Banner ImageBanner Image

7 Orang Kaya di Dunia Ini Punya Kebiasaan Belanja Hemat, Siapa Saja Mereka?

5 menit
Keira Knightley (Shutterstock).

Bukan berarti semua orang kaya di dunia ini harus belanja barang mahal. Kebanyakan miliuner di dunia ini justru melakukan hal yang sebaliknya.

Kali ini, kita bakal mengulas lebih dalam seputar perspektif para miliuner di dunia soal belanja. Gak cuma miliuner di zaman now ya, MoneySmart juga bakal menghadirkan pendapat para miliuner legendaris yang mungkin sudah wafat.

Tujuannya gak lain adalah biar kamu makin termotivasi untuk hidup hemat dan tahu mana yang menjadi kebutuhan serta keinginan.

Ingin tahu lebih lanjut? Simak ulasannya di bawah sini yuk.

Baca juga: Mengenal Sosok Nilam Sari, Wanita Tangguh Dibalik Suksesnya Kebab Baba Rafi

1. John D. MacArthur

John D. MacArthur (Wikipedia).

Pria yang sudah wafat di tahun 1978 silam ini, adalah pengusaha Amerika Serikat yang sukses di dunia finansial. Dia membeli Bankers Life and Casualty Company di tahun 1935.

Dan setelah itu dia pun mengembangkan sayap bisnisnya dengan mengakuisisi perusahaan asuransi-asuransi skala kecil. Kabarnya, total kekayaannya saat itu sudah mencapai US$ 1 miliar! Bayangin, era Perang Dunia II seseorang punya harta sebesar itu mah sudah pasti dianggap crazy rich.

MacArthur punya filosofi unik dalam hidup hemat dan belanja. Walau kaya raya, dia justru tinggal di hunian yang sederhana, gak pernah beli kapal pesiar mewah atau mobil mahal. Setiap tahun, dia hanya menganggarkan dana sebesar US$ 25 ribu saja untuk hidup. Gak lebih dari itu.

Dia bahkan pernah bilang, “kalau saya bisa mendapatkan berlian berkualitas di tempat pegadaian, ngapain saya harus beli yang mahal seperti yang dijual di toko.”

2. Rose F. Kennedy

Rose F. Kennedy (Pinterest).

Perempuan ini adalah seorang istri crazy rich Amerika Serikat sekaligus ibunda dari mendiang mantan Presiden John F Kennedy.

Meskipun tajir melintir, perempuan ini terkenal sangat perhitungan soal membeli barang mahal. Dan gaya hidup hemat beliau kerap dikatakan “eksentrik” oleh kalangan sosialita Negeri Paman Sam, pada eranya.

Kabarnya, saat muda dia punya kebiasaan menukar pakaian lamanya dengan pakaian temannya yang memiliki postur tubuh yang sama dengannya. Alhasil, Rose bisa dapat baju baru di lemari pakaiannya tanpa harus belanja baju baru di pusat perbelanjaan.

Baca juga: Belajar Kesuksesan Berbisnis dari Sosok Rika Hardjosuwarno, Pemilik Kembang Kencur

3. Zong Qinghou

Zong Qinghou (Forbes).

Pria ini adalah orang terkaya ke 18 di Cina versi Forbes. Dia adalah pemilik perusahaan minuman raksasa, Wahaha Group dengan total kekayaan US$ 8,4 miliar atau Rp 117 triliun.

Sebelum jadi crazy rich, Qinghou hanyalah seorang penjaga toko yang hidup dengan upah Rp 100 ribuan sehari. Kabarnya, dia sama sekali gak pernah keluar duit lebih dari Rp 50 ribu buat beli sepatu dan pakaian! Itu di tahun 1980an lho ya, bukan di tahun ini.

Ketika diwawancarai oleh media, Qinghou pernah bilang kalau, “gak akan ada orang yang tahu berapa harga pakaian yang saya pakai, apakah itu US$ 160 atau US$ 16. Makanya saya gak pernah belanja baju mahal.”

Gak cuma soal belanja baju, soal makan pun dia gak neko-neko lho. Ketimbang makan mahal, dia lebih milih makan sayuran dan tahu doang, makannya pun di kantin kantornya sendiri ketimbang di kafe-kafe.

4. Ingvar Kamprad

Pendiri IKEA, Ingvar Kamprad (CNN).

Pendiri IKEA yang satu ini memang belum lama ini meninggal dunia. Dan gak sedikit media yang menyebutkan bahwa Kamprad adalah seorang miliuner yang super sederhana.

Pria asal Swedia ini mungkin gak kelihatan kayak orang tajir pada umumnya. Dia tinggal di rumah kecil, dan sering mengunjungi pasar swalayan setempat di momen tertentu untuk berburu diskon.

Untuk urusan belanja pakaian, dia juga dikabarkan sering belanja di pasar kaget. Dan walau dia punya uang yang cukup untuk membeli pesawat pribadi, Kamprad ternyata lebih memilih terbang dengan penerbangan kelas ekonomi saja.

Baca juga: Gak Sampai Rp 50 Ribu, Hand & Body Lotion Murah Ini Bikin Kulitmu Makin Lembut

5. Keira Knightley

Keira Knightley (BBC).

Meskipun sering tampil sebagai salah satu selebriti yang sukses di dunia perfilman, perempuan yang membintangi film Pirate of Carribean ini justru memilih hidup sederhana.

Istri dari James Righton ini dikabarkan mengantongi kekayaan US$ 50 juta atau Rp 679 miliar. Tapi dalam setahun, anggaran pengeluarannya untuk belanja dibatasi maksimal US$ 50 ribu atau Rp 679 juta.

Ya buat kita tentu uang segitu udah lumayan gede ya. Tapi ya biaya hidup di Amerika gak sedikit, belum lagi untuk memenuhi gaya hidupnya sebagai seleb.

6. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg (Instagram/zuck)
Mark Zuckerberg (Instagram/zuck)

Pendiri Facebook ini adalah salah satu orang terkaya di dunia yang punya kekayaan Rp 1.006 miliar. Tapi, sering terlihat bahwasannya dia gak memang kurang jago dalam urusan belanja pakaian. Jelas banget bahwa gak jarang dia terlihat mengenakan t-shirt yang sama ketika tertangkap di media.

Zuck memang mengoleksi t-shirt abu-abu keluaran Brunello Cucinelli yang harganya US$ 300. Bayangkan saja dia punya t-shirt yang sama dalam jumlah yang banyak. Buat kita mungkin mahal, tapi buat Zuck tentu saja murah.

Alasan dia gak mengoleksi pakaian mahal lainnya adalah karena dia gak ada kesempatan untuk memikirkan hal itu. Dia mengaku setiap hari dia harus melayani miliaran orang, dan kiranya dia menghabiskan waktu buat membeli atau mikirin mau pakai baju apa, dan lain sebagainya, itu adalah tindakan yang sembrono.

7. Warren Buffett

Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett. (Instagram/@warren_buffett_fans)
Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett. (Instagram/@warren_buffett_fans)

Nah, orang terkaya ketiga di dunia ini juga sering dicap sederhana. Dia hidup di rumah pertamanya, dia menjatah uang sarapannya sehari, hingga mengendarai mobil sederhana.

Tapi untuk urusan belanja, sehemat apa sih opa Warren Buffett ini?

Ternyata, dia sendiri adalah orang yang ogah gonta-ganti ponsel dan komputer. Menurutnya jika masih bisa dipakai ngapain harus ganti? Bener juga ya.

Itulah tujuh perspektif orang-orang tajir di dunia ini soal belanja. Intinya, semua dari mereka jago dalam urusan menentukan mana yang jadi keinginan dan kebutuhan.

Jika memang gak butuh, ya buat apa dibeli. Jika memang masih bisa dipakai, ngapain harus diganti. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan