Kurang dari Rp 20 Ribu, Ini 7 Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

4 menit

Selain menu makanan utama, cemilan sehat untuk ibu hamil juga perlu disiapkan. Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi untuk dirinya dan janin dalam kandungannya. Oleh karena itu, pemilihan makanannya gak bisa sembarangan.

Sebagai contoh, baiknya ibu hamil gak mengonsumsi cemilan tinggi lemak dan gula seperti es krim dan minuman bersoda. Walau begitu, bukan berarti ibu hamil gak bisa makan enak.

Berikut ini rekomendasi cemilan sehat yang lezat untuk ibu hamil dengan bujet terjangkau. Gak lebih dari Rp 20 ribu dalam sehari!

1. Kacang mete

cemilan sehat
(Image: alodokter)

Kacang mete sangat disarankan sebagai cemilan sehat ibu hamil. Sebab, kacang mete merupakan sumber asam lemak omega 3 dan 6 yang baik untuk kesehatan pembuluh darah ibu dan janin, serta diyakini dapat mengoptimalkan perkembangan otak janin selama dalam kandungan.

Kacang mete juga kaya akan protein, zat besi, dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Menurut sebuah penelitian, konsumsi kacang mete juga dapat menurunkan risiko alergi pada bayi, lho.

Kacang mete mudah ditemui di pasaran mulai dari Rp 10 ribuan per 30 gram.

2. Ubi kukus

Ubi dapat menjadi prebiotik yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Kandungan vitamin B6 dalam ubi jalar juga dapat mencegah ibu hamil dari morning sickness atau gejala mual dan muntah-muntah. Dengan begitu, ibu akan merasa lebih nyaman.

Kandungan penting lainnya dalam ubi ialah vitamin A, vitamin C, zat besi, dan serat. Selain mudah ditemukan, harganya juga cukup terjangkau. Dengan Rp 20 ribu aja udah bisa mendapatkan 1 kg ubi ungu.

Konsumsi ubi dengan mengukusnya agar khasiatnya bisa ibu dapatkan secara maksimal.

3. Kismis anggur

cemilan sehat
(Image: Reps-id)

Konsumsi kismis selama masa kehamilan dapat membantu mengembangkan penglihatan bayi, lho. Pasalnya kismis kaya akan vitamin A. Selain itu, kandungan kalsium dalam kismis juga dapat membantu tulang bayi dalam kandungan menjadi lebih kuat.

Kismis juga mengandung zat besi, vitamin B, dan mineral yang dapat meningkatkan level hemoglobin ibu. Kadar gula dalam camilan ini juga mampu menjadi penambah energi ekstra. Walau begitu, makanan kering cenderung mengandung kalori yang lebih banyak sehingga konsumsi secukupnya aja yah.

Dengan uang Rp 15 ribu, ibu sudah bisa mendapatkan sekitar 100 gram kismis yang nikmat.

4. Kacang edamame

Kedelai berwarna hijau ini sudah gak diragukan lagi kandungan nutrisinya. Edamame kaya akan protein, asam folat, vitamin A, kalsium, dan vitamin B. Belum lagi kandungan zat besi yang baik bagi kesehatan ibu dan janin.

Kandungan asam folat dapat mencegah pertumbuhan otak bayi yang tidak sehat atau tidak normal. Sedangkan protein berguna untuk perkembangan sel-sel tubuh janin dalam kandungan.

Pengolahan edamame pun tidak rumit. Cukup direbus atau dikukus, sudah bisa ibu nikmati. Harganya? Uang Rp 10 ribuan sudah bisa dapat hingga 500 gram.

5. Yogurt

cemilan sehat
(Image: hesca)

Konsumsi 250 ml yogurt segar setiap hari sudah cukup sebagai sumber probiotik dan prebiotik yang membantu fungsi sistem pencernaan. Bagi ibu hamil, pilihlah plain yogurt atau yogurt tanpa perisa dan pewarna atau sweet plain (yogurt dengan tambahan sedikit gula atau madu).

Sebaiknya pilih yogurt yang telah dipasteurisasi. Biasanya, informasi ini tertera pada label kemasan. Untuk berjaga-jaga, hindari yogurt produk rumahan karena kehigienisannya belum terjamin.

Biar lebih nikmat, tambahkan kacang-kacangan dan buah segar pada yogurt yang akan dikonsumsi. Harga yogurt bervariasi, mulai dari Rp 10 ribuan per 100 gram.

6. Bubur kacang hijau

Kacang hijau memiliki kandungan yang cukup istimewa. Tidak hanya sumber protein nabati, kacang hijau juga mengandung karbohidrat dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan lemak tak jenuhnya juga dapat membantu perkembangan otak janin.

Agar kacang-kacangan ini bisa dikonsumsi dengan nikmat, olahan bubur kacang hijau atau puding kacang hijau bisa jadi pilihannya.

7. Alpukat

cemilan sehat
(Image: daftarkulinerunik)

Ada banyak cara mengolah alpukat menjadi hidangan yang lezat. Mulai dari jus alpukat, olesan pada roti gandum, ataupun dikonsumsi langsung.

Dalam 100 gram buah alpukat setidaknya terkandung 73 persen air, 150 gram lemak nabati, 20 gram protein, dan 160 kalori. Kandungan asam lemak tak jenuh dalam buah alpukat dapat mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung. Alpukat juga mengandung kolin yang penting dalam pembentukan saraf bayi.

Tak sampai Rp 20 ribu untuk bisa menikmati 1 kg alpukat di rumahmu.

 

Saat hamil, nafsu makan bisa tak menentu. Padahal kebutuhan nutrisi ibu hamil tentu berbeda dan lebih tinggi dibanding saat tidak hamil. Untuk itu, akali dengan konsumsi cemilan sehat agar nutrisi tetap terpenuhi.

Gak perlu membeli produk olahan bercap makanan sehat yang mahal harganya. Faktanya, dengan bujet kurang dari Rp 20 ribu per hari, asupan bergizi yang enak bisa ibu nikmati. Agar tidak terjadi penumpukkan zat di dalam tubuh, variasikan cemilan sehat di atas secara berkala.

Jika selama hamil ibu membutuhkan diet atau pola makan khusus, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi langganan ibu ya.

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan