Mau Jadi Pengusaha Sukses, Ini 8 Cara ‘Nyeleneh’ dari Elon Musk

4 menit
Elon Musk (Instagram).

Ingin tahu cara menjadi pengusaha sukses? Elon Musk ternyata punya 10 strategi nyeleneh yang bisa kamu lakoni.

Pria yang kerap disapa Iron Man di dunia nyata ini menduduki posisi ke 54 sebagai orang terkaya di dunia. Total kekayaannya sendiri mencapai US$ 19,9 miliar atau Rp 279 triliun.

Walaupun belum masuk lima besar orang terkaya, terobosannya di dalam membuat mobil listrik Tesla memang sangat diakui dunia. Belum lagi, dia juga menciptakan sebuah proyek transportasi lintas planet yaitu SpaceX.

Asal kamu tahu, dia jugalah yang dulu merintis berdirinya situs Paypal. Gokil ya, jenius banget!

Terkait urusan berbisnis atau hal yang erat dengan motivasi kerja, Elon Musk memang tergolong nyentrik. Tapi, gak usah khawatir deh kamu pasti bisa kok mengikuti kiat-kiat dari beliau.

Penasaran dengan cara menjadi pengusaha sukses ala Elon Musk? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

1. Kerja seperti orang gila

Kerja keras (Shutterstock).

Waduh, maksudnya gimana ya? Kok disuruh kerja tapi kayak orang gila?

Tenang, jangan salah interpretasi dulu. Gila di sini maksudnya adalah waktu kerjanya yang gila. Tapi hal ini adalah bagian dari cara menjadi pengusaha sukses di masa depan.

Musk memang terkenal gila dalam waktu kerja. Bayangin aja, dia bisa menghabiskan waktu 80 hingga 100 jam dalam sepekan agar bisa maksimal di perusahaan-perusahaan miliknya!

2. Jangan pikirin marketing, bikin aja produk yang bagus!

Bikin produk yang layak dijual (Shutterstock).

Ketika kita merintis usaha, tentu kita bakal mikir gimana ya caranya membuat produk kita terkenal. Sejatinya hal itu sama saja dengan prinsip nikahan, kalau mau nikahan kita ramai ya kita mesti modal bikin undangan banyak. Setuju gak?

Tapi bagi Elon Musk, langkah awal dalam mendirikan usaha adalah dengan memikirkan kualitas produk. Salah besar jika kita sudah pusing duluan sama hal-hal yang berbau pemasaran.

Pikirkanlah, apakah produk yang kamu ciptakan bakal menghasilkan keuntungan atau tidak. Setelah itu baru deh pikirkan marketingnya.

3. Jangan belagu

Jadilah pribadi yang menyenangkan (Shutterstock).

Bisa dibilang, sebagai entrepreneur sukses dan seleb, Elon Musk punya banyak fans di Twitter. Tapi, dia gak pernah belagu lho. Dia membalas seluruh mention yang disuarakan para followersnya kepadanya.

Sama halnya ketika kamu mendirikan usaha dan membuat akun medsos untuk produkmu. Salah besar kalau kamu cuek dengan komentar atau direct message yang masuk ke kotak inbox.

Mau dicap belagu sama calon pelanggan?

Baca juga: Belajar Kesuksesan Berbisnis dari Sosok Rika Hardjosuwarno, Pemilik Kembang Kencur

4. Banyak-banyak baca buku

Banyak membaca buku (Shutterstock).

Kita tentu terpukau sama kecerdasannya dan inovasi yang luar biasa. Ternyata Musk adalah seorang kutu buku yang konon kabarnya sangat menyukai buku-buku ensiklopedia.

Salah satu buku terfavoritnya adalah The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy. So, berarti aktivitas yang satu ini bisa jadi cara menjadi pengusaha sukses bukan?

5. Uang bukan akhir segalanya

Uang (Shutterstock).
Uang (Shutterstock).

Bagi Elon Musk yang hartanya ratusan triliun, mungkin dia bisa bilang kalau uang bukan segalanya. Tapi buat kita, ya tentu saja uang masih sangat berharga buat masa depan dan bisnis.

Sejatinya Musk berani bilang begitu bukan karena dia sudah tajir. Justru karena dia berpikir bahwa hal yang terpenting adalah menciptakan bagaimana mencari solusi terbaik untuk habitat hidup manusia.

Itu sebabnya, saat ini dia gak mikirin duit. Dia pun sering berkomentar soal kehidupan-kehidupan di planet lain.

Baca juga: Mengenal Sosok Nilam Sari, Wanita Tangguh Dibalik Suksesnya Kebab Baba Rafi

6. Punya masalah? Biarkan semua orang tahu

Sedang mengalami problema (Shutterstock).

Kalau gitu orang lain gak perlu kepo sama kehidupan kita dong? Bukan itu maksudnya.

Dalam dunia kerja atau bisnis, gak sedikit masalah yang akhirnya gak terselesaikan dengan baik. Alhasil masalah itupun jadi menjamur dan bisa merugikan usaha yang bersangkutan di masa depan.

Bagi Musk, salah satu cara menjadi pengusaha sukses ya dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Seluruh karyawan atau manajer harus nyaman untuk berdiskusi seputar masalah-masalah yang mereka alami. Jika semua orang tahu masalah yang ada di lingkungan kerja, maka mereka bisa saling bantu membantu dalam mencari solusi.

7. Jangan kebanyakan meeting, itu gak guna!

Meeting (Shutterstock).

Meeting atau rapat memang kerap dipandang sebagai hal terpenting dalam kelangsungan usaha dan sarana komunikasi. Akan tetapi, Musk sering menganggap ritual itu sebagai hal yang buang-buang waktu.

CEO Tesla itu bahkan pernah mengirim email blast ke seluruh karyawannya tentang cara sukses dalam karier. Dia blak-blakan bilang kalau meeting adalah tindakan yang buang-buang waktu, kecuali dilakukan untuk membicarakan kelangsungan perusahaan.

8. Dengan skil komunikasi yang baik, kamu bisa sukses di mana saja

elon musk adalah
Dari dulu dia memang hobi utak-atik komputer (ecelebirtyfacts)

Percaya deh, Elon Musk bilang bahwa jika kamu pandai berkomunikasi maka kamu bisa sukses dimanapun kamu berada. Skil komunikasi itu sifatnya memang luas tapi, intinya sederhana kok.

Kamu cuma harus pandai dalam memilih kosakata, dan jangan sering menggunakan jargon-jargon gak berarti ketika menulis signature di email.

Itulah delapan cara menjadi pengusaha sukses ala Elon Musk. beberapa di antara kamu yang sudah baca tulisan ini mungkin agak keberatan sama poin pertama, yang kesannya seperti hidup untuk bekerja.

Tapi itulah risikonya jadi pengusaha yang harus bersakit-sakit dulu dan bersenang-senang kemudian. Lain halnya sama jadi karyawan yang kerja dari jam delapan hingga jam lima sore. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!