat kabar atau media online.

Ada banyak surat kabar yang menerima tulisan dari pembacanya, tak terkecuali dari kalangan mahasiswa. Begitu juga media online. Mereka banyak menerima tulisan lepas dari pembaca termasuk mahasiswa. So, mulailah cari uang dari hasil tulisan terbaikmu.

5. Usaha makanan

cara mendapatkan uang
Biar dapat duit saat jadi mahasiswa, kamu bisa jual makanan di kampus (tokopedia)

Bisnis makanan buat sarapan atau camilan di kampus menguntungkan banget. Teman-teman kuliahmu yang gak sempet sarapan di kantin kampus bisa beli sarapan hasil buatanmu.

Kamu juga bisa jualan camilan di kampus. Soalnya, yang namanya mahasiswa itu doyan banget ngemil. Tahu sendiri kan, mereka sering ngemil di kelas. Tentu aja gak di saat ada kelas ya. Tapi pas lagi istirahat.

[Baca: Ide Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa Ini Dijamin Bakal Laku Keras]

Nah, gak usah malu atau gengsi kalau kamu mau bisnis makanan di kelas. Yang penting kamu cari uang dengan cara halal. Bukan dengan cara yang melanggar hukum.

7. Dropshipper produk fashion

Cara mendapatkan uang yang bisa dilakukan mahasiswa berikutnya adalah jadi dropshipper produk fashion. Jelas dong, soalnya mahasiswa adalah anak-anak muda yang pasti peduli banget sama penampilan mereka.

Nah, ini bisa kamu manfaatin buat tawarin produk-produk fashion ke teman-teman kampus. Selain itu, jangan lupa juga promosi lewat online. Siapa tahu pelangganmu nanti gak cuma dari kalangan mahasiswa, tapi juga merambah ke eksekutif muda.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa. Tapi kalau udah terjun di bisnis-bisnis di atas, kamu jangan lupa diri ya. Bukan berarti kamu harus meninggalkan tugas utamamu sebagai mahasiswa.

Jangan sampai kuliahmu berantakan gara-gara fokus cari uang. Baiknya sih imbangin aja, kuliah lancar, bisnis jalan terus.

[Baca: Ide Usaha untuk Mahasiswa yang Mau Sampingan, Berdasarkan Jurusan Kamu]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.