Jorok, Ini 8 Barang Menjijikkan yang Dijual Mahal, Ada yang Sampai Rp 7 Miliar

4 menit
Permen karet bekas dijual sebagai barang mahal (Shutterstock).

Di antara kamu semua, mungkin ada yang pernah membeli barang mahal yang menjijikkan ini. Dan kamu pun tutup mata mengenai asal usulnya.

Dunia ini memang cukup unik, apapun bisa jadi barang mahal. Bukan cuma barang bekas, melainkan barang-barang yang sangat menjijikkan ini.

Beberapa di antara 10 barang menjijikkan ini mungkin pantas jadi barang mahal karena ada faedahnya. Tapi ada beberapa yang benar-benar gak guna, dan lebih pantas dibuang ke tempat sampah.

Penasaran sama barang-barang yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Baca juga: Bikin Keuangan Sehat, Ini Lho Kegunaan Kartu Kredit yang Jarang Disadari

1. Masker kotoran burung

Burung peliharaan (Pixabay).

Dalam tradisi Jepang, kotoran burung ternyata bisa dijadikan masker wajah. Tapi tentu saja, bukan kotoran sembarang burung ya. Burungnya adalah burung bulbul dan kotoran itu juga harus dicampur dengan bekatul.

Konon, kotoran burung mampu membuat wajah lebih lembut karena mengandung enzim yang dapat mengangkat sel kulit mati. Harga masker ini sendiri mencapai US$ 180 atau Rp 2,5 juta.

2. Kopi Luwak

Biji kopi (Pixabay).

Semua tentu paham sama salah satu minuman paling enak sedunia ini. Padahal, kopi yang seringkali dijual Rp 2 hingga Rp 4 jutaan per kilo ini, bijinya diambil dari kotoran luwak.

Banyak orang mengakui bahwa fermentasi biji kopi di dalam perut luwak memang bisa menghasilkan rasa kopi yang enak. Kamu sudah coba belum?

Baca juga: Butuh Uang Beberapa Tahun Mendatang? Coba 4 Investasi Jangka Pendek Ini

3. Durian Gajah

Gajah (Pixabay).

Belum lama ini munculnya Durian J-Queen di Tasikmalaya yang dibanderol Rp 14 juta memang sempat bikin heboh. Tapi sebelum muncul J-Queen, ada juga durian yang harganya Rp 4,2 jutaan. Durian apakah itu?

Durian itu adalah durian yang keluar bersama feses gajah. Sama seperti kopi luwak, fermentasi di dalam perut gajah bakal menghasilkan cita rasa tersendiri buat penikmat durian. Dan meski keluarnya bareng feses, ternyata buahnya tetap bisa dikonsumsi. Berani coba?

4. Masker darah

Masker darah.

Baiklah ini bukan buat perayaan Halloween ya, ini adalah sebuah perawatan kecantikan. Perawatan wajah dengan darah manusia kerap kali disebut Vampire Facelift dan biayanya bisa sampai US$ 1.500 atau Rp 21 jutaan. Kim Kardashian pun melakukan hal ini.

Sekalipun yang digunakan adalah darah sendiri, akan tetapi perawatan ini dinilai berbahaya. Karena higienitas darah itu gak terjamin, bisa saja hal itu malah menimbulkan infeksi.

Baca juga: Buat Pemula, Ini Panduan Investasi Saham dari Ahlinya

5. Tisu bekas ingus Scarlett Johansson

Tisu bekas ingus Scarlett Johansson (The wrap).

Pemeran Black Widow di film Marvel ini sempat ketularan flu dari Samuel L. Jackson. Dalam sebuah talk show di televisi, presenter top Jay Leno memberikan Scarlett Johansson tisu yang sedang bersin.

Jay Leno pun bilang kalau pada suatu saat, tisu bekasnya bakal jadi barang mahal. Eh benar aja dong, ternyata di tahun 2008 tisu itu dijual US$ 5.300 atau kurang lebih Rp 6 jutaan di eBay.

6. Kotoran manusia beku

Kotoran beku

Jorok! Masa iya kotoran manusia jadi barang mahal seharga US$ 13 ribu atau Rp 183 juta. Apa faedahnya!

Kabarnya, kotoran ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengobati penderita infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri C. difficile.

So, di tahun 2015, sebuah yayasan di Amerika Serikat siap membayar ratusan juta untuk orang yang mendonorkan fesesnya. Kalau ada tawaran donor feses lagi, mau ikutan gak? Lumayan bisa buat beli Avanza lho.

7. Muntahan ikan paus

muntahan paus

Aneh dan menjijikkan, tapi bisa jadi barang mahal senilai US$ 70 ribu atau Rp 980 jutaan! Ternyata barang itu adalah muntahan paus.

Kabarnya, barang itu memang bisa menjadi bahan baku pembuatan parfum lho. Walaupun baunya amis dan seperti kotoran. Entah gimana ngolahnya kok malah jadi bahan parfum.

8. Permen karet kunyahan Sir Alex Ferguson

Permen karet kunyahan Sir Alex Ferguson (Brilio).

Mantan Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson memang ngetop banget karena sudah berjasa membesarkan tim bola ini selama 26 tahun. Dan dia sendiri memang gemar mengunyah permen karet.

Karena ketenarannya, gak menutup kemungkinan ada orang yang akhirnya sengaja memmungut permen karet bekas kunyahannya. Dan akhirnya dia melegonya 390 ribu Poundsterling Rp 7 miliar!

Kalau ini benar-benar gak ada faedahnya ya. Jangan dibeli meski kamu lagi kebanyakan duit.

Itulah delapan barang menjijikkan yang akhirnya jadi barang mahal. Kira-kira kamu tertarik beli yang mana? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!