Banner ImageBanner Image

Ini 8 Orang Paling Pelit Sejagat, Ada yang Bikin Anaknya Menderita

5 menit
John F. Kennedy, salah satu orang kaya yang dianggap orang pelit. (Wikimedia Commons)
John F. Kennedy, salah satu orang kaya yang dianggap orang pelit. (Wikimedia Commons)

Jadi orang kaya itu bisa jadi karena takdir atau prestasi, tapi jadi orang pelit itu pilihan. Jangan heran ya kalau ternyata gak sedikit lho orang kaya di dunia ini yang punya sifat pelit.

Sifat-sifat orang pelit ini jelas gak kayak orang-orang terkaya di dunia yang gemar berdonasi. Gak jarang, tindakan mereka memang bikin kita ngelus dada atau malah jadi emosi.

Intinya, kebiasaan mereka yang satu ini jangan ditiru deh kalau kamu memang ingin jadi sosok yang inspiratif.

Time telah mengumpulkan nama-nama dari orang kaya yang dinyatakan sebagai orang terpelit di dunia. Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: 4 Presiden Amerika yang Hidupnya Irit, Malah Ada yang Cenderung Pelit

1. Charlie Chaplin (1889 – 1977)

Charlie Chaplin, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)
Charlie Chaplin, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)

Generasi zaman old pasti kenal sama komedian pantomim yang tajir pada masanya. Bayangin saja, di tahun 1916 dia punya penghasilan US$ 10 ribu dalam waktu sepekan! Itu sih sudah bisa dikatakan super crazy rich.

Kalau dihitung-hitung, uang sebesar itu ya kurang lebih sama saja dengan punya honor Rp 3 miliar di zaman now ini.

Seorang penulis bernama Kenneth Lynn mengatakan bahwa Chaplin memang sering “belaga kere.” Ketika dia makan malam bersama temannya, dia selalu minta dibayarin tuh.

Aktor senior pemeran Don Vito Corleone (Godfather) bahkan menyebutnya sebagai seorang tiran, dan seorang yang sama sekali gak pernah keluar duit seumur hidup. Dan usut punya usut, Chaplin pernah meminta tukang kayu di studio film tempat dia bekerja untuk membantu proses pembangunan rumahnya, tujuannya ya biar bisa ngirit, daripada bayar tukang lain.

Baca juga: Urutan Zodiak dari yang Boros Sampai yang Pelit, Kamu yang Mana?

2. J. Paul Getty (1892 – 1976)

J. Paul Getty, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)
J. Paul Getty, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)

Juragan minyak yang satu ini juga merupakan orang pelit sedunia. Mengapa demikian? Karena dia selalu terbang dengan penerbangan kelas mewah tapi sama sekali gak mau bayar tiket.

Dia juga selalu memilih penginapan di hotel-hotel mewah, akan tetapi kamar yang dia pilih adalah kamar yang termurah.

Ketika dia membeli rumah mewah di London, dia juga melakukan hal yang cukup mengejutkan. Yaitu memasang telepon berbayar untuk para tamu, wah gila sih ini.

Baca juga: Gemar Beramal, Ini Dia Rosy Riady Istri Dato Sri Tahir yang Modis Abis

3. Cary Grant (1904 – 1986)

Cary Grant, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)
Cary Grant, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)

Lucu, tampan, dan pelit, mungkin itu tiga kata yang menggambarkan sosok aktor kawakan di era tahun 1930-an ini. Di tahun itu, Grant memang menjadi salah satu seleb dengan bayaran termahal yang menikah dengan salah satu perempuan terkaya di dunia, Barbara Hutton.

Akan tetapi, dia memang sangat pelit dalam urusan hidup. Dia menagih biaya laundry dan segala pengeluaran bagi teman atau kerabat yang menginap di rumahnya.

Bahkan fansnya pun dimintai uang 25 sen jika ingin meminta tanda tangannya! Katanya sih buat donasi, tapi gak tau deh realitanya.

Baca juga: Bikin Jatuh Cinta! 5 Seleb Korea Ternama Ini Gemar Beramal

4. Hetty Green (1834 – 1916)

Hetty Green, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)
Hetty Green, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)

Dia adalah seorang jawara investasi yang kalau dia hidup di tahun ini, mungkin kekayaannya setara dengan Rp 28 triliun. Selama masih hidup, Green pernah dinobatkan sebagai perempuan terkaya di Amerika Serikat sekaligus “Nenek Sihir Wall Street.”

Julukan “nenek sihir” diberikan padanya lantaran dia selalu mengenakan setelan hitam-hitam saat ngantor. Selain itu, Green adalah seorang yang dingin.

Mengapa dia disebut orang pelit? Karena setiap kali berobat ke klinik, dia rela mengenakan pakaian lusuh agar bisa berobat gratis. Green juga dikabarkan menggunakan nama palsu. Segitunya lho, padahal dia orang kaya raya.

Yang bikin emosi, putranya sempat kehilangan kakinya sendiri karena Green menolak membayar biaya pengobatan. Asli, jahat banget!

Meski dia punya aset properti di New York, Boston, dan Chicago, dia justru menyewa apartemen murah. Makan di restoran pun dia masih nawar. Ada ya orang kayak gini.

5. Leona Helmsley (1920-2007)

Leona Helmsley, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)
Leona Helmsley, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)

Istri pemilik The New York Hotel ini adalah perempuan dengan gaya flamboyan. Namun, banyak orang yang gak menyukainya, serta menganggap perempuan ini layaknya tiran.

Dia sendiri pernah blak-blakan mengatakan, “kita (orang kaya) gak perlu bayar pajak, hanya rakyat kecillah yang harus bayar.” Alhasil, dia pun pernah dituntut oleh delapan kontraktor.

Selain ngemplang pajak, dia juga sempat dinyatakan memalsukan penjualan dari perusahaannya. So, akhirnya Helmsley sempat merasakan hidup di balik jeruji besi.

6. H.L Hunt (1889 – 1974)

H.L Hunt, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)
H.L Hunt, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)

Hunt juga merupakan seorang pengusaha di bidang minyak. Meski kaya, dia pun kerap disebut orang pelit.

Akan tetapi, pelitnya justru merugikan dirinya sendiri karena bikin capek. Sebut saja seperti dia harus memotong rambutnya sendiri, nyetir sendiri walau sudah berumur, dan memarkir mobilnya jauh di luar kantor hanya biar gak bayar parkir.

Usut punya usut, Hunt ternyata hidup poligami dan memiliki tiga keluarga. Akan tetapi, cuma satu keluarga saja yang diketahui oleh publik. Dia sendiri punya tujuh orang anak.

Mungkin biar bisa ngirit kali ya, berhubung punya istri banyak dan anak banyak. Ya otomatis dia harus ekstra hemat.

7. John F. Kennedy (1917 – 1963)

John F. Kennedy, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)
John F. Kennedy, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)

Presiden Amerika Serikat yang tewas ditembak ini, memang terkenal sering berdonasi. JFK sendiri adalah orang yang tajir dari lahir.

Akan tetapi, pria ganteng yang satu ini mirip-mirip Charlie Chaplin soal urusan hidup. Sebab, ia nyaris gak pernah keluar duit sepeser pun buat makan dan selalu minta dibayarin oleh teman, rekan, bahkan anggota Secret Service alias Paspampres AS.

Sifat ngirit yang nyerempet pelit itu pun berakibat fatal ketika istrinya ketahuan belanja pakaian dengan duit kas Gedung Putih. Untungnya, JFK gak ngeles dan dia mengakui hal itu.

8. Aristotle Onassis (1906 – 1975)

Aristotle Onassis, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)
Aristotle Onassis, salah satu crazy rich yang dikenal orang pelit. (Wikimedia Commons)

Usai JFK meninggal, Jacqueline Kennedy akhirnya menikahi pengusaha kapal yang juga merupakan seorang crazy rich ini. Tapi, Onassis juga sering disebut orang pelit seperti JFK.

Onassis adalah orang yang royal terhadap istrinya. Akan tetapi, dia sangat pelit untuk memberikan uang tip. Dia rela lho gak pakai jas jika mengunjungi klub malam hanya karena ogah bayar US$ 5 untuk tip.

Itulah delapan orang pelit sejagad yang ternyata adalah para crazy rich pada masanya. Pada intinya pelit itu beda sama hemat, dan sama sekali gak bisa disamakan.

Pelit justru bakal merugikan diri sendiri atau orang lain yang ada di dekat kita. Coba saja lihat yang nomor empat. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan