Tampil Cantik Gak Melulu Mahal, Ini Rekomendasi Kosmetik Lokal yang Patut Dicoba

5 menit
Mineral Botanica, salah satu Kosmetik Lokal Berkualitas Premium dengan Harga Terjangkau
Kosmetik Lokal Berkualitas Premium dengan Harga Terjangkau

Sering dengar ungkapan karena cantik ga harus mahal kan? Itu ada benarnya lho girls. Sekarang ini banyak produk perawatan atau skincare yang menawarkan kelebihan mereka untuk kulit wajahmu. Tetapi siapa sangka kalau kosmetik lokal gak kalah bagusnya.

Memang, sebagian besar orang mengocek pengeluaran cukup besar hanya untuk perawatan wajah atau tubuh. Padahal, tidak semua yang mahal itu bagus, dan tidak semua yang harganya terjangkau itu jelek.

Beberapa brand kosmetik lokal yang sudah beredar luas disini sudah terbukti kok memiliki kualitas premium alias oke punya. Udah gitu kamu gak perlu susah payah mencarinya, di toko-toko kosmetik merek tersebut pasti terpampang jelas.

Pastinya semakin menghemat waktu dan biaya untuk mendapatkan merek lokal tersebut bukan? Apa aja sih merek-merek tersebut? kita simak yuk 7 kosmetik lokal berkualitas yang gak bikin kantongmu jebol ini.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Sariayu

Kosmetik lokal
Sariayu (Instagram).

Siapa disini yang belum pernah mendengar merek satu ini? Gak mungkin banget kayaknya ya. Sariayu merupakan salah satu kosmetik lokal yang mengangkat konsep bahan alami Indonesia, sehingga sudah dikenal di seluruh nusantara.

Kualitas produk yang gak kalah dengan kosmetik luar negeri, Sariayu masih mempertahankan eksistensi sebagai rahasia kecantikan wanita Indonesia.

Brand kosmetik ini berada di bawah naungan Martha Tilaar Group yang dipelopori seorang pengusaha wanita sukses asal Jawa Tengah, yaitu Dr. Martha Tilaar.

Keunikan dari brand ini adalah memberikan nama-nama produknya yang berhubungan langsung dengan Indonesia.

Nama-nama khas tanah air yang selalu diusung oleh brand ini memang mencerminkan seluruh produk Sariayu yang cocok untuk warna kulit para wanita Indonesia. Produk-produk Sariayu bisa kamu dapatkan mulai harga Rp 50 ribu hingga lebih.

2. Make Over

Kosmetik lokal
Make Over (Instagram).

Pasti kamu mengira ini adalah merek luar negeri. Salah besar! Make Over merupakan sister brand dari Wardah lho. Kualitasnya juga dijamin gak kalah dari brand internasional.

Make Over Cosmetic menyediakan berbagai jenis produk yang telah telah terbukti menjadi pilihan utama makeup artist. Baik untuk penggunaan sehari-hari, untuk kebutuhan panggung, juga komersial.

Dengan kemasan yang elegan dan didominasi oleh warna hitam, brand ini lebih memfokuskan ke produk make up yang cocok untuk penggunaan sehari-hari maupun profesional.

Hal ini dibuktikan dengan ketiga kalinya Make Over ditunjuk menjadi official makeup partner untuk Jakarta Fashion Week, termasuk tahun ini. Gak perlu mahal-mahal, produk Make Over dijual mulai dari Rp 50.000 – Rp 200.000 saja.

Baca juga: Ogah Bokek Usai Liburan? Begini Trik Mudah yang Patut Kamu Coba

3. Wardah

Kosmetik lokal
Wardah (Instagram).

Wardah salah satu merek kosmetik berlabel halal di Indonesia. Brand kosmetik ini berkomitmen penuh untuk menghadirkan produk-produk kecantikan yang sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Produk Wardah mengandung bahan baku yang aman dan halal, diciptakan untuk kenyamanan dan ketenangan wanita masa kini sejak usia 20 tahun.

Tidak hanya kosmetik, Wardah juga hadir dengan aneka varian produk skin care wajah dan tubuh serta perawatan khusus untuk haji dan umrah. Bahkan mulai dari Rp 15 ribuan kamu udah bisa mendapatkan produk kecantikan brand ini.

4. Mineral Botanica

Kosmetik lokal
Mineral Botanica (Instagram).

Mineral Botanica adalah produsen kosmetik, perawatan tubuh dan kulit asal Indonesia yang saat ini sedang populer. Walaupun brand lokal, mereka pun menawarkan produk-produk berkualitas tinggi.

Brand kosmetik dan skin care yang diproduksi di Bandung, Jawa Barat ini dikenal akan packaging produk-produknya yang menarik. Berbagai variasi produk makeup dan skin care dari Mineral Botanica ini bisa kamu dapatkan dengan range harga Rp 50.000 – Rp 200.000.

Mineral Botanica tetap diminati oleh para pecinta produk kecantikan tanah air meski belum memiliki toko resmi. Tetapi jangan khawatir, kamu bisa mendapatkannya secara online melalui situs resmi.

Baca juga: Sony Luncurkan RX0 II, Kamera Ultra Ringkas Premium Paling Kecil dan Ringan di Dunia

5. Purbasari

Kosmetik lokal
Purbasari (Instagram).

Mendengar nama Purbasari, yang terlintas pasti lulurnya yang fenomenal tersebut. Sempat gak kedengaran kabar, mendadak Purbasari membuat gebrakan dengan meluncurkan koleksi lipstik matte-nya yang selalu sold out!

Color Matte Lipstick dari Purbasari ini sering diulas oleh para beauty blogger kenamaan tanah air. Memiliki kualitas memuaskan dengan pigmentasi gak kalah dari brand kenamaan lain. Udah gitu harganya murah banget gak sampai Rp 50 ribuan kala itu.

Menyusul kesuksesan Color Matte Lipstick, pada tahun 2017 lalu Purbasari kembali meluncurkan produk lipstik matte yaitu Purbasari Hi-Matte Lip Cream yang juga menjadi perbincangan hangat para pecinta produk makeup tanah air.

Tak hanya lipstik dan lip cream, Purbasari juga menawarkan varian makeup lainnya seperti alas bedak, blush, pelembab, dan masih banyak lagi. Produk makeup dari Purbasari dibanderol dengan range harga Rp 35.000 – Rp 60.000 saja, lho!

6. Emina

Kosmetik lokal
Emina (Instagram).

Emina adalah produsen kosmetik lokal asal Indonesia yang sasaran pasarnya adalah para remaja. Produk yang dikemas menarik ini hadir sejak tahun 2014 silam. Dengan harga yang terjangkau, packaging yang menarik, dan warna-warna cerah sangat cocok digunakan untuk remaja apalagi yang baru belajar makeup.

Brand dengan desain logo bergambar hati ini mengeluarkan beragam produk makeup mulai dari lipstik, blush, serta aneka produk skin care dengan kemasan yang super cute. Produk makeup dan skin care dari Emina ini bisa kamu dapatkan dengan range harga Rp 15.000 – Rp 70.000 saja, lho!

Baca juga: 5 Alasan Berkunjung ke Hong Kong Disneyland pada Musim Liburan Tengah Tahun

7. Viva Cosmetics

Kosmetik lokal
Viva Cosmetics (Instagram).

Sejak tahun 1962 Viva Cosmetics terus berkembang menjadi salah satu kosmetik terkemuka di Indonesia. Keunggulan dari Viva Cosmetics adalah seluruh produknya memiliki kandungan yang diklaim sesuai dengan tipe kulit wanita yang tinggal di daerah tropis.

Salah satu produknya yang cukup terkenal adalah toner serta susu pembersih yang udah gak diragukan lagi khasiatnya. Gak cuma itu aja, Viva Eye Brow Pencil juga udah menjadi produk andalan yang digunakan selebgram maupun artis kenamaan lain.

Tidak hanya itu, Viva Cosmetics juga menawarkan berbagai varian lengkap skin care mulai dari body butter, lulur, sampai produk perawatan rambut seperti hair mask.

Murah kok produk makeup dan skin care berkualitas dari Viva Cosmetics ini bisa kamu dapatkan dengan range harga Rp 8.000 – Rp 60.000 saja, lho.

Itu tadi tujuh kosmetik lokal yang namanya sudah melang-langbuana di Indonesia. Bahkan kualitasnya udah gak perlu kamu ragukan lagi. Bukan cuma itu aja, harganya yang terjangkau menjadikan brand-brand tersebut laris manis di pasaran. Kira-kira kamu bakalan beli yang mana nih? (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be