Untungnya Capai Rp 3.366 Triliun! Ini Deretan Merek Mobil Terbesar di Dunia

4 menit
merek mobil
Untungnya Capai Rp 3.366 Triliun! Ini Deretan Merek Mobil Terbesar di Dunia, (ILustrasi/Shutterstock).

Industri otomotif dunia menjadi salah satu pemicu pergerakan ekonomi paling kuat saat ini hampir di seluruh negara. Hal tersebut bisa dilihat dari pertumbuhan pasar serta keuntungan yang mereka dapatkan setiap tahunnya. Penasaran merek mobil apa aja yang mendapatkan cuan paling gede?

Selama ini kita mengetahui bahwa pangsa otomotif dunia masih diisi oleh para produsen asal negara maju seperti Jepang, Jerman dan Amerika Serikat. Gak heran kalau mobil-mobil keluaran pabrik negara tersebut mengaspal di seluruh dunia. 

Bahkan gak sedikit lho banyak orang yang sangat fanatik dengan merek mobil keluaran negera-negara maju terebut. Sebut aja, Toyota yang gak lain asal Negeri Sakura ini banyak mengaspal di belahan dunia. 

Ketiga negara tersebut emang memiliki pabrikan mobil paling banyak di antara yang lainnya. Nama-nama seperti Mercedes-Benz, Honda dan Ford pasti udah sering kamu lihat mobilnya berlalu lalang di jalanan ibu kota.

Nah, daripada panjang lebar lagi mendingan kita langsung lihat aja yuk 7 daftar merek mobil terbesar di dunia berdasarkan pendapatan yang dikumpulkan berikut ini. 

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

7. Honda – Rp 840 triliunan

merek mobil
Honda masuk dalam jajaran pabrikan mobil terbesar di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengutip dari Largest Org, pabrikan mobil pertama yang masuk dalam daftar adalah Honda. Honda yang merupakan pabrikan asal Jepang ini berdiri di tahun 1946. Perusahaan yang satu ini bisa dibilang menjadi pemimpin di jenis kendaraan keluarga serta city car.

Beberapa produk laris manis terjual di Indonesia maupun dunia adalah Honda Jazz, CR-V dan Civic Turbo andalan mereka yang baru aja rilis beberapa tahun belakangan. Agar dapat menggenjot pamornya pabrikan ini juga memilih eksis kembali di ajang balap mobil paling bergengsi yakni F1 pada tahun 2015 sebagai penyuplai mesin.

Keuntungan yang berhasil diraih oleh pabrikan mobil Honda tercatat sekitar US$ 60 miliar atau setara Rp 840 triliunan.

Baca juga: Saingi Avanza, Bawa Pulang Renault Triber Cukup Siapkan DP Sebesar Rp 3 Juta Aja

6. BMW – Rp 1.009 triliunan

merek mobil
BMW masuk dalam jajaran terbesar di dunia nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya pabrikan asal daratan tanah Eropa yakni BMW. Bayerische Motoren Werke AG atau lebih dikenal BMW, merupakan salah satu pabrikan mobil yang berdiri sejak 1916 di kota Munich.

Nama produknya paling beken seperti BMW M3, M5 dan 320i merupakan yang paling banyak dicari orang buat dikoleksi sebagai kendaraan pribadi. Selain itu ada juga model i8 yang bisa dibilang ramah lingkungan karena memanfaatkan teknologi Hybrid.

Total penjualan yang berhasil dibukukan oleh BMW mencapai US$ 72 miliar atau setara Rp 1.009 triliunan.

Baca juga: Pengin Boyong Mobil Legendaris Suzuki Jimny? Siapkan Kocek Rp 315 Juta!

5. Daimler AG – Rp 1.121 triliunan

merek mobil
Daimler AG masuk dalam jajaran pabrikan mobil terbesar di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Masih berada di Jerman ada Daimler AG yang merupakan perusahaan induk dari merek mobil mewah Mercedes Benz. Korporasi ini didirikan pada tahun 1926 di kota Stuttgart.

Daimler sendiri memiliki beberapa anak perusahaan selain Mercy yakni AMG yang memiliki spesialisasi di mobil kencang dan Smart buat kendaraan ramah lingkungan karena memanfaatkan tenaga baterai.

Tercatat total keuntungan Daimler AG dalam penjualan merek ini mencapai nominal US$ 80 miliar atau setara Rp 1.121 triliunan.

4. Volkswagen Group – Rp 1.640 triliunan

merek mobil
VW merupakan merek terbesar di dunia dengan keuntungan cukup banyak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Lagi-lagi dari perusahaan Jerman berada di jajaran pabrikan mobil terbesar di dunia. Volkswagen Group yang berdiri dari tahun 1937 di kota Wolfsburg gak mau kalah dengan merek lainnya. Gak Cuma VW, mereka juga memiliki lisensi dari brand lain seperti Audi, Porsche dan Lamborghini lho.

Di tahun 2015 lalu perusahaan ini sempat mengalami skandal emisi terbesar sepanjang sejarah dengan total denda yang harus dibayarkan mencapai Rp 39 triliunan ke pihak berwenang.

Walau demikian arus cuan yang masuk ke Volkswagen Group ternyata masih tetap banyak mencapai US$ 117 miliar atau setara Rp 1.604 riliunan.

3. Fiat Chrysler  – Rp 1.821 triliunan

merek mobil
Fiat masuk dalam deretan pabrikan mobil terbesar di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Masuk di urutan ketiga ada perusahaan yang dibentuk secara merger yakni Fiat dan Chrysler pada tahun 2014 lalu. Beberapa brand mobil yang dimiliki oleh perusahaan ini di antaranya Maserati, Dodge dan Alfa Romeo. Nah, deretan nama mobil tersebut termasuk golongan mewah nih. 

Fiat Chrysler berhasil masuk di urutan ketiga dengan pendapatan sekitar US$ 130 miliar atau setara Rp 1.821 triliunan.

2. Ford – Rp 2.102 triliunan

merek mobil
FIAT salah satu pabrikan mobil terbesar di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Akhirnya datang dari Negeri Paman Sam, siapa lagi kalau Ford yang sempat singgah di Tanah Air beberapa waktu lalu. Korporasi ini punya kantor pusat di Michigan.

Nama produk mobil yang berhasil menembus pasar dunia antara lain adalah Ford Fiesta, Ford Everest dan Ford Focus.

Pendapatan yang berhasil dibukukan oleh Ford mencapai US$ 150 miliar atau setara Rp 2.102 triliunan.

1. Toyota – Rp 3.366 triliunan

merek mobil
Toyota salah satu merek terbesar dengan keuntungan mencapai Rp 3.366 triliun lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bertengger di posisi puncak ada Toyota yang gak lain pabrikan asal Jepang dan udah berdiri sejak 1937 lalu. Di Indonesia sendiri merek mobil ini masih menjadi salah satu raja di industri otomotif.

Produk yang berhasil sukses di pasaran adalah Toyota Innova, Avanza dan Toyota Fortuner. Kamu punya salah satunya?

Dengan pasar yang begitu luas Toyota udah berhasil meraih keuntungan total sebanyak US$ 240 miliar atau setara Rp 3.366 triliunan. Gak heran kalau pabrikan asal Jepang ini menduduki sebagai merek mobil terbesar dengan keuntungan mencapai Rp 3.366 triliun lho. 

Nah, itulah ketujuh merek mobil terbesar di dunia berdasarkan keuntungan yang didapatkan. Dari ketujuh nama tersebut mana nih yang kira-kira pengin kamu beli atau mobil idaman kalian? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1