Pelesiran di Bulan Ramadan? Kenapa Enggak! Ini 10 Objek Wisata Terbaik yang Bikin Betah

4 menit
Bulan Ramadan isi dengan kegiatan menyenangkan seperti jalan-jalan ke objek wisata ini (Shutterstock).
Bulan Ramadan isi dengan kegiatan menyenangkan seperti jalan-jalan ke objek wisata ini (Shutterstock).

Melakukan ibadah puasa bukan berarti membuat kamu berdiam diri saja dong? Gak ada salahnya kalau melakukan kegiatan menyenangkan seperti berlibur ke objek wisata seru. Bulan Ramadan disinyalir sebagian besar orang menjadi waktu yang menarik untuk jalan-jalan.

Takut kelelahan? Buang deh jauh-jauh pemikiran ini. Karena kalau kamu pandai mengatur strateginya pelesiran di bulan Ramadan itu menyenangkan banget. Bahkan gak ada deh asalan karena sedang puasa jadi kamu gunakan waktumu yang berharga untuk malas-malasan.

Apalagi kalau kamu melakukan perjalanan ke negara-negara yang memiliki tradisi unik selama bulan puasa. Kan rugi banget kalau kamu hanya berdiam diri di kamar aja. Masih ragu mulai pelesiran di bulan penuh berkah ini? Coba deh simak objek wisata berikut yang dijamin bikin kamu jadi semangat kesana.

Baca juga: Mulai dari Pantai Sampai Mata Air, Ini Deretan Objek Wisata di Malang yang Kekinian Banget

Kuala Lumpur, Malaysia

Objek wisata
Masjid Putra Jaya, Malaysia (Shutterstock).

Gak usah pergi yang jauh-jauh dulu kalau memang malas. Coba saja datangi negara tetangga yaitu Malaysia. Sebagai negara yang mayoritas warganya adalah Muslim, tentu pelesiran kesini gak bikin kamu merasa jetlag.

Perbedaan waktu yang hanya satu jam dengan Indonesia ini tentu gak bikin kamu kesulitan berbuka puasa. Selain itu, selama bulan Ramadan ada banyak festival yang bikin liburanmu makin berwarna.

Bandar Seri Begawan, Brunei

Objek wisata
Masjid Sultan Omar Ali Saifudding, Bandar Seri Begawan, Brunei (Shutterstock).

Setelah Malaysia, negara di Asia Tenggara berikutnya yang wajib kamu datangi saat Ramadan yaitu Brunei Darussalam. Suasana bulan puasa di Bandar Seri Begawan bakal ramai banget lho!

Dari waktu subuh hingga buka puasa kamu bakal merasakan nuansa agamis di negara ini. Bahkan buat kamu pecinta kuliner Timur Tengah, cocok deh datang kesini karena bakal terpuaskan banget.

Baca juga: Sail Nias 2019 Dorong Sumut Jadi Gerbang Destinasi Wisata Bahari Kelas Dunia

Istanbul, Turki

Objek Wisata
Masjid Ortakoy di Istanbul, Turki (Shutterstock).

Istanbul merupakan kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan setelah pulang umroh. Banyak sekali daya tarik yang bisa kamu temui di kota trans benua ini. Gak cuma keindahan panorama alamnya aja yang mampu menyihir pandanganmu, tetapi budaya dan kuliner juga menjadi alasan wajib pelesiran kesini.

Terlebih lagi jika bulan Ramadan, Turki semakin ramai dengan pasar sore yang menghadirkan sajian menu buka puasa yang menggoyang lidah. Sebagai negara dengan mayoritas muslim, suasana puasa di kota ini juga syahdu banget lho guys. Apalagi kamu bisa menikmati senja di perbatasan daratan Asia dan Eropa yang begitu indah.

Marrakesh, Maroko

Objek wisata
Marrakesh, Maroko (Shutterstock).

Mendapat julukan kota merah, Marrakesh memiliki pemandangan gedung, bangunan maupun rumah penduduk yang didesain berwarna merah. Marrakesh merupakan salah satu kota bersejarah berjarak sekitar 400 kilometer dari Rabat.

Di kota ini terdapat kekayaan budaya dan tempat wisata yang menjadi destinasi utama bagi turis mancanegara, khususnya Eropa. Selain itu, keindahan kota Marrakesh itu menjadikannya pilihan utama sebagai tempat penyelenggaraan berbagai konferensi dan pertemuan-pertemuan internasional di Maroko.

Sama seperti Malaysia, masyarakat Maroko akan menggelar berbagai festival selama Ramadan. Mulai dari kuliner Timur Tengah hingga lomba mengaji. Gak cuma itu aja, dari perlombaan tersebut juga bakal mendapat hadiah serta doorprize menarik lainnya.

Baca juga: Di Bawah Rp 100 Ribuan! Ini Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Miliki

Riyadh, Arab Saudi

Objek wisata
Suasana malam di Riyadh, Arab Saudi (Shutterstock).

Kalau ke kota ini enaknya ya sambil ibadah umroh ya. Kamu jadi tahu bagaimana rasanya berpuasa di tanah suci Mekkah Madinah. Meski memiliki perbedaan jam, dimana jauh lebih lamban Riyadh empat jam ketimbang Indonesia, kota ini sangat menarik disinggahi.

Meski berbeda suhu, bukan alasan kamu untuk gak mengunjungi kota ini ya. Justru kalau bisa saat Ramadan seperti saat ini adalah waktu yang pas untuk beribadah umroh. Karena suasananya pasti bakalan berbeda banget dari Indonesia.

Astana, Kazakhstan

Objek wisata
Astana, Kazakhstan (Shutterstock).

Kazakhstan memang bukan negara yang menjadi destinasi wisata mainstream pada umumnya, tetapi kamu layak mencobanya kok. Apalagi saat Ramadan, sekali seumur hidup kamu perlu coba singgahi kota Astana ini.

Astana merupakan ibu kota yang cukup unik, karena kamu bisa merasakan aura kota modern bercampur dengan tradisional yang kenal keislamannya. Cocok banget buat menambah wawasan serta pengalaman religimu disini.

Male, Maldives

Objek wisata di Male, Maldives yang berupa pantai
Wisata di Male, Maldives yang berupa pantai (Shutterstock).

Mendengar kata Maldives, yang kamu bayangkan pasti keindahan pantai dan resor mewahnya. Eits, jangan salah, Maladewa merupakan negara Muslim yang juga memiliki destinasi wisata religi.

Maladewa merupakan negara kepulauan dengan jumlah 1.200 pulau kecil yang sebagian besar adalah atol, alias gugusan pulau karang. Di tahun 2009, presiden Maladewa saat itu yakni Mohamed Nasheed memberlakukan peraturan baru. Investor asing diizinkan untuk tinggal dan membangun resor, villa atau penginapan dengan syarat harus sesuai dengan syariat Islam.

Resor maupun restoran diizinkan menjual alkohol dan daging babi. Bahkan turis bebas melakukan kehidupan malam di sini. Tetapi hanya sebatas di area resor atau restoran tersebut saja. Di luar itu, turis gak bakalan bisa menemukan alkohol lagi.

Juga pada saat Ramadan seperti saat ini, kamu bisa menyaksikan banyak parade budaya masyarakat lokal lho. Jadi gak cuma menikmati keindahan pantai seperti bulan-bulan biasanya aja.

Nah itu tadi beberapa objek wisata yang pas banget buat kamu kunjungi saat Ramadan. Negara mana nih yang bakal kamu datangi? Pastikan bujetnya sesuai dan gak usah menghambur-hamburkan uang selama disana ya. Selamat berpuasa dan liburan! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!