8 Channel YouTube Video Ini Bisa Jadi Solusi Buat Lebih Hemat

3 menit
Channel Youtube Video

Hari gini, mulai dari anak balita, ibu-ibu, bapak-bapak, om, tante, encang-encing, semuanya internetan. Nah, dari sekian banyak jenis konten dunia maya, bisa dibilang YouTube jadi yang paling dilirik.

Pada Januari 2017, YouTube bahkan dikukuhkan sebagai aplikasi media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia lho. Facebook aja yang nge-hits banget bisa disalip posisinya.

Keterbukaan arus informasi dan komunikasi yang sekarang, harus dimanfaatkan dengan optimal. Apalagi banyak tuh konten video YouTube yang punya manfaat buat keuangan dan bisa diaplikasikan dalam keseharian.

Ini nih delapan channel YouTube video yang ngebuktiin bahwa kita juga bisa bikin apapun pakai tangan sendiri. Ongkos minimal, hasil maksimal!

1. Dunia Kreatif

Video tutorial yang satu ini didominasi oleh panduan membuat beragam kerajinan tangan dari bahan-bahan sederhana dan murah. Dari barang bekas, botol plastik, sampai gagang es krim, semua bisa dimanfaatkan lho!

[Baca: Jangan Takut kalau Merasa Gak Kreatif Simak Tips Mudah Menjadi Kreatif Ini Dulu]

Channel YouTube Dunia Kreatif sudah dimulai sejak 28 April 2015 dengan 5.749 subscribers dan 2.221.122 views. Buat yang suka menghias rumah dengan aksesori unik, lucu, dan yang pasti hemat, bisa cek videonya di sini.

channel youtube video
Iya sih aksesori unik itu menarik, tapi gak yang kayak gini ya guys! (Model Unik / jadagram)

2. Gudang Tutorial

Gudang Tutorial membuka channel YouTube-nya sejak 18 November 2013. Hingga kini, channel ini memiliki 137.149 subscribers dan 51.943.887 views.

Konten videonya sangat bervariasi. Di sini, banyak tips yang bermanfaat dan hemat buat keseharian, seperti membuat penjepit makanan dari sendok, tempat sikat gigi dari jepitan baju, dan lainnya. Ada juga beberapa eksperimen dan rahasia sulap.

Penasaran? Simak aja di sini dan langsung dicoba.

3. Bunda Inovatif Anak Kreatif

Nah, kalau yang ini pas banget buat para orangtua, khususnya ibu-ibu muda. Tips bikin mainan dan makanan yang gak bikin keuangan keluarga merana, bisa disimak di sini. Konten edukasi buat anak juga jadi fokus channel ini.

Mulai aktif sejak 14 Februari 2016, Bunda Inovatif Anak Kreatif sudah memperoleh 2.035 subscribers dan 1.189.583 views. Yuk moms, rajin-rajin di-klik linknya di sini!

[Baca: Aktivitas yang Membuat Anak Kreatif Tanpa Harus Mengeluarkan Banyak Uang]

4. Ampas Tutorial (Kerajinan Tangan)

Channel kreatif yang satu ini mulai aktif pada 19 Januari 2017 dengan 1.543 subscribers dan 749.238 views. Dengan tagline “Buat Apa Beli Kalo Bisa Bikin Sendiri, Be Creative Guys!”, Ampas Tutorial konsisten dengan berbagai tutorial DIY dan kerajinan tangan.

Selain ekonomis, benda-benda yang dibuat sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Bahkan beberapa juga memiliki nilai jual yang tinggi seperti dompet, anting-anting, dan gantungan kunci. Daripada kepo, langsung pelajari aja semuanya di sini!

channel youtube video
Kalau udah bisa bikin barang yang dijual sendiri, harus jadi penjual yang jujur ya sis, jangan jahat kayak Rangga hehehe (Meme Cinta / brilio)

5. Tutorial Kerajinan Tangan Video

Mempercantik rumah dengan hiasan dinding, bunga plastik, hingga piring saji ternyata gak harus selalu beli. Tutorial Kerajinan Tangan Video bakal ngajarin kamu gimana cara membuatnya sendiri. Gak pakai ribet, dan jelas hemat karena memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

Channel yang mulai sejak 8 Maret 2016 dengan 11.443 subscribers dan 4.325.112 views ini sangat bermanfaat buat kamu yang punya waktu luang dan suka hal-hal yang kreatif. Gak percaya? Bisa tonton aja di sini sis!

6. Ide Kreatif DIY

Berisi konten video tutorial, tips, dan ide kreatif yang bermanfaat buat keseharian. Kita jadi tahu kalau barang bekas bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang memiliki nilai. Sejak channel ini aktif pada 5 Juli 2016, sudah ada 20.429 subscribers dan 5.141.779 views. Buat tahu apa saja ide-ide hematnya, klik di sini ya!

7. Tuah Raja

Sejak mengaktifkan channel YouTube-nya pada 19 April 2015, Tuah Raja berhasil menyedot 40.424.827 views dan 85.535 subscribers.

Di channel ini ada lho tips membuat alarm anti maling dan robot hidrolik dari bahan-bahan sederhana. Jadi gak perlu rogoh kocek lagi buat beli. Kamu bisa cek video-videonya di sini.

8. Sepuluh Menit

Sebanyak 2.439 subscribers dan 954.303 views setia mengikuti tayangan video-video dari Sepuluh Menit semenjak 18 Desember 2016. Tahu kan kalau harga furnitur gak murah, apalagi yang custom.

Lewat channel ini, kamu bisa mulai belajar bikin rak serbaguna hingga lemari sepatu dengan biaya yang ekonomis. Kalau penasaran, buka aja  link-nya nih di sini!

channel youtube video
Yang penting fungsiny bisa jadi rak ya, mau bentuknya aneh atau unik gak apa-apa. (Rak Unik / twiter)

Masih banyak video tutorial YouTube yang bisa kamu tonton dan bermanfaat buat kantong. Jangan cuma asyik nonton film atau video musik aja. Zaman yang serba canggih harusnya bisa dimanfaatkan buat mempermudah hidup dong.

[Baca: Nonton YouTube Video Lebih Hemat Kuota Kalau Pakai YouTube Go]

Kalau bisa bikin sendiri dan lebih hemat, kenapa gak?

Tifanny
Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.