9 Vokalis Band Rock Legendaris yang Hartanya Rp 1 Hingga Rp 9 Triliunan

4 menit
Bono, vokalis band U2 (Instagram).

Dalam dunia musik, gak jarang para vokalis band mengantongi kekayaan yang jauh lebih banyak ketimbang personil lain. Wajar saja, mereka bukan cuma motor alias frontman dari band yang bersangkutan, mereka bisa disebut sebagai orang yang paling mudah dikenali oleh fans.

Berbekal ketenaran yang melebihi drummer, basis, maupun gitarisnya, para vokalis juga berpotensi jadi lebih sukses jika mereka sanggup membuat album solo.

Namun biar kata sering disebut paling sukses dan dikenal, jadi vokalis itu gak gampang. Mereka harus punya kemampuan public speaking di atas rata-rata.

Berikut ini adalah deretan vokalis band rock yang memiliki kekayaan fantastis berdasarkan situs Celebrity Net Worth. Mau tahu siapa saja?

1. Anthony Kiedis

Vokalis Band
Anthony Kiedis (Instagram).

Anak tahun 90an gak gaul deh kalau gak tahu siapa Anthony Kiedis. Dia adalah vokalis band Red Hot Chili Peppers yang sudah memperkuat band rock ini sejak tahun 1983 silam.

Bisa dibilang semua personilnya Red Hot emang nyentrik-nyentrik dan punya aksi panggung yang luar biasa. Tapi Kiedis tetaplah yang jadi pusat perhatian, dan suara Kiedis juga sama sekali gak bisa dipisahkan dari Red Hot.

Vokalis dari band yang albumnya laris 16 juta kopi di tahun 1999 ini disinyalir mengantongi US$ 120 juta atau setara dengan Rp 1,6 triliun.

2. Steven Tyler

Vokalis Band
Steven Tyler (Instagram).

Steven Tyler sudah jadi vokalis Aerosmith sejak tahun 1970 lho, dan dia juga punya album solo. Mustahil deh papa atau mamamu gak familiar sama band ini.

Sebagai seorang seleb, Tyler juga masih terbilang aktif di dunia hiburan meski usianya udah gak muda lagi. Dia pun sempat jadi juri American Idol tahun 2016. Total kekayaan Tyler pun disinyalir mencapai US$ 130 juta atau Rp 1,8 triliun.

3. Axl Rose

Vokalis Band
AXL Rose (Instagram).

Vokalis band Guns n Roses alias GNR yang tahun lalu baru manggung di Jakarta ini memang legend abis! Walaupun belagu, om Axl itu gak pernah dikabarkan bangkrut. 

Axl sudah memperkuat GNR sejak tahun 1985, lebih tepatnya saat GNR baru dibentuk. Pria bernama William Bruce Rose ini kabarnya mengantongi kekayaan yang mencapai US$ 200 juta atau setara dengan Rp 2,8 triliun.

Bisa dibilang, Axl sendiri lho yang menggaji personel GNR. Udah kayak bos perusahaan aja. 

4. Dave Grohl

Vokalis Band
Dave Grohl (Instagram).

Pria yang satu ini bisa dibilang hebat dan, gak sedikit musisi yang mau kolaborasi dengannya. Dave Grohl sejatinya adalah drummer dari grup band Nirvana yang legendaris, setelah band itu bubar usai kematian Kurt Cobain, dia fokus di bandnya yang bernama Foo Fighter namun dia malah jadi vokal gitar.

Apa saja hits dari Foo Fighter? Anak 90an juga pasti tahu, ada Everlong, Learn to Fly, Times Like These, atau The Best of You.

Total kekayaan Grohl sendiri sekarang mencapai US$ 280 juta atau setara dengan Rp 3,9 triliunan.

5. James Hetfield

Vokalis Band
James Hetfield (Instagram).

Anak metal tentu tahu siapa itu James Hetfield, dia adalah vokalis band Metallica yang juga melegenda. Gak cuma sebagai vokalis, Hetfield pun masuk ke dalam jajaran gitaris terbaik di dunia.

Di tahun 2017, band metal dengan empat personil ini dikabarkan sukses menjual 58 juta kopi album di Amerika Serikat.

Total kekayaan Hetfield sendiri disinyalir mencapai US$ 300 juta atau setara dengan Rp 4,2 triliun.

6. Mick Jagger

Vokalis Band
Mick Jagger (Instagram).

Nah, Mick Jagger juga merupakan vokalis band angkatan papa mamamu nih. Tahu apa nama bandnya eyang Mick Jagger? Jawabannya adalah Rolling Stone!

Pria berusia kepala tujuh ini sudah memperkuat Rolling Stone sejak tahun 1962. Mick Jagger udah panen duit dari jaman muda hingga usia senja. Gak heran kalau hartanya mencapai US$ 380 juta atau Rp 5,3 triliun.

7. Sting

Vokalis Band
Sting (Instagram).

Wah pria ini juga top banget, dia adalah orang yang sukses di band sekaligus solo kariernya. Rockstar asal Inggris ini adalah vokalis sekaligus basis band The Police yang terkenal dengan tembangnya yaitu, Everybreath You Take, Message in the Bottles, dan lainnya.

Sementara itu solo kariernya memang gak ngerock, kebanyakan akustik. Beberapa singlenya adalah Shape of My Heart, Englishman in New York, dan Fields of Gold.

Total kekayaan Sting dikabarkan mencapai US$ 400 juta atau Rp 5,6 triliun.

8. Jon Bon Jovi

Vokalis Band
Jon Bon Jovi (Instagram).

Nama bandnya saja diambil dari nama belakangnya dia. Sudah jelas banget bahwa dia adalah frontman dari bandnya sendiri.

Bon Jovi yang dibentuk tahun 1983 ini punya single yang sampai sekarang masih diputar di radio lho. Sebut saja seperti Always, In These Arms, dan I’ll Be There for You.

Dia pun aktif di solo kariernya dan saat ini mengantongi kekayaan senilai US$ 410 juta atau Rp 5,7 triliun.

9. Bono

Vokalis Band
Bono (Instagram)

Dan yang terakhir adalah om Bono, vokalisnya U2. Siapa sih yang gak kenal sama band rock paling top di dunia ini. 

Bonolah yang menciptakan lagu berjudul With of Without You dan Sunday Bloody Sunday yang sangat fenomenal di dunia. Sejak grup band ini dibentuk tahun 1976, mereka sudah menang 22 Grammy Awards.

Gak heran kalau Bono sebagai frontman mengantongi kekayaan sebesar US$ 700 juta atau Rp 9,8 triliun!

Itulah deretan vokalis band tajir melintir yang hartanya mencapai triliunan Rupiah. Tertarik ngeband saja dan jadi vokalis? (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!