Ssstt, Nih Ada Tips Lulus Tes CPNS dari Ahlinya

4 menit
tips-lulus-tes-cpns
(Image: suaraaceh.com)

Siapa yang mau tips lulus tes CPNS? Langsung dari ahlinya pula. Dijamin, pasti banyak yang ngacungin tangan.

Informasi lowongan CPNS terbaru memang belum jelas memberikan tanggalnya. Diperkirakan tes buat calon pegawai negeri sipil diadakan seusai pemilihan kepala daerah serentak 2018.

Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), tes CPNS diperkirakan akan digelar antara tanggal 7 Juli dan 17 Juli 2018. Masih banyak waktu yang tersisa untuk menyiapkan diri.

Ada ribuan hingga ratusan ribu pelamar yang bakal siap bersaing. Satu posisi bisa-bisa diperebutkan ratusan pelamar.

Karena itu, tips lulus tes CPNS banyak diburu. Bahkan termasuk tips yang melanggar aturan, yakni nyogok.

Ingat, zaman sudah berganti. Sudah bukan zamannya lagi main sogok untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Sudah ada Komisi Pemberantasan Korupsi yang siap mencokok siapa pun yang berusaha melakukan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Kalau masuknya saja sudah dengan cara tak benar, bagaimana nanti waktu sudah kerja? Pasti yang dipikirkan adalah bagaimana caranya balik modal.

Buat yang mencari tips lulus tes CPNS yang halal, masih ada banyak kok di luar sana. Malah tips dari ahlinya dibeberkan langsung buat kita-kita yang berusaha lulus tes ini, yakni Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Menurut Bima Haria, peserta tes harus serius bersiap menghadapi seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem computer-assisted test (CAT). Tes ini dikerjakan dengan komputer, seperti ujian nasional era sekarang.

Berikut ini tips lulus CPNS dari bos lembaga yang menaungi dan bertanggung jawab atas penerimaan para PNS itu:

1. Mesti paham sejarah

tips-lulus-tes-cpns
Meski masih ada yang gelap, sejarah tetap harus dipelajari buat bekal tes (kompasiana)

Salah satu topik yang ditanyakan dalam tes adalah soal sejarah. Topik ini terangkum dalam sesi tes wawasan kebangsaan.

Pertanyaan seputar sejarah perjuangan Indonesia hingga dasar-dasar negara pasti ada di dalamnya. Pertanyaan itu misalnya tentang kelahiran Pancasila. Juga pasal-pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Bima menuturkan, PNS adalah abdi negara. Karena itu, wawasan kebangsaan amat diperlukan dalam pekerjaannya. “Masak, PNS gak paham sejarah Indonesia?” katanya.

2. Ikut bimbingan belajar

tips-lulus-tes-cpns
Seleksi bimbel yang bermutu, bukan asal kejar target jumlah peserta (brilio)

Bima menyarankan agar pelamar CPNS ikut bimbingan belajar khusus untuk lulus tes CPNS. Saat ini sudah banyak lembaga bimbingan belajar yang menawarkan layanan tersebut.

Tak usah malu menjadi peserta bimbingan. Dalam pelajaran kelak akan diberikan kiat-kiat untuk lulus tes CPNS, termasuk kisi-kisi soal ujian.

Ikut bimbingan juga memberi keuntungan selama pengelolanya sudah berpengalaman. Dari pengalaman itu, tentunya mereka sudah punya gambaran soal apa saja yang akan keluar.

Namun ada biayanya jika ikut bimbingan belajar CPNS. Bandingkan dulu biaya dan materi tiap-tiap lembaga. Bila ada kenalan yang pernah ikut bimbingan, tanyakan pula rekomendasinya.

[Baca: PNS VS Pegawai Swasta, Mana yang Lebih Bikin Sejahtera Ya?]

3. Belajar mandiri

tips-lulus-tes-cpns
Mau tes CPNS peminatnya banyak, makanya harus gigih belajarnya (tribunnews)

Sebetulnya, pertanyaan-pertanyaan dalam tes wawasan kebangsaan sudah dibahas dalam pelajaran sekolah. Karena itu, salah satu cara menghadapi tips lulus tes CPNS ini adalah membuka lagi buku sejarah di sekolah.

Atau bisa juga pinjam adik yang masih bersekolah. Pilihan terakhir adalah beli atau pinjam buku sejarah dari toko atau perpustakaan.

Intinya, jangan sampai lupa membekali diri dengan pengetahuan soal sejarah. Hal ini mungkin akan berat buat lulusan fakultas sains atau teknik.

Tapi mau tidak mau tes ini mesti dihadapi dan ditaklukkan. Menurut Bima, pada 2014, banyak peserta yang gagal dalam segmen tes ini lho.

4. Jujur

tips-lulus-tes-cpns
Joki itu buat nunggang kuda, bukan buat ikut tes CPNS ya (waingapu.com)

Ini nih yang sempat disinggung di atas. Bima menekankan, para peserta tes CPNS harus jujur. Tak ada alasan untuk berbuat curang.

Tes saat ini sudah dijalankan dengan sistem keamanan yang ketat. Siapa pun yang menggunakan jasa calo bakal ketahuan.

Selain itu, bentuk kecurangan yang kerap ditemukan adalah menggunakan ponsel untuk berkomunikasi. Kini, pemerintah menggunakan alat pengacak sinyal dalam setiap penyelenggaraan tes.

Jadi, meski lolos dari metal detector, peserta tes tetap bakal kesulitan menggunakan ponselnya untuk berbuat curang di ruangan tes.

[Baca: Gaji PNS Katanya Naik Tahun Depan, Tertarik Buat Ngelamar?]

Pekerjaan sebagai CPNS tak bisa dimungkiri masih menjadi idaman banyak warga Indonesia, terutama para lulusan baru alias fresh graduate.

Orang yang ingin jadi PNS biasanya mengejar kepastian karier. Sebab, ada pandangan kalau sudah jadi PNS, sudah enak karier ke depannya.

Padahal PNS zaman now beda dengan zaman old. Sekarang banyak pemerintah daerah yang getol mengawasi kinerja pegawainya, apalagi kementerian dan lembaga tinggi negara.

Sistem reward and punishment pun diterakan, seperti dalam pemerintah provinsi Jakarta pada era Ahok. Pegawai yang ketahuan kerja tak becus bakal kena sanksi dari teguran hingga potongan tunjangan, bahkan sampai diberhentikan.

Masih berniat jadi PNS? Jangan lupa belajar dulu untuk menghadapi tesnya dan praktikkan tips lulus tes CPNS di atas. Gak cuma itu, kamu juga mesti serius mengabdi saat kelak diterima, bukan kejar target memupuk tabungan dengan cara tak benar.

[Baca: Lolos Tes CPNS 2018 Bisa Diwujudkan Kalau Kamu Lakuin 4 Hal Ini]

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong