Buka Puasa Berdua dengan Modal Rp 50 Ribu? Masak Aja 7 Menu Ini

6 menit
menu buka puasa

Bukan hal yang mustahil kok untuk menyantap menu buka puasa sampai kenyang dengan bujet Rp 50 ribu aja. Hal itu bisa terwujud kalau kamu menyantap tujuh menu ini.

Pokoknya, gak perlu ke restoran deh karena harga makanan di sana mahal. Selain itu, kamu juga gak perlu jajan di pinggir jalan. Kan belum tentu makanan yang mereka sajikan bersih dan sehat.

Cukup siapkan aja uang Rp 50 ribu untuk beli bahan baku di pasar, dan masak aja tujuh menu ini di rumah. Dijamin enak, sehat, kenyang!

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak resep menu buka puasa yang bisa kamu buat dengan bujet Rp 50 ribu ini.

Oh iya, tapi sebelumnya perlu dicatat ya kalau harga pembuatan satu menu di bawah ini belum termasuk garam, gula, minyak, air, merica, dan tepung ya. Enam bahan itu udah pasti ada dong di dapur kamu.

1. Tongkol balado

buka puasa
Tongkol balado (Tribunnews)

Sebagai menu buka puasa, ikan tongkol tentunya bisa jadi menu utama lantaran protein dan omega 3-nya tinggi. Berikut adalah bahan baku membuat tongkol balado.

– Tongkol frozen 1 kg Rp 27 ribu
– 3 buah cabe merah besar (buang bijinya) Rp 2 ribu
– 2 siung bawang merah Rp 5 ribu
– 1 siung bawang putih Rp 2.500
– 1 lembar daun salam Rp 500
– Garam
– Gula

Total: Rp 37 ribu

Cara membuat:

– Goreng tongkol terlebih dulu, dan tutup penggorengannya agar cepat matang.
– Tumis bumbu halus, kasih air sedikit, masukan tongkol, dan tambahkan garam serta gula secukupnya.
– Tes rasa, lalu angkat.

2. Sop ayam kentang

buka puasa
Sop ayam kentang (Liputan 6)

Menu buka puasa yang satu ini juga sehat dan mengenyangkan. Kalau kamu memang lagi diet menurunkan berat badan, kamu gak perlu nyediain nasi karena sudah ada kentangnya. Berikut bahan baku yang kamu butuhkan

– 200 gram kentang: Rp 5.066
– 2 siung bawang putih: Rp 5.000
– 100 gram wortel: Rp 5.000
– 250 gram daging ayam: Rp 10.000
– 1 tangkai seledri: Rp 2.500
– 1 batang daun bawang: Rp 2.000

Total: Rp 29.566

Cara membuat:

– Tumis bumbunya hingga wangi.
– Tambahkan satu sendok teh garam dan merica, serta satu liter air.
– Masukkan sayur dan daging ayamnya. Aduk rata.
– Angkat, sajikan selagi hangat.

3. Bubur Manado

buka puasa
Bubur Manado (Liputan 6)

Biar kata bubur, Bubur Manado beda sama yang lain. Menu ini cukup sehat dan mengenyangkan. Pastinya cocok untuk jadi menu buka puasa buat berdua. Berikut bahan baku yang harus kamu siapkan.

– Quaker Oats warna biru: Rp 11.600 (kemasan 200 gr)
– 100 gram ubi merah: Rp 6 ribu
– 50 gram bayam: Rp 1.000
– 50 gram kangkung: Rp 1.000
– 50 gram daun kemangi Rp 2.000

Total: Rp 21.600

Cara membuat:

– Rebus ubi merahnya sampai empuk.
– Masak kangkung dan bayamnya setengah matang.
– Masak Quaker Oats dengan tambahan garam secukupnya.
– Campurkan semuanya, tambah daun kemangi, dan aduk hingga rata.
– Tes rasa, lalu sajikan.

4. Sayur Capcay

buka puasa
Sayur Capcay (Merdeka)

Capcay juga bisa jadi menu buka puasa yang sehat dan mengenyangkan. Komposisi sayurnya tentu bakal jadi sumber serat yang bisa membersihkan usus. Berikut bahan bakunya.

– Daging ayam 250 gram Rp 10.000
– Buncis 250 gram Rp 2.500
– Wortel 100 gram iris bulat Rp 5.000
– Kol 250 gram Rp 3.000
– Bawang putih 3 siung Rp 5.500
– Telur ayam 1 butir Rp 2.000
– 1.300 ml air
– 1 sendok makan minyak goreng
– Garam secukupnya

Total: Rp 28.000

Cara membuat:

– Potong-potong daging ayam, buncis, wortel, dan kol terlebih dulu.
– Tumbuk bawang putih, dan masukkan ke dalam wajan yang sudah diisi minyak goreng.
– Buat orak-arik telur.
– Buat juga kaldunya berupa rebusan air dengan tulang ayam.
– Masukkan ayamnya ke wajan, tuang kaldunya sedikit, dan masak hingga bumbunya meresap.
– Masukkan sayur-sayurannya ke wajan, masak sampai matang dan hidangkan.

5. Nasi liwet

buka puasa
Nasi Liwet (LINE)

Nasi liwet yang satu ini cukup praktis lantaran masaknya di teflon aja. Cocok buat menu buka puasa juga karena dari sisi penyajian gak ribet. Berikut bahan bakunya.

– 2 piring nasi dingin Rp 6 ribu
– Teri medan 137 gram Rp 14.000
– 6 ekor cumi asin Rp 8.000
– 2 buah cabe merah Rp 2 ribu
– 2 buah cabe rawit merah Rp 6 ribu
– 2 buah batang serai geprek Rp 4 ribu
– 1 buah daun salam Rp 500
– 3 siung bawang merah Rp 7 ribu
– 1 siung bawang putih Rp 2.500
– secukupnya Garam
– 75 ml air matang

Total: Rp 50 ribu

Cara membuat:

– Goreng teri (jangan sampai kering), iris cumi asin lalu goreng sebentar. Sisihkan semuanya.
– Iris bawang merah, putih, cabe merah & rawit.
– Tumis irisan bawang, cabe, daun salam, serai sampai harum.
– Lalu masukkan cumi dan teri medan, aduk sebentar.
– Masukkan nasi dingin, aduk rata sampai air meresap. Aduk dengan api kecil. Taburi garam.
– Setelah air meresap dan tekstur nasi sudah pulen, aduk lagi, tes rasa, angkat, dan sajikan.

6. Bakso tahu udang

buka puasa
Bakso tahu udang (Vemale)

Nah kalau yang ini enak buat dicocol sambal, dan makan pakai nasi. Buat menu buka puasa atau takjil pun sebenarnya bisa sih. Berikut bahan bakunya.

– 125 gram udang frozen Rp 15 ribu
– 2 potong tahu ukuran jumbo Rp 7 ribu
– 1 butir telur ayam Rp 2 ribu
– 2 sendok makan tepung maizena Rp 6 ribu

Bumbu:

– 3 siung bawang putih Rp 5.500
– Secukupnya garam
– Secukupnya lada Rp 6.500
– Secukupnya kaldu bubuk Rp 7 ribu

Total: Rp 49 ribu

Cara membuat:

– Haluskan bawang putih, lada, dan garam.
– Masukkan udang bersama dengan bumbu yg telah halus. Ulek di cobek.
– Masukkan tahu dan haluskan juga bersama udang dan bumbu yg telah dihaluskan.
– Tambahkan dua sendok makan tepung maizena dan satu butir telur ayam, kemudian tambahkan sedikit kaldu bubuk, uleni hingga merata.
– Panaskan minyak dengan api sedang dan mulai menggoreng sedikit demi sedikit.
– Tiriskan dan siap disajikan.

7. Ayam geprek tanpa tepung

buka puasa
Ayam geprek tanpa tepung (Cookpad)

Daripada jajan ayam geprek di luar yang kepedesan atau malah kurang pedes, mending bikin aja sendiri di rumah. Oh ya, sekedar saran nih kalau buka puasa pakai ayam geprek, lebih baik jangan pedes-pedes banget ya. Nanti perutnya kaget. Berikut bahan baku membuat ayam geprek.

– 250 gram daging ayam Rp 10.000
– 1 buah timun Rp 6 ribu
– 1 ikat kemangi Rp 2 ribu
– 1 buah tahu putih iris2 dan goreng Rp 6 ribu

Bumbu geprek :

– 3 butir bawang merah Rp 7 ribu
– 1 butir bawang putih Rp 5 ribu
– 6 cabe rawit: Rp 9.500
– Secukupnya trasi Rp 4.500
– Secukupnya garam

Minyak goreng bekas goreng ayam

Total: Rp 50.000

Cara membuat:

– Potong-potong daging ayamnya, cuci bersih, dan lumuri jeruk nipis bila ada.
– Goreng ayam sampai kecokelatan.
– Haluskan semua bahan bumbu geprek.
– Lalu tuang sedikit minyak goreng ke bumbu di ulekan. Taruh ayam yang udah mateng. Geprek di atas sambal bawang, dan sajikan.

Mau buka puasa pakai menu yang mana nih?

Itulah tujuh menu buka puasa yang bisa kamu buat sendiri dengan bujet maksimal Rp 50 ribu. Dengan bujet segitu, tentunya buka puasa bareng suami atau istri di rumah jadi makin sip.

Proses masaknya juga gak memakan waktu lama kok. Kamu bisa buat di sore hari.

Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa!

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.