7 Gaya Hidup Sehat Ini Ternyata Bisa Hemat Uang Kamu Lho!

4 menit

Gaya hidup sehat ternyata gak cuma bikin badan sehat, lho! Kebanyakan kebiasaan yang sehat nyatanya bikin dompet pun lebih aman.

Misalnya aja, kamu yang doyan masak. Kamu bisa terhindar deh dari makanan yang gak sehat dan jorok, tetapi juga bisa lebih hemat.

Masih banyak contoh-contoh lainnya. Penasaran kebiasaan sehat apa aja yang bikin badan kamu lebih terawat sehingga berhemat? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Bangun pagi dan olahraga

gaya hidup sehat
Bangun pagi (seruni)

Bangun lebih awal dan olahraga gak cuma bikin badan kamu lebih bugar plus nurunin berat badan juga buat yang lagi program penurunan berat badan.

Bangun lebih awal bikin kamu punya banyak waktu buat berangkat kerja. Kamu pun gak perlu buru-buru sehingga bisa pilih transportasi paling murah menurut kamu.

Kemudian, olahraga di pagi hari bikin kamu gak mesti datang ke gym. Jadi hemat, kan?

[Baca: Gak Perlu Bayar Mahal, Ini 5 Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan di Kantor]

Gak cuma itu aja, badan yang senantiasa bugar biasanya punya daya tahan yang bagus. Kamu gak gampang sakit deh. Pengeluaran buat ke dokter pun bisa diminimalisasi.

2. Masak makanan sendiri

gaya hidup sehat alami
Masak, masak sendiri… (tempo)

Masak makanan sendiri nyatanya jauh lebih hemat daripada kamu beli makanan di luar. Bonus gaya hidup sehat ini bikin kamu bisa pantau bahan dan cara memasaknya.

Contoh aja, dengan Rp 15 ribu kamu cuma bisa beli makan siang di warteg. Jadi, kalau kamu makan tiga kali sehari, kamu mesti keluarkan uang sekitar Rp 45 ribu. Itu pun menu minimalis.

Sementara itu, dengan dana Rp 45 ribu kamu bisa beli bahan makanan buat beberapa hari. Bahkan, dana tersebut bisa buat sekeluarga, bukan cuma seorang.

[Baca: Masak Sendiri atau Beli? Yang Mana yang Bisa Ngamanin Keuangan Keluarga?]

3. Kurangi jajan

pengertian gaya hidup sehat
Kurangi gorengan ya (suarapedia)

Mengurangi jajan juga turut menghemat pengeluaran bulanan kamu. Pun, badan kamu jauh lebih sehat.

Contoh, gorengan. Gorengan kayak bakwan punya kandungan 137 kalori. Apalagi, kamu gak cukup makan satu dong? Minimal makan dua atau tiga gorengan, kalorinya setara dengan seporsi menu makan siang kamu deh.

Berat badan nambah karena gak terapkan gaya hidup sehat, pengeluaran pun ikut bikin kamu gerah.

Beli gorengan biasanya langsung banyak, kamu perlu rogoh kocek sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu. Coba deh kamu kalikan selama sebulan. Dana tersebut udah bisa buat bayar paket data smartphone kamu.

4. Batasi makan junk-food

cara hidup sehat dan bersih
Junk-food emang enak tapi jahat (msn)

Makanan junk-food emang enak banget sekaligus praktis. Akan tetapi, makanan junk-food biasanya kurang menyehatkan badan karena hampir mirip dengan gorengan.

Harganya pun sering kali gak murah. Contoh, ayam goreng KFC. Kamu mesti rogoh kocek Rp 15 ribu belum termasuk pajak cuma buat sepotong ayam.

Kalau ditotal-total, saat udah di depan kasir bisa jadi kamu keluar uang hampir Rp 50 ribu buat seporsi junk-food. Boros ya!

5. Gak merokok

jadwal pola hidup sehat
Kurangi ya, apalagi kalau cuma buat keren-kerenan (Pexels)

Gak merokok bakal meniminalisasi kemungkinan kamu terkena beberapa penyakit berbahaya, seperti misalnya kanker paru-paru. Coba baca aja deh peringatan di bungkus rokok.

Nah, selain gak menyehatkan, nyatanya rokok bikin pengeluaran kamu cukup membludak.

Sebungkus rokok harganya sekitar Rp 22 ribu dengan isi 16 batang. Kalau kamu tergolong perokok aktif dengan sejam atau dua jam sekali merokok, kamu bisa habiskan sebungkus rokok per hari.

Bikinlah sebungkus buat dua hari. Jadi pengeluaran kamu adalah Rp 11 ribu per hari. Kalikan selama 30 hari, kamu keluarkan dana Rp 330 ribu “cuma” buat rokok.

Apalagi kalau kamu habiskan sebungkus rokok per hari, lumayan banget ya.

6. Berpikiran positif

7 cara hidup sehat
Positive thinking (Pexels)

Kebiasaan satu ini mungkin terlihat sepele namun ternyata bikin kamu lebih gampang buat konsentrasi.

Senantiasa menghindarkan pikiran-pikiran negatif bikin kamu lebih termotivasi buat kerja dan bersosialisasi. Kamu pun bisa lebih konsentrasi buat mengerjakan tugas secara afdol.

Dengan gitu, kamu gak perlu keluar uang buat konsultasi ke psikolog. Biaya ke psikolog gak murah, lho. Biasanya paling murah kamu perlu keluarkan dana sekitar Rp 250 ribu per konsultasi.

7. Liburan alam atau wisata gratis

cara hidup sehat menurut islam
Wisata alam gak perlu biaya yang mahal (Pexels)

Liburan seperti misalnya ke taman, hutan, air terjun, dan sebagainya biasanya lebih murah. Lebih murah ketimbang kamu liburan stay-vacation di hotel, wisata kuliner ke restoran hits, ataupun mengunjungi tempat wisata buatan.

[Baca: Gak Mahal, Ini 10 Tempat Wisata di Bodetabek Berbujet Rp 50.000]

Kamu bisa melatih tubuh buat lebih aktif bergerak sehingga lebih sehat dengan jalan-jalan ke alam bebas. Gak lupa, bonus menghirup udara segar. Pun, biasanya biaya masuknya lebih murah dan bahkan gratis.

Contoh, kamu bisa pilih buat jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor yang tiket masuknya sekitar Rp 13 ribuan aja. Di sana kamu bisa piknik dengan bawa makanan sendiri.

Sementara itu, bila kamu pilih buat jalan-jalan ke mall, kamu gak bisa hirup udara segar deh karena berada dalam ruangan. Pengeluarannya pun bisa jadi lebih besar karena harga makanan di sana lebih mahal. Gak mungkin piknik, kan?

Udah siap buat membiasakan gaya hidup sehat? Yuk, dimulai sekarang juga biar tubuh lebih terawat, pengeluaran pun lebih hemat.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong