7 Hal Boros yang Sering Kamu Lakukan Tanpa Sengaja, Hentikan Mulai Sekarang

4 menit
Dalam hidup, kadang ada saja pengeluaran tak terduga. Bahkan hal yang kamu anggap penting, malah jadi kebutuhan sia-sia alias boros.

Agar masalah keuangan tidak selalu muncul setiap bulan, coba deh koreksi lagi pengeluaranmu. Apakah sudah sesuai dengan perencanaan keuangan, atau malah ada pengeluaran tak terduga yang over bujet. Atau jangan-jangan, kamu malah gak punya perencanaan keuangan per bulan? Wah itu gawat banget.

Hidup di zaman sekarang ini, kamu tentunya harus semakin bijak dalam mengatur uang. Apa yang menjadi prioritas dan memang penting itu yang wajib didahului. Namun terkadang, tahukah kamu dari sekian banyak pengeluaran pentingmu itu justru malah bikin boros lho!

Biasanya itu berbentuk pengeluaran harian seperti belanja untuk menekan stres, jajan kopi, atau makan kudapan. Alih-alih mengobati tekanan stress dunia kerja, pengeluaranmu malah jadi gak sehat.

Apa aja sih hal penting yang ternyata malah bikin boros tersebut? Simak yuk ulasannya.

1. Jajan kopi premium

Kebiasaan minum kopi premium harus dihentikan mulai sekarang (Pixabay).

Kebiasaan minum kopi menjadi buruk jika terus menerus dilakukan. Bahkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan kamu untuk lebih memilih investasi guna menyiapkan dana pensiun, ketimbang jajan kopi mahal.

Meskipun kopi menjadi penunjang kamu bekerja, ada baiknya buat sendiri kopi tersebut dari rumah. Atau beli saja kopi lokal yang harganya lebih murah. Soal rasa, gak jauh beda kok dengan Starbucks.

Kalau mau irit lagi, kamu bisa bawa tumblr dari rumah, bikin kopi di kantor saja. Enak kan, sudah tersedia dan kamu cuma tinggal seduh aja.

2. Makan di luar

Makan di restoran lebih boros ketimbang bawa makanan sendiri (Pixabay).

Daripada kamu jajan di luar, makan siang di kafe, kenapa enggak bawa bekal sendiri dari rumah. Lebih sehat dan irit tentunya. Kamu bisa siapkan bahan makanan di kulkas untuk satu minggu ke depan, bangun pagi-pagi untuk memasak dan bawa ke kantor.

Ongkos makan di luar atau di kafe itu biasanya menghabiskan biaya paling murah Rp 50 ribu sudah dengan minum. Nah, kalau bawa sendiri kan uang tersebut bisa kamu tabung.

3. Transportasi online

Transportasi online (Pixabay).

Transportasi online saat ini memang menjadi kebutuhan kaum pekerja kantoran di Jakarta. Mereka yang tinggal di luar Jakarta pun juga menggunakan transportasi ini. Lalu lintas yang gak kondusif atau macet serta sulit menjangkau transportasi publik menjadi alasan besar.

Namun, lantaran jarak yang jauh tentu akan membuat biaya perjalanan kamu semakin membengkak. Cobalah untuk cerdas menggunakan transportasi online ini. Bisa kamu kombinasikan dengan transportasi publik pada umumnya.

Dengan menggunakan TransJakarta, KRL atau angkutan umum lain akan jauh lebih murah. Ketika tidak ada transportasi di dekat rumah atau lingkungan kantor, barulah kamu pesan ojek online agar biaya tidak terlalu mahal karena jaraknya dekat.

4. Beli gadget baru

Gadget baru (Pixabay).

Setiap tahun yang namanya teknologi terus diperbarui. Kalau kamu terus-terusan mengikuti perkembangannya, pasti ada pengeluaran tambahan. Selama gadget yang kamu pakai bisa digunakan dengan baik, ya gak perlu diganti kan. Apalagi untuk sekedar gaya hidup.

Daripada uang tabungan kamu habis demi membeli gadget baru, lebih baik uang itu untuk dana pendidikan anak, atau digunakan pada saat darurat lainnya.

5. Perawatan kecantikan

Perawatan tubuh (Pixabay).

Merawat tubuh memang sangat penting, tapi jangan kebablasan juga ya. Jangan sampai kamu rela membobol tabungan hanya demi tampil cantik. Coba deh, kenapa gak kamu tiru trik merawat kecantikan ala perempuan Korea Selatan.

Mereka memang sangat peduli dengan penampilan, tapi gak serta merta menggunakan uang banyak untuk pergi ke salon. Mereka malah menggunakan skincare secara rutin di rumah, tanpa perlu ke salon.

Jadi, negara yang kamu junjung dalam perawatan kecantikan saja lebih hemat melakukannya dari rumah, kenapa harus menghambur-hamburkan uang ke salon

6. Upgrade layanan TV

Langganan TV Kabel (Pixabay).

Kalau kamu menggunakan layanan televisi berbayar, gak perlu sering-sering upgrade layanan. Pergunakan sebaik mungkin, jangan sudah diperbaharui, kamu malah gak menggunakannya, kan mubazir.

Kalau yang kamu butuhkan hanya jaringan internet tanpa tv kabelnya, ya itu saja yang kamu bayar. Nikmati layanan channel gratis yang ada tanpa perlu diupgrade. Juga, jangan terlalu terpengaruh pada sales yang menawari promo-promo tertentu ya.

7. Kelas yoga

Yoga (Pixabay).

Siapa sih yang gak pengin hidup sehat dengan berolahraga. Dan saat ini yoga menjadi salah satu olahraga paling populer. Alih-alih ingin mendapatkan situasi tenang, kamu malah berlatih yoga di tempat gym.

Padahal, kamu bisa melakukan yoga di rumah lho dengan melihat video dari Youtube. Lebih irit dan gak perlu keluar tenaga serta biaya transportasi ke tempat gym kan. Karena biasanya, setelah bayar kelas yoga, banyak hambatan-hambatan yang membuat kamu jarang ke kelas tersebut. Percaya deh!

Nah itu tadi tujuh hal penting dalam hidup tapi justru membuat pengeluaran kamu membengkak. Ada baiknya sekarang mulai disiasati yuk, jangan dibiarkan terus menerus karena bikin pengeluaran gak sehat.

Imbas buruknya, kamu nanti malah punya utang untuk memenuhi gaya hidup tersebut, gak mau kan? Yuk hidup sederhana mulai dari sekarang. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be