Ini 7 Cara Strategi Bisnis yang Paling Mantul Kamu Lakukan di Era Digital

4 menit
Ini 7 Cara Strategi Bisnis yang Paling Mantul Kamu Lakukan di Era Digital, (Ilustrasi/Shutterstock).

Zaman semakin berubah dan udah saatnya bagi era digital mempengaruhi cara berpikir banyak orang. Salah satunya gimana memiliki strategi bisnis yang mantul di era digital seperti sekarang ini.

Buat kamu yang udah menjalani sebuah usaha maupun bisnis, baik itu kecil atau skala besar pastinya memiliki “kuda-kuda” dalam melangkah. Selain melihat peluang bisnis yang ada, saat ini yang namanya pintu perdagangan terbuka banget nih antar negara di dunia.

Seperti dikutip dari Jurnal.id, Jumat, (15/3/2019), peluang bisnis emang bisa terlihat dari mana aja namun ketika peluang-peluang itu berdatangan di depan mata mu, mau gak mau pasti yang namanya kompetitor bakal bermunculan nih.

Nah, oleh karena itu penting banget yang namanya strategi bisnis di era digital sekarang ini. Cuma mirisnya banyak nih para pengusaha yang gak “peka” dengan perubahaan zaman yang udah serba digital.

Di era digital seperti sekarang ini tentunya bakal memudahkan banget nih bagi pelaku bisnis sekarang ini. Maka dari itu pengetahuan soal strategi sangat diperlukan sekali bagi orang-orang yang udah menjalankan bisnis.

Ini nih cara-cara mantul dalam strategi bisnis di era digital, pengin tahu? Yuk, kita intip bareng-bareng di bawah ini:

Baca juga: 3 Tips Digitalisasi Bisnis Supaya Kamu Gak Gaptek

1. Manfaatkan kecanggihan teknologi

Melek teknologi di era digital seperti sekarang ini sangat penting banget nih buat kelangsungan bisnis mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yang namanya era digital mau gak mau kamu mesti melek teknologi nih. Nah, maka dari itu mesti tahu gimana memanfaatkan teknologi yang tengah berkembang saat ini demi menjalankan bisnis mu ini.

Hal ini cukup membantu kamu yang tengah menjalankan sebuah bisnis, apalagi banyaknya kompetitor bermunculan dan mesti bersaing di bidang bisnis yang sama, dirimu mesti paham akan teknologi. Teknologi justru bakal memudahkan mu dalam menjalankan usaha maupun bisnis lho di era digital sekarang ini.

Baca juga: 3 Rekomendasi Bisnis Ayam Geprek, Modalnya Mulai dari Rp 8 Jutaan Aja

2. Kekuatan social media

Manfaatkan media sosial buat berbisnis gak ada salahnya nih di era digital seperti sekarang ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, yang namanya media sosial udah pasti kamu gak bakal “gaptek” ya kan? Instagram, Facebook hingga Twitter bisa kamu manfaatkan sebagai strategi bisnis. Dengan menggunakan kekuatan sosial media, udah pasti bakal memudahkan bagi pengusaha buat menjalankan usaha.

Mulai dari promosi hingga product knowledge ke konsumen bakal tersampaikan. Di sosial media kamu pun juga bisa langsung berinteraksi langsung dengan calon pembeli atau pelanggan tetap mu.

Baca juga: Mau Sukses Usaha dan Karier? Ini 5 Nasihat dari Putra Orang Terkaya di RI

3. Menggunakan digital marketing

Manfaatkan digital marketing demi kelancaran bisnis mu di zaman ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain media sosial, digital marketing juga bisa lho kamu manfaatkan dalam mempromosikan usaha mu. Sangat penting sih menggunakan jasa agency buat menggunakan digital marketing ini.

Di sini kamu gak perlu bingung mesti gimana demi menjalankan usaha mu agar tetap moncer dan laku keras pastinya.

4. Mobile friendly

Mobile friendly sangat penting lho demi kelancaran bisnis mu di era digital sekarang ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, tingginya pengguna ponsel pintar saat ini emang udah jelas kamu bakal mendapatkan pelanggan dari pengguna smartphone saat ini. Maka dari itu yang namanya strategi pemasaran bisnis mu mesti menggunakan tampilan mobile friendly.

Dengan cara ini, bisnis kamu bakal banyak dilihat oleh orang-orang. Oleh karena itu kamu mesti memiliki design website yang sangat menarik dan friendly banget buat user.

5. Manfaatkan aplikasi

Manfaatkan aplikasi sebagai strategi bisnis mu di era digital seperti sekarang ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain kekuatan media sosial, sekarang juga banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan langkah kamu dalam berbisnis. Maka dari itu, zaman serba digital ini gak ada salahnya nih bisnis mu menggunakan aplikasi.

Maka dari itu, calon pembeli bakal mudah mendapatkan produk yang kamu jual. Oleh karena itu mesti cari developer lokal agar paham dengan market yang kamu tuju. 

6. Inovasi

Inovasi juga mengambil peranan penting bagi kelangsungan bisnis mu di era digital seperti sekarang ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini juga penting nih buat yang menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang ini. Inovasi merupakan kunci utama yang mantul banget buat pengusaha dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis.

Jangan sampai kamu gak punya inovasi dan bisnis gak berjalan mulus. Misalkan bikin promosi yang semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik melihat toko jualan mu.

7. Berikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan

Berikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan di era digital seperti sekarang ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini juga sangat penting sih bagi kamu yang menjalankan bisnis di era digital sekarang ini. Memberikan pelayanan yang baik salah satu cara strategi bisnis yang mantul banget di era digital.

Pasalnya nih, kamu udah bergerak di era yang serba canggih, mulai merespons pelanggan hingga menyediakan barang. Maka dari itu mesti banget memberikan pelayanan yang baik bagi calon pembeli maupun pelanggan tetap mu.

Nah, itu dia ketujuh strategi bisnis yang mantul bisa kamu lakukan di era digital seperti sekarang ini. Semakin kamu cerdas memanfaatkan ketujuh hal di atas yang namanya cuan atau keuntungan pasti bakal mengikuti kesukesan bisnis mu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!