8 Barang Tahun 90an yang Masih Memiliki Harga Jual Tinggi, Apa Saja Sih?

5 menit
8 Barang Tahun 90an yang Harganya Mahal Saat Ini.

Selain emas, deposito, atau saham, ada juga barang-barang hobi di tahun 90an yang ternyata bisa jadi barang berharga di zaman now ini. Mereka yang punya barang-barang ini pasti bisa hoki kalau menjualnya via online.

Dan jangan salah, peminat dari barang-barang ini gak cuma di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri!

Walau kesannya konyol atau gak masuk akal, tapi buktinya memang seperti itu. Gak sedikit situs-situs di luar negeri yang memberitakan hal ini.

Penasaran dengan barang tahun 90an yang dimaksud? Cek di bawah sini yuk, jangan-jangan barang itu ada di rumahmu.

Baca juga: Pengin Sukses Jadi Beauty Vlogger dan Hasilkan Banyak Uang, Pahami Tips Ini

1. Yamaha RX King

Yamaha RX King

Kendaraan yang kerap disebut motor jambret atau maling ini, pertama kali mengaspal tahun 1983 (King Cobra), namun di tahun 1996 motor ini berubah jadi RX King Master dan di tahun 2002, King terbaru pun muncul hingga akhirnya gak diproduksi lagi.

Jangan salah, walau motor buatan tahun 96 ini terkesan tua atau jadul, tapi kendaraan itu kerap dicari oleh penggemarnya. Bayangkan saja, harga bekas motor tahun 90an itu masih laris dijual Rp 16 juta!

Padahal kalau dipikir-pikir uang sebesar itu bisa ditukarkan dengan motor bebek keluaran terbaru bukan? Tapi ya apa daya, kalau sudah suka walaupun mahal pasti bakal dibeli.

2. Action figure Saint Seiya

Action figure Saint Seiya

Kamu suka nonton film kartun tahun 90an ini? Apa kamu memiliki action figure karakter yang kostumnya bisa dibongkar pasang?
Beruntung deh kalau masih memilikinya, pasalnya sekarang action figure itu dijual Rp 400 ribuan dalam kondisi baru!

Saint Seiya merupakan film yang bercerita tentang ksatria-ksatria zodiak. Beberapa dari kita pasti ada yang dibelikan mainan ini oleh orangtua berdasarkan zodiaknya. Masih punya mainan ini? Coba jual deh di e-commerce pasti ada yang berminat, asalkan masih mulus dan lengkap lho ya.

3. Happy Meals

Gak sedikit situs-situs luar yang menyebut Happy Meals tahun 90an kini diburu oleh banyak orang.

Gak sedikit situs-situs luar yang menyebut Happy Meals tahun 90an kini diburu oleh banyak orang. Mainan-mainan ini sejatinya adalah mainan bonus yang didapat ketika kita memesan menu khusus di McDonald.

Biasanya, mainan itu adalah karakter-karakter maskot McDonald dengan tema tertentu. Sebut saja seperti tema Halloween, Natal, dan sebagainya.

Tapi gak jarang juga kok, Happy Meals menyajikan mainan-mainan karakter Disney atau Warner Bros. Mereka pernah merilis mainan Hercules, 101 Dalmatians, Space Jam, dan lainnya.

Kabarnya, mainan lawas itu diburu di harga kurang lebih US$ 80 hingga US$ 100 lho alias Rp 1 jutaan. Padahal dulunya cuma puluhan ribu Rupiah saja tuh.

Baca juga: Jangan Buru-Buru Belanja! Ini 3 Trik Hemat Menyiapkan Seserahan Lamaran dengan Bujet Minim

4. Kartu Pokemon

Kartu Pokemon

Generasi zaman now mungkin kenalnya cuma Pokemon Go, tapi kalau zaman old pasti paham sama Pokemon Card.

Pokemon Card sejatinya merupakan permainan, namun gak sedikit juga yang akhirnya mengoleksi kartu ini. Dulu, kartu ini bahkan sampai dipalsukan lho mengingat harganya lumayan mahal.

Menurut laporan MoneyInc, ada beberapa kartu pokemon langka yang harganya luar biasa mahal. Pertama adalah Kartu Mewtwo edisi pertama, Charizard edisi pertama, kartu Kristal, Mega Battle Card, Raichu, dan lainnya. Harganya mulai dari Rp 6 jutaan lho dan ada juga yang dijual US$ 10 ribu atau Rp 145 juta!

Sayangnya, gak ada informasi lebih lanjut soal kemana seharusnya kamu menjual kartu Pokemon langka ini.

5. Nintendo 64

Console game tahun 90an ini memang diciptakan untuk menjadi lawan PlayStation.

Console game tahun 90an ini memang diciptakan untuk menjadi lawan PlayStation. Sejatinya, sifat Nintendo 64 ini unik karena kalau kamu jual barang ini sekarang juga, harganya masih Rp 1 jutaan.

Dibilang rugi ya jelas gak rugi lah wong harganya bertahan. Tapi kalau dibilang mahal juga gak relatif, yang jelas sih gak kelewat mahal.

Kaset-kaset Nintendo 64 juga dijual Rp 300 ribuan lho. Lumayan kan kalau kamu masih punya banyak di rumah.

Dan memang benar kalau Nintendo 64 sampai sekarang masih asyik dimainkan. Coba saja jajal Mario Party, Pokemon Stadium, dan sebagainya, pasti ketagihan.

6. Uang Rp 500 perak gambar monyet dan Rp 10 ribu Cut Nyak Dien

Uang 500 perak

Sampai kapan pun, uang lawas memang bisa dijual kembali termasuk uang keluaran tahun 90an. Perhatikan saja uang Rp 500 bergambar monyet atau Rp 10 ribu gambar Cut Nyak Dien.

uang lama Rp 10 ribu.

Harga uang Rp 10 ribu itu bisa dijual dengan harga Rp 25 ribu lho saat ini. Sementara itu uang Rp 500 perak gambar monyet juga sering dihargai Rp 6.500! Gila valuasinya makin gede aja. Rasanya seperti baru saja beli saham gorengan yang langsung dijual lagi.

Baca juga: Ini 3 Cara Agar Biaya Makan di Jakarta Cuma Rp 25 Ribu, Bisa Kenyang Sampai Malam Kok!

7. Kaset pita

Pita kaset.

Apapun grup band, penyanyi, atau artisnya, kaset pita nasibnya seperti piringan hitam. Bakal tetap laris dijual walaupun saat ini sudah zamannya Spotify.

Ada kebanggaan tersendiri memiliki kaset pita bagi beberapa kalangan. Dan jangan kaget kalau satu kaset bisa dihargai Rp 30 ribuan! Bahkan ada yang sampai ratusan ribu Rupiah.

So, ada kaset apa saja di rumahmu? Apakah kaset Metallica jadul? Steve Vai? GodBless, Dewa 19, atau rekaman lawak Benyamin? Jual saja biar jadi uang.

8. Gameboy

Gamboy atau gimbot.

Console game ini dulu sering disebut gimbot dan direntalkan juga seperti PlayStation. Tapi jangan salah, saat ini gameboy retro buatan tahun 90an tetap dicari dan harganya berkisar antara Rp 500 ribuan hingga Rp 800 ribu.

Lumayan kan kalau diuangkan? Kalau masih ada di rumah, jual saja sekarang di OLX atau Kaskus.

Itulah delapan barang tahun 90an yang menguntungkan kalau dijual saat ini. Sebenarnya, masih ada kok barang selain delapan barang ini yang memang mendatangkan keuntungan kalau dijual lagi.

Sebut saja seperti komik atau buku lawas, action figure, dan sebagainya. Akan tetapi, komik atau buku biasanya makin mahal kalau ada tanda tangan penulisnya yang sudah wafat.

Kira-kira apakah kamu punya salah satu di antara delapan barang di atas? (Editor: Winda Destiana Putri)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.