Kamu Punya 7 Barang Jadul Ini? Jual Saja, Pasti Untungnya Gede

4 menit
Guci antik (Shutterstock).

Barang bekas tentu bisa dijual lagi, apalagi kalau barang tersebut adalah barang jadul yang sudah berumur lebih dari 20 tahunan.

Bagi generasi zaman old, mungkin orangtua atau nenekmu pasti menyimpan barang-barang yang diburu pada masanya. Walaupun sudah gak relevan lagi untuk dipakai di masa kini, tapi gak sedikit juga kok orang yang masih membeli barang itu sebagai koleksi memorabilia.

Kalau judulnya saja barang jadul, berarti barang itu gak cuma populer di era 90an aja ya. Melainkan bisa jadi sudah ada di tahun 70an atau mungkin di era sebelum Perang Dunia II pecah.

Tentunya mereka yang masih menyimpan barang-barang ini bisa dibilang beruntung. Karena dia bisa menjualnya kembali di harga yang cukup tinggi.

Penasaran sama barang-barang jadul yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

1. Piringan hitam atau vinyl record

Piringan hitam atau vinyl record (Pixabay).

Sekarang, dengerin musik mungkin bisa lewat iTunes atau kalau mau lebih praktis lagi ya pakai Spotify. Akan tetapi, di era 1940 hingga 1970an, orang-orang mengoleksi piringan hitam atau vinyl record dari berbagai artis ternama.

Jangan salah lho, piringan-piringan hitam yang udah gak lagi diproduksi di dunia itu, harganya masih tinggi jika dijual kembali. Apalagi jika itu adalah album dari artis legendaris blues, rock, atau jazz ternama.

Satu piringan hitam harganya berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 1,2 juta. Semua tergantung kondisinya, apakah barang ini ada di rumahmu?

2. Kaset tape jadul

Kaset jadul (Pixabay).

Kaset tape juga bisa dijual mahal, tapi kaset jadul keluaran tahun 1960an pasti lebih mahal ketimbang tahun 2000. Coba deh cek di lemari di rumah, apakah ada kaset-kaset yang dulu di koleksi ayah atau ibumu.

Jika beliau masih menyimpan kaset Bob Marley, Eric Clapton, Deep Purple, Mick Jagger, Beatles, Queen, atau band-band lawas lainnya, coba jual saja. Masih ada kok yang mau bayarin Rp 200 ribu per kaset.

Tapi izin dulu ya sama ayahmu, jangan-jangan dia juga sengaja mengoleksi kaset itu.

Baca juga: Belajar Kesuksesan Berbisnis dari Sosok Rika Hardjosuwarno, Pemilik Kembang Kencur

3. Komik jadul

Komik Jadul (Pixabay).

Beruntung banget kalau kamu punya komik Marvel, DC, Star Wars, atau Tintin keluaran tahun jebot. Mengapa? Karena barang jadul yang satu itu adalah barang langka yang kerap diburu banyak orang.

Untuk edisi tertentu, harganya bahkan sampai miliaran Rupiah!

Tapi ingat lho, edisi produksinya harus sesuai dengan tahunnya dan gak berlaku pada edisi re-issue. Kalau memang komiknya berbahasa Inggris tentu harganya lebih mahal.

4. Gitar atau bass listrik

Gitar Listrik (Pixabay).

Walaupun usianya sudah 50 tahun lebih, barang jadul yang satu ini justru makin keren. Tinggal di servis ulang, dan karakter suaranya dijamin jauh lebih bagus ketimbang gitar keluaran terbaru karena kayunya makin matang.

Bila ayahmu adalah anak band pada masanya dan menyimpan instrumen gitar merek Gibson atau Fender buatan Amerika Serikat, dia pasti gak akan mau jual kecuali sangat kepepet.

Hal itu disebabkan karena harga instrumen itu kini harganya barunya sudah menyentuh angka Rp 20 jutaan bahkan ada juga yang Rp 30 jutaan. Sekarang bayangkan saja jika ada gitar Gibson atau Fender yang diproduksi tahun lawas. Gak kebayang berapa juta valuasinya, yang beli bisa jadi musisi terkenal.

5. Guci antik dari Cina

Guci antik dari Cina (Pixabay).

Vas bunga atau guci antik dari Cina juga menjadi barang jadul yang kerap diburu penggemar. Harganya juga bisa menyentuh angka puluhan juta lho.

Tapi gak semua guci atau vas dari negara itu pasti mahal. Semuanya tergantung dari material dan usianya juga.

Baca juga: Mengenal Sosok Nilam Sari, Wanita Tangguh Dibalik Suksesnya Kebab Baba Rafi

6. Jam tangan jadul

Jam tangan jadul (Pixabay).

Beberapa jam tangan jadul yang umum dikoleksi adalah Rolex atau Omega. Akan tetapi, dua merek tersebut tentu harganya gak murah.

Selain dua merek tersebut, terkadang gak sedikit juga kok yang memburu jam tangan Seiko lawas. Jam tangan Jepang ini juga cukup digemari para penyuka jam tangan di Indonesia.

7. Perangko

Perangko (Pixabay).

Bagi orang awam, perangko jadul tentu gak ada artinya. Tapi bagi mereka pecinta filateli, barang jadul ini ibarat sebuah harta karun.

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa mendapatkan perangko berlabel limited edition adalah sebuah capaian yang prestisius.

Perangko jadul Indonesia keluaran 1945 yang bergambar Soekarno pun bisa dijual Rp 1 jutaan lho. Apalagi perangko-perangko kuno dari Eropa.

8. Sepeda onthel

Sepeda onthel (Pixabay).

Sepeda tanpa rantai ini memang populer di tahun awal tahun 1900. Dan sampai sekarang gak sedikit juga orang mengoleksinya, salah satunya pak Yusril Ihza Mahendra.

Semakin kuno semakin mahal. Dan jangan kaget kalau sepeda-sepeda tua ini jika dijual harganya masih berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 30 jutaan.

Itulah delapan barang jadul yang mungkin masih disimpan di rumahmu saat ini yang laris jika dijual lagi. So, kenapa gak dicek saja keberadaannya siapa tahu kamu masih menyimpan.

Tapi jangan asal main jual lho ya. Pastikan dulu ke pemiliknya bahwa barang itu emang gak terpakai lagi. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan