Banner ImageBanner Image

Bisa Ditiru! 4 Cara Menabung Kreatif Ini Bikin Kamu Cepat Kaya

3 menit
Cara menabung unik

Kalau menyisihkan uang sekian persen buat ditabung masih terasa sulit, mungkin perlu metode lain yang bikin kamu gak merasa seperti menabung, tahu-tahu duit numpuk di tabungan.

Eh, emangnya bisa? Bisa dong!

Kamu hanya perlu sedikit lebih kreatif biar tetap punya tabungan. Biar bagaimana pun, tabungan penting untuk mewujudkan berbagai tujuan keuanganmu. Mulai dari keinginan jalan-jalan, sampai merealisasikan pernikahan impian.

Lalu, gimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut:

1. Tabungan 20 ribu

Tabungan 20 ribu
Tabungan 20 ribu

The Power of 20.000 alias nabung Rp 20 ribu merupakan strategi menabung yang dipopulerkan oleh Ippho Santosa, seorang penulis dan motivator. Caranya cukup sederhana seperti namanya. Kamu hanya perlu menyediakan satu buah  celengan.

Lalu, setiap menemukan selembar Rp 20 ribu, langsung simpan ke dalam celengan tersebut. Sederhananya, setiap uang Rp 20 ribu yang kamu punya adalah “jatah” celengan. Jadi kalau abis belanja terus dapat kembalian Rp 20 ribu, langsung pisahkan untuk masuk celengan.

Gak sekadar teori, cara ini ternyata sudah dibuktikan oleh Vindy Harfrida. Perempuan asal malang ini mem-posting hasil tabungan Rp 20 ribuannya yang telah dilakukan selama setahun. Walau hanya bermodalkan botol minum plastik, tabungan Rp 20 ribuannya telah mencapai Rp 10 juta.

Dilansir dari Kapanlagi, Vindy mengaku kebiasaan menabung ini membuat ia merasa tersugesti tidak menggunakan uang Rp 20 ribu dan langsung menabungkannya. Cara ini juga dinilai cocok buat dia yang cenderung malas menabung.

2. Menabung Sesuai Tanggal

Menabung sesuai tanggalan
Menabung sesuai tanggalan

Ambil kalender dan tatap tanggal-tanggal yang tertera dengan seksama. Dalam strategi ini, tanggal-tanggal tersebutlah yang jadi penentu nominal tabungan kamu.

Artinya, kamu harus menabung setiap hari dengan besaran sesuai dengan tanggal pada hari tersebut. Contohnya, pada tanggal 1, kamu harus menabung sebesar Rp 1.000. Esoknya di tanggal 2, kamu menabung Rp 2.000.

Begitu seterusnya sampai tanggal 30 yang berarti harus menabung Rp 30 ribu. Jika dihitung-hitung, dalam sebulan kamu bisa mendapatkan sebesar Rp 465.000 – Rp 496.000. Dalam setahun setidaknya kamu bisa mendapatkan sekitar Rp 5.580.000.

3. Sisihkan uang kertas terkecil

Menyisihkan uang kertas kecil
Menyisihkan uang kertas kecil

Cek dompet sekarang. Coba lihat berapa nominal terkecil pada uang kertas yang kamu punya? Rp 2.000? Rp 10.000? Rp 50.000? Berapapun nominal terkecilnya, masukan langsung ke dalam celengan. Begitulah cara menabung ala strategi ini.

Biar konsisten, miliki waktu khusus untuk menabung setiap harinya. Misalnya, beberapa saat sebelum tidur malam. Atau waktu lainnya dimana tak ada transaksi lagi dalam hari tersebut. Mudah kan? Hasilnya bisa bervariasi tergantung isi dompet. Tertarik mencoba?

4. Nabung receh

Nabung receh
Nabung receh

Jangan remehkan kekuatan uang receh. Mulai sekarang setiap menemukan uang receh di dalam dompet, saku baju, kantong celana, hingga meja kamar, ambil segera. Sediakan celengan khusus uang receh dalam ukuran besar mengingat uang receh atau uang koin cepat memakan tempat.

Tahu gak, dengan cara sederhana ini, seorang pasangan asal Filipina berhasil mengumpulkan 1 juta peso atau setara Rp 265 juta. Cara menabung ini cenderung santai tapi berdampak besar. Betul gak?

Gimana? Empat cara menabung di atas jadi bukti bahwa menabung juga bisa dijalankan tanpa beban tapi memberi hasil lumayan. Gak usah gatel ingin membongkar celengan. Anggaplah sebagai “uang hilang” sehingga beberapa waktu kemudian, hasil yang dituai makin memuaskan.  

Gimana, tertarik mencoba?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan