Hati-Hati! 8 Pekerjaan Ini Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Pekerjanya

4 menit
Pekerjaan di bidang nuklir cukup berbahaya (Shutterstock).

Bekerja memang sebuah tahapan kehidupan yang harus dijalani manusia. Tanpa bekerja, mungkin kalian gak bisa membiayai hidup sehari-hari. Untuk dapat terus bertahan hidup, manusia terus berlomba-lomba mendapatkan jenis pekerjaan idaman mereka.

Lembaga penelitian tentang kerja O*NET baru-baru ini merilis data pekerjaan yang paling gak sehat. Indikatornya yang diukur adalah, seberapa bahayanya lingkungan dan paparan apa yang bakal didapat oleh pekerja.

Kamu mungkin berpikiran bahwa pemadam kebakaran, atau mekanik sebagai pekerjaan yang paling berbahaya. Tapi ternyata bukan keduanya, masih ada beberapa jenis pekerjaan yang lebih berbahaya dari itu. Apa saja? Berikut ini kita rangkum 10 pekerjaan paling berbahaya bagi kesehatan pekerjanya.

Baca juga: 10 Wisata Gratis yang Bisa Kamu Kunjungi di Malaysia, Jangan Kelewat Ya!

8. Tim SAR

Tim SAR (Pixabay).

Mereka memiliki tugas yang cukup berat, menyelamatkan orang-orang hilang. Mereka dituntut untuk bekerja maksimal dan mencari korban hilang di dalam reruntuhan bangunan atau lokasi bencana yang mengerikan. Oleh karenanya, proses pencarian terkadang turut mengancam nyawa mereka sendiri.

Gak semua korban yang ditemukan dalam keadaan masih hidup, ada juga yang sudah tewas bahkan tertimbun berhari-hari. Kondisi ini tentu bikin tim SAR sangat berpotensi untuk terkontaminasi dengan penyakit atau infeksi dari mayat.

Gak cuma itu, sering juga mereka bekerja untuk waktu yang cukup lama bahkan 24 jam sehari yang sangat tidak baik buat kesehatan.

7. Pemadam kebakaran

Pemadam kebakaran (Pixabay).

Ingat pepatah api kecil jadi kawan, besar jadi lawan. Nah bergelut dengan api bukanlah hal yang menyenangkan bagi pemadam kebakaran, meskipun api tersebut masih skala kecil. Pasalnya, beda-beda yang terbakar bisa mengeluarkan zat-zat berbahaya bagi tubuh.

Risiko kesehatan seperti penyakit pernapasan dan paru-paru. Belum lagi potensi mengalami kulit terbakar. Mereka juga berpotensi tertimpa reruntuhan bangunan atau material lainnya.

Baca juga: Setara dengan Harga Mini Cooper, Segini Lho Total Biaya Kuliah Selama 4 Tahun di Jakarta

6. Pekerja tambang

Pekerja tambang (Pixabay).

Namanya pekerja tambang, kamu bakalan terus-terusan terpapar oleh radiasi dan debu-debu tambang. Jika harus ke lokasi yang letaknya jauh di bawah tanah, oksigen yang kamu hirup pun akan semakin terbatas.

Saking banyaknya menghirup zat-zat berbahaya, tentunya bakal menimbulkan masalah bagi kesehatan paru-paru ke depannya. Belum lagi risiko kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh lingkungan yang dipenuhi alat-alat berat. Kalau tidak membekali diri dengan alat pelindung diri yang sesuai ketentuan, bisa-bisa nyawa melayang.

Inilah salah satu penyebab mengapa gaji pekerja tambang lebih besar dari industri lainnya, karena risiko kerjanya juga tinggi.

5. Dokter hewan

Dokter hewan (Pixabay).

Penyakit yang diderita hewan sangat berbeda dengan manusia. Oleh sebabnya, sangat berbahaya jika hewan yang terinfeksi itu menularkan virus atau penyakitnya ke dokter hewan. Itu sebabnya, pekerjaan yang satu ini sangat gak baik buat kesehatan.

Oleh sebabnya, penting bagi para pemilik hewan entah itu ternak atau hewan peliharaan turut melibatkan dokter hewan dalam upaya pencegahan. Jangan sampai hewan tersebut mengalami penyakit yang berbahaya.

Baca juga: Pemerintah Fokus Dongkrak Investasi Pariwisata dan Ekonomi Digital pada 2019

4. Pekerja di laboratorium nuklir

Nuklir (Pixabay).

Ahli di bidang nuklir jelas sangat berbahaya bagi kesehatan. Memiliki tugas mengontrol, melepaskan, hingga memanfaatkan energi nuklir bikin mereka mudah terpapar radiasinya. Belum lagi kerjanya seharian di dalam laboratorium.

Laboratorium nuklir dinilai paling berbahaya bagi kesehatan, bahkan ketika kalian baru pertama kali memasukinya, kalau tidak dilengkapi dengan pakaian pengaman, mungkin berbagai radiasi sudah masuk ke dalam tubuh.

Dikutip dari website Greenpeace, tenaga nuklir paling sangat tidak ramah terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Dampak radiasi mengakibatkan penyakit berbahaya seperti mutasi gen, kelainan reproduksi, imunitas, kanker, leukemia, hingga kardiovaskuler.

3. Pilot

Pilot (Pixabay).

Di atas pekerja nuklir, ternyata pilot masih lebih berbahaya. Indikator berbahayanya dilihat dari waktu mereka yang lebih banyak dihabiskan hanya berduduk di cockpit. Seharian duduk jelas mengganggu kesehatan mereka. Dapat mengganggu kesehatan otak, leher, bahu, dan punggung.

Jika mereka menjalani penerbangan luar negeri, potensi terkena paparan virus juga semakin besar. Belum lagi ketika kecelakaan, risiko meninggal dunianya sangat besar.

Tapi sejauh ini, profesi pilot masih menjadi profesi favorit karena gaji yang besar tentunya.

2. Petugas imigrasi

petugas imigrasi bandara (Shutterstock).

Petugas imigrasi di pintu masuk negara misalnya seperti bandara ternyata adalah jenis pekerjaan yang buruk bagi kesehatan. Bagaimana tidak profesi yang bertugas menjaga pintu masuk negara ini lebih sering terpapar orang-orang asing. Sejauh ini, pemeriksaan terhadap virus dan sebagainya yang dibawa oleh orang asing masih sangat sulit dideteksi. Alhasil petugas imigrasi menjadi pihak yang pertama kali terpapar. Bagaimana jika turis datang dari luar negeri membawa virus yang berbahaya?

1. Dokter gigi

Dokter Gigi (Pixabay).

Siapa sangka kalau lembaga peneliti O*NET, menaruh dokter gigi di peringkat puncak jenis pekerjaan yang paling berbahaya bagi kesehatan pekerjanya. Jika dilihat dari indikator terpapar virus sih bisa saja. Dikutip dari rdhmag.com, dokter gigi berpotensi untuk lebih mudah terpapar penyakit herpes, flu, dan lainnya. Tapi bahaya tersebut bisa dihindarkan dengan menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan juga masker.

Sebagai dokter gigi juga lebih banyak menghabiskan waktu hanya duduk-duduk menunggu pasien. Bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat terlalu lama duduk itu ternyata banyak, mulai dari risiko kanker, diabetes, obesitas, kardiovaskular.

Setelah dilihat daftar 8 jenis pekerjaan di atas, rata-rata sih masih jadi favorit para pencari kerja di Indonesia ya. Jadi gak meski berbahaya, kayaknya gak bakal sepi peminat, apalagi gaji yang ditawarkan gak main-main besarnya. Siapapun pasti tergiur dengan gaji yang diberikan dan melupakan sejenak bahaya yang bakal dialami. Selama bekerja sesuai dengan standar operasionalnya, mudah-mudahan bahaya bakal pergi jauh deh! (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan