Dor! 7 Tokoh Dunia Inspiratif yang Dibunuh Secara Tragis dan Mengenaskan

4 menit
Dor! 7 Tokoh Dunia Inspiratif yang Dibunuh Secara Tragis dan Mengenaskan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menjadi seorang tokoh dunia adalah hal yang patut dicontoh buat kita semua. Tapi ada kalanya kejadian yang tragis justru dialami oleh mereka yang berperan positif terhadap kehidupan banyak pihak, kok bisa ya?

Mungkin kata tanya itulah yang terbesit di pikiran kamu pas pertama mengetahui informasi seperti itu. Tapi pada kenyataanya banyak banget peristiwa kayak gitu yang mungkin belum kamu ketahui yang menimpah para tokoh-tokoh berpengaruh di dunia.

Mulai dari pemimpin dunia, penyanyi hingga tokoh religius gak luput dari yang namanya kasus pembunuhan. Saking berpengaruhnya bahkan sampai sekarang namanya masih dikenang oleh banyak penduduk di seluruh dunia.

Seperti yang dialami oleh 7 tokoh dunia berikut ini yang meninggal secara tragis, mengutip dari Britannica.

Baca juga: 10 Seleb Terkaya Sejagad Tahun 2019, Mana Idolamu?

1. John Lennon

tokoh dunia
John Lennon salah satu sosok inspiratif dan legend di bidang musik, (johnlennon.com).

Buat yang lahir tahun 70-an pasti mengetahui dengan tokoh dunia yang satu ini. John Lennon namanya yang udah gak asing sebagai penyanyi, penulis lagu sekaligus personel The Beatles meregang nyawa secara mengenaskan.

Kisah kesuksesan The Beatles yang udah sampai telinga mancanegara membuat kepopuleran grup band asal Liverpool berdiri tahun 1960 ini abadi sampai saat ini. Walaupun kita belum pernah hidup di masa kejayaannya tetapi pasti pernah mendengar lagu-lagunya.

Namun sayangnya kisah manis tersebut harus tercoreng dengan kejadian mengenaskan yang dialami John Lennon pada tanggal 8 Desember 1980. Malam itu, saat dirinya tengah di New York ia ditembak oleh Mark David Chapman yang mengaku sebagai penggemar beratnya.

Sontak kejadian tersebut langsung membuat semua penggemar The Beatles kaget dan gak percaya. Termasuk sang istri Yoko Ono yang cukup dikenal akibat kisah asmaranya.

Baca juga: Gak Ada Kata Terlambat, 5 Tokoh Dunia Ini Aja Sukses di Usia 40-an

2. Martin Luther King Jr

tokoh dunia
Martin Luther King Jr tewas mengenaskan kala itu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hidup sebagai minoritas orang kulit hitam gak bikin Martin Luther King Jr minder ataupun takut berbuat hal yang baik.

Martin merupakan seorang tokoh dunia di bidang hak masyarakat sipil sekaligus pendeta agama Kristen yang aktif memperjuangkan keadilan bagi semua orang.

Nasib naas menimpa hidupnya dengan menghembuskan napas akibat baku tembak dilakukan oleh James Earl Ray tahun 1968 silam di acara yang dihadiri oleh Martin. Ia sempat diberi gelar Presidential Medal of Freedom oleh pemerintah Amerika Serikat atas jasa-jasanya.

Baca juga: Top! 4 Tokoh Inspiratif yang Berhasil Memberi Terobosan di Dunia Kesehatan

3. Mahatma Gandhi

tokoh dunia
Mahatma Gandhi juga tewas mengenaskan kala itu, (livemint.com).

Siapa yang gak kenal sama tokoh religi serta politik yang satu ini? Namanya selalu melekat sama negara India. Itu dikarenakan jasanya yang berhasil memerdekakan India dari para penjajah Eropa seperti Inggris, Prancis dan Portugis.

Yang menjadi ciri khas dari Gandhi adalah dia gak pernah sekalipun menggunakan kekerasan dalam aksinya. Sebaliknya para pihak penjajah justru sering melawan dengan kekerasan terhadap pendukungnya.

4. John F Kennedy

tokoh dunia
John F Kennedy salah satu sosok yang begitu dikenal dengan gaya kepemimpinan, (History).

Tokoh dunia keempat kali ini datang dari Presiden ke-35 Amerika Serikat yakni John F Kennedy. Dalam beberapa kesempatan ia meluangkan waktunya buat bertemu dengan pahlawan Indonesia sekaligus presiden pertama kita Soekarno.

Keakraban antara kedua negara tersebut berjalan dengan manis dari segala aspek diplomasi. Sampai pada akhirnya John F Kennedy tertimpa peristiwa tragis di mana bagian kepalanya terhantam peluru.

5. Munir Said Thalib

tokoh dunia
Munir Said Thalib salah satu aktivis hak asasi manusia yang meninggal akibat diracun dalam perjalanannya di maskapai Garuda Indonesia, (bbci.co.uk).

Sosok selanjutnya datang dari Tanah Air yakni Munir Said Thalib atau yang biasa kita dengar dengan Munir. Pria kelahiran Malang 8 Desember 1965 ini merupakan aktivis Indonesia yang memperjuangkan Hak Asasi Manusia. Bahkan namanya udah dikenal sampai luar negeri.

Munir harus menerima kenyataan ketika dirinya meninggal karena diracuni zat arsenik saat perjalananya ke Amsterdam, Belanda tanggal 7 September 2004. Salah satu tersangka yang udah ditetapkan dijebloskan ke penjara adalah pilot pesawat yang membawanya Pollycarpus Priyanto.

6. Benazir Bhutto

tokoh dunia
Benazir Bhutto salah satu tokoh politik yang juga tewas mengenaskan!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tokoh dunia yang dibunuh secara tragis kali ini datang dari politikus perempuan. Ia adalah Benazir Bhutto seorang politikus Pakistan sekaligus mantan Perdana Menteri wanita pertama negara yang mayoritas warganya beragama muslim.

Berlokasi di kota Rawalpindi ketika sedang berkampanye untuk partai politiknya, ia diserang oleh bom serta kelompok bersenjata. Benazir Bhutto meninggal pada 27 Desember 2007 akibat terkena luka tembak.

7. Kim Jong Nam

tokoh dunia
Kim Jong Nam tewas akibat diracun saat bertandang ke Malaysia, (aljazeera.com).

Kim Jong Nam adalah tokoh dunia sekaligus saudara bungsu dari pemimpim Korea Utara saat ini yaitu Kim Jong Un. Berbeda dengan pandangan saudaranya yang keras, pria yang lahir tahun 1971 ini merupakan sosok yang menentang rezim negaranya.

Ketika Kim Jong Nam tengah berkunjung ke Malaysia ia dibekap dengan sehelai kain yang diberi oleh racun VX sangat beracun. Sedihnya lagi salah satu tersangka dari kasus itu adalah warga negara Indonesia bernama Siti Aisyah. Untungnya Siti berhasil dibebaskan karena gak terbukti bersalah.

Nah, itulah 7 tokoh dunia yang meninggal secara tragis entah itu karena ditembak maupun diracuni. Semoga kedepannya gak ada kejadian kayak gini lagi yang memakan korban jiwa. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1