7 Trik Sukses Cari Kerja di Job Fair, Dijamin Ampuh!

cari kerja

Lulusan baru yang cari kerja dan job fair itu bagaikan pengacara Hotman Paris dan mobil mewah, tak terpisahkan. Namun hubungan keduanya gak melulu simbiosis mutualisme.

Hotman Paris tampak amat memerlukan mobil mewah untuk statusnya sebagai pengacara beken. Sedangkan mobil mewah gak ambil pusing mau dimiliki siapa.

Itu juga terjadi sama lulusan baru dan job fair. Pameran lapangan kerja memang kerap diburu lulusan baru yang ngebet ingin segera cari kerja.

Namun persaingan ketat membuat upaya dapat kerja di job fair menjadi sulit. Bahkan gak jarang dijumpai seorang sarjana melamar untuk pekerjaan lulusan SMA saking ketatnya persaingan.

Sebagai referensi, berikut ini ada tips ampuh dapat kerja di job fair. Mungkin bakal berguna buat kita-kita yang masih susah dapat kerja.

1. Siapkan semuanya dengan profesional

Dunia karier adalah dunia profesional. Untuk bisa diterima di sana, artinya kita mesti bisa berlaku profesional. Caranya, siapkan semua hal yang diperlukan untuk melamar kerja di job fair, dari resume sampai foto 3 x 4.

Bikin salinannya beberapa lembar untuk antisipasi hal-hal yang gak diinginkan. Selain itu, berpakaianlah secara profesional juga. Bukan dengan kaus oblong dan sandal, melainkan kemeja dan pantofel.

cari kerja
Gak perlu berebeut, nanti malah gak fokus (fortune.com)

[Baca: Cari Kerja Zaman Now, Wajib Punya 5 Skill Ini Nih]

2. Bawa kartu nama

Kartu nama sering dianggap sepele, tapi gak jarang berperan penting dalam karier seseorang. Saat datang ke job fair, bawalah kartu nama untuk diberikan ke individu tertentu.

Buat kartu yang simpel saja, asalkan informasinya jelas memuat nama, alamat tinggal, alamat e-mail, nomor telepon, dan satu yang penting: akun LinkedIn. LinkedIn adalah media sosial buat para profesional. Bikinlah bila belum punya.

3. Datang bareng teman

Bila kamu sering gugup atau bingung saat berada di tengah keramaian, ada baiknya mengajak teman. Namun sebisa mungkin cari teman yang gak sedang cari kerja di job fair itu. Kalau sama-sama cari kerja, besar kemungkinan terpisah karena punya fokus sendiri-sendiri.

[Baca: Motivasi Kerja: Cara Menyiasati Passion agar Bisa Mendatangkan Uang]

4. Pelajari dulu

Jangan sampai datang ke job fair tanpa bekal tentang perusahaan apa saja yang bakal ada di sana. Cari tahu apakah perusahaan yang kita incar buka lapak di job fair itu biar kedatangan gak sia-sia.

Informasi itu pasti tersedia di brosur atau pengumuman yang disebarluaskan. Bila kurang yakin, bisa hubungi nomor telepon yang tercantum di sana untuk tanya-tanya soal peserta job fair.

5. Berlatih wawancara

cari kerja
Mike Ross dalam film seri Suits gak pernah kuliah hukum, tapi penampilannya yang profesional meyakinkan sebagai pengacara (pinterest)

Sebelum datang ke job fair, pastikan kamu sudah mumpuni menjawab pertanyaan wawancara. Saat job fair, umumnya wawancara berlangsung singkat saja.

Hal yang ditanyakan biasanya soal profil kita, alasan melamar kerja di sana, dan kenapa kita layak diterima. Berlatihlah dulu di rumah dengan kerabat, pacar, atau siapa pun yang mau agar gak grogi saat diwawancara di job fair.

6. Berikan yang terbaik

Job fair menyediakan lapangan kerja. Tapi bukan mustahil kita justru dapat kerja seusai pameran tersebut, meskipun sebelumnya gagal.

Misalnya kita dinyatakan kurang cocok dalam suatu kerja yang ditawarkan job fair. Bila kita berusaha semaksimal mungkin menjadi kandidat terbaik, gak mustahil tawaran datang setelah job fair berakhir.

Kita gak pernah tahu apa yang bakal terjadi. Mungkin kandidat yang diterima tiba-tiba berhalangan atau menolak tawaran dan kita tepat berada di bawahnya. Makanya, berikan 100 persen kemampuanmu.

7. Jangan lupa senyum dan berterima kasih

cari kerja
Ramah dan banyak senyum agar bisa menjalin network yang bagus (internal.tcaup.umich.edu)

Gestur ramah ini sering dianggap sepele saat sedang cari kerja, tapi bisa berpengaruh besar. Senyum dan ucapan terima kasih membuat orang merasa dihargai.

Sejelek apa pun komunikasi yang terjadi dalam wawancara kerja di job fair, tetaplah berikan dua hal itu. Beberapa perusahaan cenderung lebih memilih orang yang berkepribadian baik meski kemampuannya pas-pasan, ketimbang yang berkemampuan hebat namun kurang peka.

Buat yang udah sering cari kerja di job fair tapi belum ada yang nyangkut, mungkin ada yang terlewat dari poin-poin di atas. Tetap semangat ya, semoga segera dapat kerja di job fair atau di mana pun.

[Baca: Cari Kerja Susah? Jangan-Jangan Kamu Melakukan 4 Kesalahan Ini]

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560