8 Hari Pendaftaran, Pelamar CPNS Tembus 1 Juta Orang

2 menit
Tempo/ Santirta M
Tempo/ Santirta M

Sepanjang delapan hari masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dibuka, jumlah pelamar yang masuk telah mencapai 1 juta orang.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari hari sebelumnya sebesar 284.704 orang menjadi 1.129.212 orang.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan mengatakan, hingga saat ini sudah ada 2.844.551 orang yang membuat akun di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

“Pelamar yang telah memilih instansi sebanyak 1.129.212 orang. Jumlah pelamar yang telah diverifikasi oleh instansi: 142.041 orang,” kata Ridwan Kamis (4/10/2018).

Perpanjangan Masa Pendaftaran

Pendaftaran CPNS
Pendaftaran CPNS

Selain itu, Ridwan mengingatkan masa pendaftaran CPNS 2018 telah diperpanjang sebanyak lima hari dari jadwal semula akan berakhir pada 10 Oktober 2018 menjadi 15 Oktober 2018 pukul 23:59 WIB.

Menurutnya, perpanjangan masa pendaftaran tersebut menyusul adanya bencana yang terjadi di beberapa daerah.

“Keputusan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan terkini yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia di antaranya yang terkena dampak bencana,” kata Ridwan.

Selain itu, persoalan formasi jabatan yang belum sepenuhnya lengkap pada situs SSCN dan persoalan teknis sinkronisasi data kependudukan juga menjadi pertimbangan panitia seleksi nasional CPNS 2018 memperpanjang masa pendaftaran.

“Munculnya sejumlah kendala teknis yang dialami, di antaranya belum sinkronnya data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga,” jelas Ridwan.

BKN berharap, dengan diperpanjangnya masa pendaftaran akan mengakomodir semua kalangan masyarakat yang ingin melamar CPNS.

Instasi Sepi Peminat

Tempo/ Ishomuddin
Masa Pendaftaran CPNS 2018 (Tempo/ Ishomuddin)

Sementara itu, sejak dibukanya masa pendaftaran pada 26 September 2018 lalu terdapat beberapa instansi pemerintah pusay yang sepi peminat.

1. Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial hanya diminati 6 orang pelamar CPNS.                 2. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme hanya diminati 18 orang pelamar CPNS

3. Setjen Dewan Ketahanan Nasional hanya diminati 22 orang pelamar CPNS.

4. Badan Koordinasi Penanaman Modal hanya diminati 26 orang pelamar CPNS

5. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan hanya diminati 35 orang pelamar CPNS.

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.