8 Keluarga Kaya Raya Ini Sering Disebut Menguasai Dunia, Siapa Saja Mereka?

4 menit
Ernest Oppenheimer.

Situs Bright Side telah menghimpun nama-nama keluarga terkaya di dunia yang dikabarkan menguasai dunia. Waduh kok serem amat ya.

Baiklah, beberapa di antara kamu mungkin sering dengar ungkapan kalau dunia ini memang dikontrol oleh segerombolan orang kaya.

Beberapa di antara mereka hidup menjauh dari publikasi, ada juga yang menguasai pemerintahan di suatu negara, sementara itu yang lain justru membaur di antara kita semua tanpa kita sadari.

Dan gak jarang, keberadaan mereka sering dikait-kaitkan dengan hal yang berbau konspiratif. Sebut saja, mereka disebut sanggup mempengaruhi kebijakan pemimpin di negaranya atau bahkan di dunia.

Kalau dipikir-pikir, hal itu masih simpang siur. Namun yang jelas mereka semua tergolong sebagai keluarga terkaya di dunia.

Ingin tahu siapa keluarga-keluarga yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Baca juga: Bukan Bersantai, Ini Aktivitas yang Dilakukan Orang Sukses Setelah Pulang Kerja

1. Rockefeller

Rockefeller

Jumlah harta yang dimiliki keluarga Rockefeller ini memang simpang siur, namun beberapa media sempat menyebut ada di kisaran US$ 1 hingga! Triliun lho, bukan miliar. Kalau di Rupiahkan kurang lebih ya Rp 14 ribu triliun.

Nama keluarga ini memang gak asing di telinga kita terutama yang memang hobi baca artikel-artikel bisnis dan politik internasional.

John Rockefeller adalah pria yang berjasa meningkatkan status keluarga ini jadi terpandang. Pada akhir abad ke 19, perusahaan milik keluarga ini menguasai 90 persen pangsa pasar minyak di Amerika Serikat. Karena hampir semua perusahaan minyak di negara tersebut memang didirikan oleh anggota keluarga ini.

Konon kabarnya, Rockefeller juga punya andil di Perang Dunia II karena mendukung Sekutu dan Nazi Jerman. Bahkan teori konspirasi sempat menyebutkan kalau mereka terlibat dalam salah satu organisasi terselubung yang sangat berpengaruh.

2. Morgan

John Pierpont Morgan

Gak sedikit para pengamat politik penganut teori konspirasi menyebutkan bahwa keluarga ini mengontrol peta politik di Amerika Serikat, dan aktivitas bank dunia! Wow kalau memang benar seperti apa tajirnya mereka ya.

John Pierpont Morgan adalah anggota keluarga Morgan pertama mendirikan gurita bisnis di bidang keuangan pertama di AS. Dia juga dikabarkan menjual senjata di era Perang Saudara, tindakan itu pun nyaris membuat mereka didakwa.

Di tahun 1907, keluarga Morganlah yang kabarnya menyelamatkan perbankan di Negeri Paman Sam. So, gak heran kalau di Amerika banyak sekali embel-embel Morgan di dunia perbankan.

Keluarga ini jugalah yang disebut mengontrol perusahaan General Motors dan General Electric.

Baca juga: Mulai Sekarang, Jangan Buang Slip Gaji Kamu, Ini Alasan dan Keuntungannya

3. Al Saud

Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Nah keluarga terkaya di dunia yang ketiga ini asalnya dari Timur Tengah, lebih tepatnya adalah Arab Saudi. Keluarga ini merupakan penguasa Pemerintahan Arab Saudi sejak 1932 silam.

Saat ini, Arab Saudi dipimpin oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Dia memiliki kekuasaan yang absolut di negaranya.

Keluarga Al Saud memang dibebaskan untuk memilih pekerjaan sesuai yang mereka mau. Dan Arab Saudi itu sendiri merupakan salah satu negeri penghasil minyak terbesar di dunia.

Kekayaan Raja Salman sendiri sekarang mencapai Rp 244 triliun. Sebagai keluarga kerajaan terkaya, Al Saud menduduki peringkat ketiga di bawah Raja Thailand dan Sultan Brunei.

4. Rothschild

Mayer Amschel Rothschild

Nama ini juga bikin merinding kalau disebut, dan erat dengan perbincangan-perbincangan seputar konspirasi.

Pada intinya, keluarga Rothschild adalah keluarga terkaya di dunia di era Napoleon masih berkuasa. Kejayaan Rothschild dimulai dari Mayer Amschel Rothschild. Pria itulah yang mendirikan bisnis perbankan terbesar di Jerman.

Banyak teori-teori konspirasi yang menyebutkan bahwa peredaran uang di dunia ini dikontrol oleh Rothschild. Sebagian lain juga mengatakan, Rothschild yang bisa memicu peperangan di dunia ini.

Total aset dari Rothschild dikabarkan mencapai US$ 2 triliun atau Rp 28 ribu triliun! Rockefeller juga sering disebut masih memiliki hubungan darah dengan Rothschild.

5. Baruch

Bernard Baruch

Kekayaan keluarga Baruch memang jauh di bawah Rothschild maupun Rockefeller. Tapi tahu gak sih, Bernard Baruch (pelopor keluarga ini) merupakan penasihat dari lima Presiden Amerika Serikat dan sahabat Winston Churchill.

Dia juga merupakan seseorang yang pencetus istilah “Perang Dingin.” Dan dia juga disebut sebagai orang yang mengawal proses diciptakannya bom atom! Bahkan ada beberapa pengamat juga yang bilang kalau dia yang menciptakan sistem pemerintahan di dunia ini. Nah lho.

Informasi mengenai keluarga Baruch memang gak banyak. Dia memiliki dua putri dan satu putra. Putranya yaitu Bernard Baruch Jr. sudah meninggal dunia di tahun 1990an. Konon kabarnya, mereka mengendalikan pemerintahan Amerika Serikat di balik layar.

Baca juga: Dari Perawat Hingga Penguji Kasur, Ini Pekerjaan Paling Membahagiakan bagi Wanita

6. Walton

Walmart

Keluarga pendiri dari jaringan supermarket terbesar di dunia, Walmart, ini disinyalir memiliki kekayaan US$175 miliar atau Rp 2.450 triliun. Dan memang benar bahwa mereka diakui sebagai keluarga terkaya di dunia.

Selain jaringan supermarket, mereka juga menguasai Arvest Bank dan memiliki beberapa koleksi seni yang sangat langka di dunia.

7. Windsor

Sama seperti Saud, keluarga ini juga merupakan keluarga yang memimpin negara. Mereka adalah keluarga Kerajaan Inggris.

Ratu Elizabeth II adalah kepala negara sekaligus Pemimpin Gereja di Britania Raya. Ratu Elizabeth disebut-sebut memiliki harta kekayaan sebesar US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,14 triliun.

8. Oppenheimer

Ernest Oppenheimer

Keluarga terkaya di dunia yang satu ini adalah raja tambang. Ernest Oppenheimer, bermigrasi ke Kimberley, Afrika Selatan, dan menjadi walikota di sana. Dan gak lama, dia menjadi pemimpin perusahaan pertambangan berlian serta memonopoli perdagangan dunia.

Sekarang, gurita bisnis itu diwariskan pada cucunya yaitu Nicky Oppenheimer. Keluarga itu gak cuma menguasai pertambangan berlian melainkan juga emas, besi, platinum, dan beberapa hasil tambang lainnya.

Itulah delapan keluarga terkaya di dunia yang seringkali disebut menguasai dunia. Wajar saja sih kalau mereka dianggap seperti itu, bisnisnya juga gak main-main. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.