Banner ImageBanner Image

7 Kisah Superhero DC Comic Ini Bisa Memberikanmu Pelajaran Finansial Lho

5 menit
Superhero DC Comic. (Shutterstock)

Bukan cuma Marvel yang punya banyak superhero terkenal, superhero DC Comic juga ada banyak dan gak sedikit dari mereka yang kisah atau sifatnya bisa memberimu pelajaran finansial.

Film-film DC memang kental dengan nuansa yang dark, dan gak se-kasual Marvel. Tapi dari segi cerita, DC Comic gak kalah seru.

Karakter-karakter DC Comic rata-rata dipenuhi oleh superhero yang punya cerita kelam di masa lalunya. Tapi, mereka menolak untuk terjebak dalam masa lalu dan terus berjuang.

Penasaran dengan pelajaran-pelajaran finansial yang bisa kamu petik dari para superhero DC Comic? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Pernah Jaga Toko! Ini Kisah Jason Momoa, Aquaman Berkekayaan Ratusan Miliar

1. Wonder Woman

Superhero DC Comic Wonder Woman. (imdb)
Superhero DC Comic Wonder Woman. (imdb)

Kisah Wonder Woman mengajari kita bahwa satu-satunya cara mendidik anak agar sukses di masa depan adalah mempersiapkan diri mereka menghadapi tantangan. Bukan hanya sebatas melindunginya dari marabahaya.

Karakter Diana (Wonder Woman) adalah putri kesayangan Ratu Amazon Hippolyta. Sejak Diana kecil, Hippolyta mati-matian melindungi putrinya, karena dia khawatir bahwa jika Diana jadi seorang yang kuat, dia akan semakin berani dan hal itu bisa membuatnya terbunuh.

Untungnya, dia memiliki seorang bibi bernama Antiope yang bersedia melatihnya hingga Diana menjadi salah satu perempuan terkuat Amazon.

Bayangkan saja, gimana kalau dia cuma jadi anak rumahan yang gak bisa apa-apa? Bagaimana Diana harus menghadapi serangan Ares?

Baca Juga: 6 Sikap Aquaman yang Wajib Ditiru Kalau Mau Jadi Karyawan Sukses

2. Green Arrow

Superhero DC Comic Green Arrow. (Comicbook.com)
Superhero DC Comic Green Arrow. (Comicbook.com)

Oliver Queen adalah anak orang kaya yang akhirnya berhasil jadi walikota di tempat tinggalnya. Tapi, apa yang terjadi ketika dia terdampar di pulau akibat perbuatannya sendiri?

Dia gak lagi bisa hidup mewah dan foya-foya lagi bukan? Mau gak mau, dia bertahan hidup hingga akhirnya, dia pun bisa kembali ke Starling City dan menjadi superhero.

Pelajaran finansial yang bisa kamu petik dari kisah superhero DC Comic ini adalah, kehidupan mewah dan mapan bisa berputar balik seketika jika kamu melakukan kesalahan. Dan kalau kenyataannya seperti itu, kita harus berjuang lagi dari nol demi bisa hidup normal seperti sedia kala.

3. Nightwing

Nightwing. (Thearcanist.io)
Nightwing. (Thearcanist.io)

Kamu tahu superhero DC Comic yang satu ini? Dia adalah Dick Grayson, seorang bocah yang diasuh Bruce Wayne (Batman) saat orangtuanya tewas terbunuh dalam kecelakaan sirkus.

Dick diberikan pelatihan oleh Batman hingga dia menjadi Robin yang pertama. Namun pada akhirnya, Dick memutuskan untuk berpisah dari Batman karena perbedaan pendapat dan gak lama kemudian, dia berganti identitas menjadi Nightwing.

Kisah Nightwing mengajari kita bahwa akan tiba masanya kamu gak mau bergantung pada orang yang sudah memiliki andil besar dalam hidupmu. Siapa lagi kalau bukan orangtua.

Di fase itulah, kamu bakal mengalami banyak hal. Salah satunya adalah mengalami kantor kering di tanggal tua, karena gak lagi dapat uang jajan.

4. Green Lantern

The Green Lantern. (Movieweb.com)
The Green Lantern. (Movieweb.com)

Satu hal yang bisa kamu tarik dalam cerita Green Lantern adalah filosofi soal ketakutan. Bagi tokoh berkostum hijau ini, “ketakutan adalah musuh dari segala kehendak kita.”

Bisa jadi karena “takut,” kita gak bisa melakukan hal yang semestinya kita lakukan demi masa depan. Sebut saja seperti berinvestasi di sektor tinggi risiko seperti saham, memulai bisnis demi kemapanan di masa depan, atau hal sederhana seperti pindah tempat kerja demi karier yang baik.

Green Lantern punya kemampuan merealisasikan apa yang divisualkan di pikirannya. Nah, makanya gak heran kan kalau dia bisa mengeluarkan senjata-senjata yang gak terduga.

Pada intinya, ketakutan itu bisa dilawan dan jangan pernah berpikir buruk akan suatu hal. Kamu harus tetap berpikir positif agar bisa meraih keberhasilan yang semestinya.

5. Aquaman

Aquaman. (AMC Theatres)
Aquaman. (AMC Theatres)

Aquaman adalah Raja Atlantis, sekaligus manusia yang bisa berkomunikasi dengan hewan-hewan di lautan. Namun jangan salah, meski dia adalah seorang superhero yang kuat, dia tetap tak keberatan dipimpin oleh Batman di film Justice League.

Sikap Aquaman mengajari kita bahwa sekaya atau secerdas apapun kita di dunia ini, tentu masih ada orang yang lebih berpengalaman dari kita. Gak salah kok untuk bekerja di bawah koordinasi mereka, selama mereka adalah pemimpin yang baik.

Bisa jadi, kita malah dapat banyak ilmu dari mereka buat bekal kita di masa depan. Setuju gak?

6. Superman

Superman. (Altpress)
Superman. (Altpress)

Secara gak langsung, manusia dari Planet Krypton ini mengajari kita tentang investasi lho. Apa sangkut pautnya?

Superman memang kerap dipandang sebagai sosok yang kuat dan tak terkalahkan. Tubuhnya anti-peluru dan punya kekuatan maha dahsyat. Tapi buktinya, dia saja bisa tewas di tangan DoomsDay.

Sosok Superman ibarat sebuah instrumen investasi bak saham blue chip saja. Blue chip memang sering dianggap sebagai saham yang paling stabil untuk diperdagangkan, namun ada kalanya saham itu pun mengalami tren pelemahan bukan?

Selain itu, gak sedikit juga saham blue chip yang valuasinya ambles karena sentimen negatif yang muncul di media. Sama halnya ketika DoomsDay membunuh Superman.

7. Batman

Batman. (Sideshowtoy.com)
Batman. (Sideshowtoy.com)

Nah, bisa dibilang Batman adalah superhero DC Comic yang paling tajir di antara yang lain dan paling berpengaruh. Walau cuma manusia biasa, dia buktinya bisa memimpin geng pembasmi kejahatan yang isinya orang-orang yang lebih kuat dari dia.

Kisah Batman mengajari kita bahwasannya, “uang memang gak bisa membeli kebahagiaan dalam hidup.” Setuju gak?

Bruce Wayne alias Batman hidup bergelimangan harta. Namun sebesar apapun harta yang dia miliki, dia gak akan pernah bisa mengembalikan kebahagiaan yang dia rasakan sejak kecil di kala orangtuanya masih ada.

Alih-alih bahagia karena dapat warisan seabrek-abrek, Batman malah menggunakannya untuk memburu orang yang menjadi pembunuh orangtuanya. Gak dipungkiri, walaupun Batman adalah yang paling jenius, dia juga jadi yang paling sinting di antara superhero DC lainnya. Dia terlalu terobsesi dengan hal itu.

Itulah tujuh superhero DC Comic dan pelajaran finansial yang bisa kamu korek dari kisah atau kepribadian mereka. Kira-kira mana nih jagoanmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan