Banner ImageBanner Image

Gaya Liburan Ketua DPR Sampai Jokowi, dari yang Sederhana Hingga Mewah!

3 menit
Gaya liburan pejabat Tanah Air salah satunya Ketua DPR Bambang Soesatyo (Instagram/@bambang.soesatyo)
Gaya liburan pejabat Tanah Air salah satunya Ketua DPR Bambang Soesatyo (Instagram/@bambang.soesatyo)

Menteri, anggota DPR, atau presiden juga manusia. Itu artinya, mereka butuh liburan untuk menghilangkan kepenatan. Berbicara tentang liburan, seperti apa sih gaya liburan para pejabat di Indonesia?

Bisa dibilang, gaya mereka cukup beragam. Ada yang kelihatan sederhana saja, ada yang mewah.

Tapi, balik lagi, sederhana atau mewahnya gaya liburan mereka tentu dipengaruhi selera dan kondisi kantong. Kalau lagi banyak duit, ya gak apa-apalah mewah-mewah.

Penasaran dengan gaya liburan mereka? Simak, ulasannya di bawah sini yuk:

1. Sri Mulyani

Gaya berlibur Sri Mulyani ke Papua (Instagram/@smindrawati)
Gaya berlibur Sri Mulyani ke Papua (Instagram/@smindrawati)

Tepat pada Januari 2019, Sri Mulyani mengunggah foto liburannya ke Raja Ampat di akun Instagramnya. Dia tampak mengenakan topi, kaca mata hitam, polo shirt putih, jogger pants, dan sneaker.

Dalam caption foto tersebut, Sri Mulyani mengungkapkan rasa kagumnya terhadap penampakan alam di Raja Ampat yang sangat indah.

Menteri Keuangan RI ini memang pernah menyindir orang-orang Indonesia yang sering liburan ke luar negeri. Dia menyebutkan, defisit terjadi karena devisa yang keluar lebih banyak ketimbang yang masuk.

Dan, salah satu yang bisa menekan defisit transaksi ada di sektor pariwisata. Itu tandanya, jika jumlah orang RI yang sering liburan ke luar negeri, makin berkurang ya defisit transaksi bakal bisa ditangani.

Mungkin karena alasan itulah yang membuat Sri Mulyani memilih Raja Ampat sebagai tempat untuk melepas penat.

Baca juga: Gaya Liburan Menteri Susi, Khofifah Sampai Sri Mulyani, Siapa Paling Kece?

2. Susi Pudjiastuti

Gaya liburan Menteri Susi Pudjiastuti (Instagram/@susipudjiastuti115)
Gaya liburan Menteri Susi Pudjiastuti (Instagram/@susipudjiastuti115)

Menteri Kelautan dan Perikanan yang nyentrik ini memang sangat mencintai wisata pantai. Perempuan asal Pangadaran ini pun mengaku sudah sering bolak balik Bangka Belitung.

Susi menginjakkan kakinya pertama kali di Negeri Laskar Pelangi itu pada tahun 2015. Di tahun 2018, dia kembali ke sana untuk membuka International Kayak Marathon.

Tepat pada Januari 2019, dia dan keluarganya juga kembali menyambangi kota ini untuk berlibur dengan keluarga.

Tempat yang dituju menteri yang juga pebisnis di bidang transportasi udara ini adalah pesisir Pantai di Kecamatan Sijuk, dan Pulau Leebong di Kecamatan Membalong.

Gaya liburan menteri nyentrik ini bisa dibilang santai-santai saja, alias gak formal sama sekali.

Baca juga: Gak Melulu Formal! Gini Gaya Liburan Najwa Shihab yang Kasual tapi Tetap Kece

3. Lukman Hakim Syaifuddin

Gaya liburan Lukman Hakim Syaifudin
Gaya liburan Lukman Hakim Syaifudin

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin juga belum lama ini mengajak keluarganya liburan ke Bandung di awal 2019.

Meski liburan itu sangat singkat, yaitu cuma tiga hari dua malam saja, gaya liburan Menag  cukup unik lantaran sama sekali gak bawa kendaraan ketika di Kota Kembang. Selama di sana, mereka justru memilih naik taksi online saja.

Kabarnya, jumlah order Gocar dan Grab yang dilakukan beliau sampai 11 kali. Tapi, gak apa-apa deh daripada stres nyetir gara-gara macet.

4. Bambang Soesatyo

Gaya liburan Bamsoet (Instagram/@bambang.soesatyo)
Gaya liburan Bamsoet (Instagram/@bambang.soesatyo)

Bisa dibilang gaya liburan Ketua DPR kita ini paling keren dari yang lain. Belum lama ini, pria yang akrab disapa Bamsoet itu memang terlihat sedang berada di Bali bersama keluarganya.

Mereka menyambangi Pantai Double Six, Giannyar, dan Black Stone Villa. Pokoknya kelihatan banget deh liburan beliau adalah liburan yang mewah!

Pada awal Januari 2019, dia juga menyambangi Turki bersama keluarganya. Sebelum menginjakkan kaki di Turki, dia juga sempat bertandang ke Kedutaan Besar RI di Dubai.

Pokoknya asyik banget deh lihat Pak Bamsoet liburan. Dijamin bikin mupeng!

5. Presiden Jokowi

Gaya liburan Presiden Jokowi (Dok.Instagram/@jokowi/https://www.instagram.com/p/BrHK06-ACxC/Komarudin)
Gaya liburan Presiden Jokowi (Dok.Instagram/@jokowi/https://www.instagram.com/p/BrHK06-ACxC/Komarudin)

Lantas, bagaimana sih gaya liburan ala Presiden Joko Widodo?

Jokowi memang gak pernah jauh-jauh soal liburan. Paling sering dia malah jalan-jalan di Kebun Raya Bogor, dan kalau jauh, ya paling ke Raja Ampat.

Di akhir 2018, dia sempat terlihat berjalan-jalan sama keluarga dan cucu-cucunya. Hanya putra bungsunya, Kaesang saja yang gak terlihat di dalam foto itu.

Sekalinya ke luar negeri, Jokowi memang gak pernah liburan, melainkan mengadakan kunjungan kerja. Putra-putranya pun sempat ikut, tapi disuruh bayar sendiri.

Peristiwa itu terjadi pada 2017, saat Jokowi mengadakan lawatan ke Jerman dan Turki.

Itulah gaya liburan para pejabat di Indonesia yang sempat tertangkap di media. Rata-rata sih sederhana semua, dan destinasi wisatanya juga gak jauh-jauh.

Itu tandanya bahwa Indonesia memang kaya akan destinasi wisata yang apik. Ngapain harus ke luar negeri. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan