7 Kepala Negara Dunia dan Mobil Mewahnya, yang Termahal Milik Ratu Elizabeth

5 menit
Mobil kepala negara (Ilustrasi by Shutterstock).

Yang namanya kepala negara tentu jadi orang nomor satu di negaranya. So, gak heran kalau mereka semua memiliki mobil dinas yang sangat mewah dan luar biasa mahal.

Bicara soal mobil dinas para petinggi negara, ada tujuh negara yang kepala negaranya mengendarai mobil dinas super mahal. Dan tentu saja dari tujuh negara tersebut, gak ada Indonesia ya.

Mahal di sini bukan hanya karena mereknya adalah merek mewah ya. Melainkan juga karena fitur dan spesifikasinya yang udah kayak mobil dewa.

Penasaran dengan mobil-mobil mewah para kepala negara dunia tersebut? Yuk cari tahu lebih lanjut di bawah sini.

Baca juga: Rasakan Serunya Jadi Atlet dengan 5 Ide Aktivitas di Jabodetabek, Gak Sampai Rp 700 Ribu

1. Rusia – Aurus Senat

Aurus Senat merupakan mobil Presiden Rusia Vladimir Putin (Shutterstock).

Aurus Senat merupakan mobil Presiden Rusia Vladimir Putin yang dipilih untuk menggantikan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil ini bangun oleh NAMI dan memiliki fitur canggih dari sisi keamanan dan performa.

Limousine ini harganya mencapai US$ 160 ribu atau setara dengan Rp 2,2 miliar. Mesin mobil ini berkapasitas 4,4 liter V8 yang dilengkapi dengan turbo ganda.

2. Malaysia – Maybach 62

Maybach 62 (Shutterstock).

Yang Dipertuan Agung Sultan Muhammad V mengendarai mobil mewah saat dilantik. Mobil itu harganya mencapai US$ 394 ribu atau setara dengan Rp 5,6 miliar!

Usut punya usut, kendaraan yang ditunggangi Kepala Negara Malaysia itu adalah Maybach 62. Mobil ini merupakan mobil yang dikeluarkan Maybach usai Daimler Chrysler bangkit kembali.

Bisa dibilang, mobil ini adalah keturunan Mercedes-Benz S Series yang cukup mewah. Maybach memiliki empat zona pendingin ruangan, suspensi udara AirMATIC yang dapat dikendalikan, panel instrumen kecepatan mobil, jam, dan suhu luar ruangan untuk kursi belakang, meja lipat untuk kursi belakang, sistem suara BOSE Surround Everywhere, dan juga lemari pendingin.

Baca juga: Fantastis! Per Meter Kain Dibanderol Diatas Rp 100 Juta, Ini 3 Batik Termahal di Indonesia

3. Vatikan – Mercedes-Benz M Class

Mercedes-Benz M Class (Shutterstock).

Biar kata terkenal sederhana, Paus Franciscus juga punya mobil dinas yang cukup mewah. Mobil itu adalah Mercedes-Benz M Class SUV yang sudah dimodifikasi. Kendaraan itu pun diberi nama Popemobile.

Setelah ditelusuri, harga dari mobil SUV mewah ini ternyata mencapai US$ 525 ribu atau setara dengan Rp 7,6 miliar!

Tapi ketika beliau ada di negara lain, kadang beliau mengendarai mobil lain yang harganya lebih murah. Namun bagian belakangnya memang terbuka layaknya pickup.

4. Cina – Hongqi Limousine

Presiden Cina Xi Jinping memilih mobil nasional mereka untuk jadi tunggangan sehari-hari (Shutterstock).

Sebagai kepala negara, Presiden Cina Xi Jinping memilih mobil nasional mereka untuk jadi tunggangan sehari-hari. Mobil itu adalah Hongqi Limousine, yang tergolong sebagai mobil termewah di Negeri Tirai Bambu.

Jika diartikan, Hongqi artinya adalah bendera merah yang gak merepresentasikan lambang negeri komunis. Akan tetapi limousine ini mahal banget lho, karena harganya sendiri mencapai US$ 801 ribu atau Rp 11 miliar.

Mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km per jam dalam kurun waktu 8 detik. Cukup kencang untuk sebuah mobil kepresidenan yang notabene punya bobot berat.

Baca juga: 5 Negara Bebas Visa yang Menarik untuk Dikunjungi dengan Bujet di Bawah Rp 10 Juta

5. Amerika Serikat – Cadillac One (The Beast)

Mobil seharga US$ 1,5 juta atau Rp 21 miliar ini, adalah mobil anti-peluru (Shutterstock).

Selanjutnya adalah mobil Presiden Amerika Serikat yang kini sedang dipakai Donald Trump. Mobil yang dijuluki Si Monster itu adalah Cadillac One.

Mobil seharga US$ 1,5 juta atau Rp 21 miliar ini, adalah mobil anti-peluru hingga serangan udara atau mortar sekalipun! Mobil ini juga menyimpan tabungan darah dan oksigen yang dapat digunakan dalam keadaan darurat, keren banget ya.

Dan sudah pasti, di dalam mobil itu terdapat senjata ringan yang bisa digunakan Presiden AS jika terdesak. Sebut saja seperti shotgun, gas air mata, dan sebagainya.

Alasan Cadillac One ini diberi sebutan The Beast alias “Monster” oleh agen Secret Service adalah sasis yang mendukung performa mobil ini sejatinya sasis truk yang diperkuat baja 5 inci. Dirancang demikian karena beban yang harus ditanggung The Beast tergolong besar!

6. Thailand – Rolls Royce Phantom

Rolls Royce Phantom (Shutterstock).

Jangan ditanya, Kepala Negara Thailand memang punya koleksi mobil mewah. Karena mereka adalah keluarga kerajaan, dan belum lagi Raja Maha Vajiralongkorn sendiri adalah raja terkaya sejagad.

Bicara soal koleksi mobil mereka, Raja Vajiralongkorn memang lebih menyukai Rolls Royce, lebih tepatnya adalah seri Phantom.

Phantom merupakan salah satu varian Rolls Royce yang harganya menyentuh Rp 25 miliar. Phantom punya interior yang mewah dan menggunakan mesin V12 dengan kapasitas 6,75 liter!

Akselerasi 0-100 kilometer per jam capai 5,3 detik dengan kecepatan 250 kilometer per jam. Konsumsi bahan bakar pun gak bisa dibilang irit di jalan perkotaan mencapai 21,4 liter untuk 100 kilometer.

7. Inggris – Bentley State Limousine

Bentley State Limousine (Shutterstock).

Nah kalau yang termahal ternyata adalah mobil milik Kepala Negara Inggris, siapa lagi kalau bukan Ratu Elizabeth II. Mobil itu adalah Bentley State Limousine yang harganya US$ 15 juta atau Rp 215 miliar!

Mobil dinas berkelir merah hati itu dilengkapi dengan bodi anti-peluru dan tahan ledakan. Rodanya juga menggunakan kevlar yakni bahan serat sintetis yang sangat kuat. Kecepatan maksimumnya 208 kilometer (km) per jam. Kabarna, mobil ini diterima sang ratu pada tahun 2002 sebagai kado ulang tahun kenaikan takhtanya.

Bagian kabin belakang dipasang pegangan untuk memudahkan Ratu berdiri dengan tegak sebelum menginjakkan kaki ke tanah saat turun. Kabinnya juga dikabarkan lebih lega ketimbang Bentley lainnya.

Bentley limousine Ratu dipasang kaca khusus yang bening, sehingga orang di luar dapat melihat ke dalam kendaraan. Namun sayangnya, fitur keamanan mobil itu kerap dirahasiakan dengan alasan untuk kepentingan keamanan sang Ratu.

Itulah tujuh kepala negara di dunia dengan mobil mewahnya yang mahal dan anti-peluru.

Sejatinya gak heran kok kalau mobil mereka anti-peluru. Jadi kepala negara itu tingkat keselamatan diri sangat dipertaruhkan. 

Kebayang dong kalau mobil mereka adalah mobil Jepang biasa, tentunya teroris bisa dengan mudah menyerang. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan