Ini 9 Wahana Baru Dufan yang Wajib Kamu Coba

3 menit
Ilustrasi Masuk Dufan (Taman Impian Jaya Ancol)
Ilustrasi Masuk Dufan (Taman Impian Jaya Ancol)

Dunia Fantasi (Dufan) kawasan bertema di Taman Impian Jaya Ancol sebagai top of mind wisata Jakarta serta Indonesia segera menghadirkan pengalaman baru dan seru.

Dengan mengusung tema The Innovator, di tahun ini Dufan menghadirkan sesuatu yang berbeda yaitu sebuah kawasan baru dengan tema Dunia Kartun luas 3 Hektar.

Kawasan ini di desain unik dan menarik gak hanya menambah pengalaman baru tapi juga diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen seru di media sosial.

Terlebih era milenial saat ini menuntut sesuatu yang berbeda dan unik serta memberikan pengalaman mengesankan yang dapat diabadikan dan dibagi di media sosial.

“Hadirnya kawasan baru Dunia Kartun ini sebagai upaya untuk memberikan pengalaman baru yang dirasakan oleh pengunjung. Kami terus melakukan inovasi untuk bersaing dan menyajikan diferensiasi produk yang memiliki karakter. Tentunya dengan kawasan tematik yang menarik dan menjadi tema kartun pertama di Indonesia” ujar Teuku Sahir Syahali, Wakil Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol.

Kawasan Tematik Kartun Pertama di Indonesia

Kawasan ini terdiri dari Gerbang Baru Dufan dan 9 wahana baru yang dapat dinikmati oleh seluruh segmen, baik anak-anak maupun dewasa.

Nantinya pengunjung akan dapat leluasa memasuki kawasan Dufan dengan konsep gerbang yang lebih luas dan nyaman.

Terdapat area berteduh menuju pintu masuk Dufan tentunya menjadikan kawasan Dufan nyaman dalam segala cuaca. Masuk ke area Dufan akan disambut oleh 9 karakter asli Indonesia dengan senyuman yang ramah dan hangat.

Tidak hanya ikon monyet bekantan Dufan dan Dufi, tetapi juga ada Kabul (Katak Gembul), Bije (Bison Jenaka), Garin ( Garuda Indonesia), Tanit (Tapir Genit), Kombi (Komodo Gembira), Cili (Kancil Cilik) dan Birus (Babi Rusa).

Seluruh karakter tersebut seakan mengenalkan kita dengan keragaman biota asli Indonesia yang perlu dilestarikan keberlangsungan hidupnya.

Terdapat Fasilitas penunjang lainnya seperti foodcourt, dan merchandise menyempurnakan kenyamanan gerbang baru Dufan ini.

Gerbang baru ini nantinya akan menjadi ikon yang merepresentasikan Dufan secara keseluruhan, seakan belum ke Dufan kalau belum melihat dan berfoto di depan Gerbang Baru Dufan yang sangat megah dan ikonik.

Ada 9 (Sembilan) wahana baru yang akan hadir di kawasan Dunia Kartun. Tujuh wahana akan hadir di pertengahan tahun ini, dan dua lainnya di akhir tahun 2019, berikut informasinya:

BALING-BALING

Wahana ini diperuntukkan bagi remaja, pasalnya akan ada tantangan seru sebuah wahana dengan ketinggian 30 meter yang akan memacu adrenalin. Wahana ini akan berayun dan memutar hingga 360 derajat. Dengan kapasitas permainan 30 orang, permainan ini menyerupai wahana Tornado, dengan persamaan putarannya.

Bedanya Tornado hanya memiliki satu poros, sedangkan Baling-Baling memiliki dua poros dimana satu poros akan memutar 5 Baling-Baling dan satu porosnya lagi ditiap Baling-Baling akan berputar juga. Wahana ini memang diperuntukan buat si penyuka dan penantang adrenalin.

PARALAYANG

Wahana ini memberikan sensasi seperti terbang dan lebih diperuntukkan ke anak-anak dan dapat di duduki untuk 2 orang. Sudah dilengkapi juga dengan pengaman, jadi para orangtua tidak perlu khawatir karena dapat menemani anaknya bermain wahana ini.

TURBO DROP

Kalau wahana ini sebenarnya mirip dengan Wahana Histeria, namun lebih rendah dan bisa dinikmati oleh semua umur termasuk anak-anak. Permainan dengan kapasitas 8 orang ini membuat pengunjung seolah-olah dihembuskan dengan kecepatan tinggi hingga 8 meter. Sedang Hysteria memiliki ketinggian lebih dari 20 meter, namun tidak mengurangi pacu adrenalin dalam tubuh kita.

KARAVEL

Merupakan wahana untuk anak–anak dengan sensasi melayang seperti gelombang di udara dengan pergerakan 360 derajat. Permainan ini memiliki kapasitas 24 orang. Wah terasa berdesir tubuh kita.

KOLIBRI

Seperti namanya, wahana ini akan membawa anak-anak dan keluarga terbang dengan burung Kolibri. Permainan ini dikombinasikan dengan visual Dunia Kartun yang dikemudikan penumpang sendiri dengan ride berputar 360 derajat dan gerakan naik – turun secara perlahan. Wahana ini memiliki kapasitas 28 orang.

ZIG-ZAG

Merupakan wahana untuk keluarga yang terdiri dari beberapa mobil yang bertenaga listrik. Lebih mirip dengan wahana bakutoki (bumper car), wahana ini dimainkan dengan mengarahkan mobil untuk menghindari mobil lainnya. Kapasitas: 20 car/40 orang. Kapasitas per jam sebanyak 685 orang.

NEW ONTANG-ANTING

Wave swinger (ontang–anting) termasuk wahana yang populer dikawasan Dufan yang diperuntukan bagi anak–anak dan remaja. Wahana ontang–anting bergerak 360 derajat sesuai arah jarum jam yang membuat pengunjung serasa melayang di udara. Kapasitas: 56 seats. Kapasitas Per Jam wahana ini adalah 1400 orang. Serunya beramai-ramai dengan teriakan yang membahana.

Selain wahana-wahana tersebut yang akan dibuka pada bulan Juni 2019, masih ada 2 wahana yang tidak kalah spektakuler disajikan di akhir tahun 2019, yaitu Haunted Coaster dan New Fantastique.

Nantinya akan ada pengalaman berbeda di wahana Haunted Coaster karena wahana roller coaster ini akan berdiri di bangunan indoor. Perjalanan roller coaster dengan 3 rel yang akan jalan bersamaan dan dengan kecepatan tercepat di Indonesia dan memberikan pengalaman adrenalin dengan kisah menarik ala abad ke 19.

Namanya saja haunted, pastinya ada keseruan didalamnya, jadi siap-siap ya bagi kalian yang tidak berani, disarankan untuk tidak menaiki wahana ini sendirian.

Hal berbeda dengan New Fantastique, disini pengunjung akan menampilkan pertunjukan yang menarik dan sangat indah untuk dinikmati. Wahana yang diperuntukkan untuk semua umur ini akan menampilkan cerita kolosal dan tarian-tarian live yang dapat menghibur suasana di malam hari.

Dengan hadirnya kawasan baru ini, pasti menambah keseruan berpetualang di Dunia Fantasi dengan 39 wahana menarik dan menghibur yang dapat dinikmati oleh remaja dan juga keluarga.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.