8 Langkah Mengatur Keuangan Pasangan Baru Menikah, Biar Rumah Tangga Gak Cuma Seumur Jagung

4 menit
mengatur keuangan pasangan baru menikah

Duit yang banyak memang bisa bikin segalanya jadi gampang. Tapi bahaya kalau punya duit banyak tapi gak bisa atau gak tahu cara mengaturnya.

 

Apalagi buat keluarga muda. Pasangan yang baru atau berencana menikah perlu betul-betul mikirin keuangan bareng-bareng demi masa depan yang cerah.

 

Meski orang tua kaya raya dan menjanjikan warisan melimpah, bukan berarti kita bebas berleha-leha karena mikir, “Halah, ntar juga dapat warisan.” Kenapa?

 

Pertama, pikiran itu kurang bijak karena seperti gak menghormati kerja keras orang tua untuk mengumpulkan dan menjaga kekayaan tersebut. Kedua, harta warisan itu bisa saja lenyap dalam sekejap karena kita gak siap mengaturnya!

 

Ya, keuangan keluarga bukan kayak pesawat canggih yang bisa dibikin autopilot alias jalan sendiri tanpa ada yang mengendalikan. Harus ada tangan mumpuni yang pegang kemudi urusan duit ini.

 

Sebagai referensi, berikut ini ada 8 tips mengatur keuangan pasangan baru menikah secara simpel.

1. Mupuk duit terus

Tabungan adalah hal yang mutlak diperlukan dalam keluarga. Harus ada duit yang disisihkan secara rutin per bulan untuk ditabung, dan pengaturan ini sebaiknya gak diutak-atik. Misalnya penghasilan total suami-istri Rp 20 juta.

 

Buat tabungan, bisa disisihkan Rp 10-15 juta, gak boleh kurang dari Rp 10 juta. Pos tabungan ini bisa dipecah-pecah lagi, contohnya buat tabungan rencana pendidikan anak, tabungan pensiun, tabungan dana darurat, tabungan investasi, dan lain-lain.

 

 

mengatur keuangan pasangan baru menikah

 Mumpung masih fresh, wajib nih buat pasangan baru bikin rekening tabungan bersama

 

 

[Baca: Ketahui 7 Jenis Tabungan Bank di Indonesia Ini Agar Tak Salah Pilih]


2. Berjalan beriringan

Sebagai pasangan suami-istri, lebih bijak kalau tabungan keluarga dibikin dalam 1 rekening. Jadi tabungan ini milik bersama, bukan hanya disimpan di rekening atas nama suami atau istri.

 

Kalau sudah ada rekening bersama ini, baru bisa memiliki rekening pribadi. Tapi, kedua pihak harus sama-sama terbuka soal dana dalam rekening pribadi itu.

 

Gunanya, biar kedua pihak bisa saling mengontrol dan bertanggung jawab dalam hal keuangan keluarga. Jadi, bisa sama-sama menjaga rencana masa depan biar gak berantakan gara-gara ada satu pihak yang pengin menang sendiri.

 

3. Edit penerima manfaat

Kalau sebelum nikah udah ikut asuransi atau investasi reksa dana, misalnya, ubah penerima manfaat dari program itu menjadi atas nama istri. Penerima manfaat adalah orang yang beroleh manfaat suatu kegiatan keuangan.

 

Contohnya ikut asuransi jiwa. Kalau meninggal, penerima manfaat setelah kita menikah bisa diubah menjadi istri. Anak juga bisa diikutkan sebagai penerima manfaat kelak kalau sudah ada buntut itu.


4. Senasib sepenanggungan

Kalau udah jadi suami-istri, harta ya harta bersama. Utang ya juga kudu ditanggung bareng-bareng.

 

Artinya, kalau ada masalah keuangan sebelum nikah, contohnya utang kartu kredit, ya harus diceritakan ke pasangan. Kalau dipendam, bisa jadi bom waktu yang pada saatnya akan meledak dan bisa saja bikin keluarga pecah berkeping-keping.

 

[Baca: Stress Terlilit Utang Bank? Jangan Panik, Begini Opsi Penyelesaiannya]

 

 

mengatur keuangan pasangan baru menikah

 Menikah itu dua jadi satu, singkirkan ego dan jalan deh seia sekata, ciyeee…

 

 

5. Deal or no deal

Saat akan membelanjakan duit penghasilan, sebaiknya konsultasi dengan pasangan. Terutama buat kebutuhan pribadi yang mengores kocek, kayak beli handphone keluaran terbaru.

 

Dalam konsultasi ini akan ada diskusi, perlu gak beli barang itu. Terus gimana bujetnya? Dan akhirnya, bisa beli atau gak berdasarkan diskusi keuangan keluarga tersebut.

 

6. Catat..catat..catat…

Jika udah berkeluarga, tinggalkan kebiasaan buruk lama kayak gak cermat menghitung penghasilan dan pengeluaran. Sebaiknya, catat berapa penghasilan dan pengeluaran dalam sebulan.

 

Ini berguna buat mastiin keuangan keluarga aman buat masa mendatang. Juga buat mematok bujet untuk pengeluaran yang perlu perencanaan super matang, misalnya beli rumah.

 

[Baca: Perhatikan Jembrengan Biaya dalam Transaksi Jual Beli Rumah atau Properti Lainnya]

 

7. Asuransi penting bukan main

Jika kita adalah peramal, boleh deh nganggap enteng asuransi. Peramal kan bisa melihat masa depan, jadi tahu kalau ada insiden yang bakal menimpa pada masa mendatang.

 

Tapi kalau bukan peramal, sebaiknya mulai pahami betapa pentingnya asuransi buat keuangan masa depan. Coba, kalau anak masih piyik kemudian kita kecelakaan terus cacat permanen dan gak bisa kerja. Mau makan apa buah cinta itu?

 

[Baca:  Melihat Pentingnya Asuransi bagi Masa Depan Keuangan Anda]


8. Berbagi kunci brankas

Demi keamanan, simpan segala dokumen di tempat yang aman, khususnya dokumen yang berhubungan dengan keuangan. Tapiiiii….baik suami maupun istri harus tahu di mana lokasi penyimpanan itu.

 

Jadi, misalnya istri butuh buku tabungan untuk suatu keperluan, dia bisa nyari sendiri saat suami tak ada. Begitu juga dokumen lain kayak surat nikah atau akta kelahiran anak kelak.

 

 

mengatur keuangan pasangan baru menikah

Saat udah jadi suami isteri, jangan lagi ada rahasia apalagi soal keuangan 

 

 

Selain kedelapan tips di atas, ada satu hal yang perlu diingat dalam hal mengatur keuangan pasangan baru menikah : hindari ketergantungan pada orang tua. Sebagai keluarga baru, kadang masih ada rasa bergantung pada orang tua seperti saat belum nikah.

 

Orang tua yang kaya raya bukan jaminan keturunannya juga bakal punya duit melimpah kelak. Kecuali, ada keahlian dalam mengatur keuangan keluarga.

 

 

Terserah kita mau ikut yang mana. Santai kayak di pantai tapi terancam bangkrut atau bener mikirin lahir-batin cara mengatur keuangan yang pas dan lebih menjamin keberlangsungan finansial keluarga.

 

 

 

Image Credit :

  • http://mensjourneyid.com/wp-content/uploads/2014/02/Tabungan-Bersama-2.jpg
  • http://images.weddingku.com/images/upload/articles/images/everyday02.jpg
  • https://www.aturduit.com/articles/wp-content/uploads/2015/09/how_to_buy_your_first_home.jpg.pagespeed.ce.QVeP2q7A1Y.jpg

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan