Seberapa Dominan Dolar Amerika Serikat Dipakai Negara-Negara di Dunia?

3 menit
Dolar Amerika Serikat diketahui paling dominan penggunaannya sebagai mata uang global (Shutterstock).
Dolar Amerika Serikat diketahui paling dominan penggunaannya sebagai mata uang global (Shutterstock).

Berkat Perjanjian Bretton Woods (1944), Dolar Amerika Serikat menjadi mata uang global yang digunakan banyak negara di dunia. Soalnya isi perjanjian tersebut menegaskan penggunaan Dolar sebagai mata uang cadangan yang mengacu pada emas.

Walaupun perjanjian tersebut ditiadakan secara sepihak oleh Pemerintah Amerika Serikat sejak 1971, Dolar Amerika Serikat hingga saat ini masih dipakai banyak negara di dunia. Mulai dari urusan transaksi antarnegara, antarlembaga, hingga menjadikannya sebagai cadangan devisa.

Wajar aja Dolar Amerika Serikat yang beredar di dunia membengkak jumlahnya. Kalau jumlah yang beredar pada 27 Juni 2018 mencapai US$ 1,67 triliun, data terakhir pada 31 Januari 2019 dari Federal Reserve menunjukkan jumlahnya mencapai US$ 1,70 triliun.

Dengan jumlah uang beredar yang sedemikian besar, apakah Dolar Amerika Serikat menjadi mata uang yang paling dominan penggunaannya di seluruh dunia? Berikut ini ulasannya.

Ada 8 mata uang yang dipilih banyak negara sebagai cadangan devisa, apa aja?

Mata uang
Uang sebagai cadangan devisa (Shutterstock).

Data yang dihimpun Statista menyebutkan ada delapan yang dijadikan banyak negara sebagai cadangan devisa. Data tersebut merujuk pada laporan Currency Composition of Official Foreign Exchange Reserves (COFER) yang mengungkapkan cadangan devisa dunia dengan nilai US$ 10,9 triliun.

Dari cadangan devisa yang sebesar itu, seberapa dominan posisi yang dipilih sebagai cadangan devisa? Berikut ini daftarnya yang tercatat selama kuartal I tahun 2019.

 

Mata uang global Persentase sebagai cadangan devisa
Dolar Amerika Serikat 61,82 persen
Euro 20,24 persen
Yen Jepang 5,25 persen
Pound Sterling 4,54 persen
Franc Swiss 2,45 persen
Renminbi China 1,95 persen
Dolar Kanada 1,92 persen
Dolar Australia 1,67 persen

 

Data terakhir ini menunjukkan dengan jelas kalau Dolar Amerika Serikat masih mendominasi dalam pembentukan cadangan devisa banyak negara di dunia. Sekitar 61,82 persen dari US$ 10,9 triliun menjadi pembentuk cadangan devisa di dunia.

Asal tahu aja nih, Dolar Amerika Serikat masih diandalkan hingga saat ini sebagai salah satu pelindung nilai yang terbilang aman. Terlebih penggunaan uang global yang satu ini sangat bermanfaat di negara-negara yang gak stabil dari sisi politik dan ekonomi.

Lalu, negara-negara mana aja yang menyimpan banyak uang asing buat menjadi cadangan devisa? Ada 10 negara yang diketahui memiliki cadangan devisa dari uang asing.

Negara-negara yang menyimpan mata uang asing dalam jumlah banyak, antara lain China, Jepang, Swiss, Arab Saudi, Rusia, Taiwan, Hong Kong, India, Korea Selatan, hingga Brazil. 

China menjadi negara nomor satu yang menyimpan mata uang asing sebagai cadangan devisa dalam jumlah besar. Nilai cadangan devisa yang dimiliki China mencapai US$ 3,21 triliun. 

Kenapa emas gak dipilih banyak negara dalam pembentukan cadangan?

Mata uang
Emas (Shutterstock).

Walaupun emas punya fungsi sebagai lindung nilai, ternyata gak banyak negara yang menggunakannya. Bahkan, Arab Saudi pun lebih memilih membentuk cadangan devisanya dari uang asing ketimbang emas.

Saudi beralasan menyimpan mata uang asing lebih bermanfaat dalam melindungi ekonominya kalau seandainya harga minyak dunia tertekan. Alasan ini ada benarnya sebab emas dan Dolar Amerika Serikat punya hubungan yang terbalik.

Saat Dolar Amerika Serikat menguat, bukan cuma mata uang domestik semisal Rupiah aja yang melemah, melainkan harga emas pun turut melemah. Makanya emas dinilai kurang mampu dalam menjaga kondisi ekonomi.

Itu tadi informasi mengenai mata uang global yang dipilih banyak negara buat membentuk cadangan devisanya. Semoga informasi barusan bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!