Agar Masa Depan Terjamin, Ini 4 Alasan Anak Muda Wajib Investasi

3 menit
Investasi harus dimulai sejak muda.

Kini banyak orang yang sudah tergiur untuk nyemplung ke investasi karena dapat menjamin masa depan hidup yang lebih baik.

Ditambah lagi kini sudah banyak instrumen yang gak perlu modal besar, bahkan hanya perlu Rp 100 ribu.

Tapi balik lagi, investasi itu jangka panjang. Jadi, kamu perlu sabar untuk membuat kekayaanmu semakin beranak pinak.

Ya, gak bisa tuh kalau sebentar-sebentar diambil. Yang ada, keuntungannya gak bisa kamu rasakan.

Contoh salah satunya saja adalah investasi emas. Misalnya, harga emas di tahun 2008 sebesar Rp 300 ribu, saat itu kamu harus merogoh kantong sekitar Rp 6 juta untuk memiliki emas seberat 20 gram.

Sedangkan kini harga emas sudah mencapai Rp 600 ribuan. Berarti dalam jangka waktu 10 tahun, uangmu sudah beranak pinak dua kali lipat menjadi Rp 12 juta.

Bayangkan, jika kamu investasi selama 20 tahun. Uang yang tadinya Rp 6 juta berkembang menjadi Rp 18 juta. Apalagi kalau kamu mengikuti program konsinyasi emas di Pegadaian. Makin banyak aja deh pundi-pundi rupiah yang masuk ke rekening kamu.

Gak usah berlama-lama lagi, mending langsung simak aja yuk empat alasan mengapa anak muda perlu berinvestasi seperti yang sudah dirangkum oleh MoneySmart.id.

Apa aja sih? Simak di sini yuk!

Baca juga: Jurus Ampuh Atasi Pemborosan Uang Belanja Untuk Pengantin Baru

1. Mencapai kebebasan finansial

kebebasan finansial
Masa gak pengen #merdekafinansial sih

Siapa sih yang gak mau mencapai kebebasan finansial alias udah gak pusing mikirin uang. Untuk mencapai ditahap itu, salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah dengan investasi sejak muda.

Pasalnya, ide dasar dari kebebasan finansial adalah mengubah penghasilan aktif menjadi penghasilan pasif.

Jadi, semakin cepat kamu terjun, maka akan semakin cepat pula kamu memiliki kendali dan mulai berinvestasi dengan efektif.

Nah, semakin cepat kamu meningkatkan penghasilan investasi artinya semakin cepat juga kamu mencapai kebebasan finansial alias freedom money.

2. Penghasilan tambahan dana pensiun

dana pensiun
(Dana pensiun, Ilustrasi)

Alasan lainnya mengapa kamu harus investasi sejak muda adalah untuk dana pensiun. Ingat ya, meskipun masih muda, kamu gak bisa lho menyepelekan persiapan dana pensiun.

Simpelnya tuh, semakin dini kamu mempersiapkan dana pensiun, maka semakin pula dana yang kamu muntuk masa tua nanti.

Apalagi kini ada banyak jenis yang dapat kamu pilih untuk mempersiapkan dana pensiun. Selain itu, nilai uang yang kamu investasikan juga akan terus bertambah seiring waktu.

Baca juga: Di Tengah Ketidakpastian Perekonomian, Pariwisata Indonesia Optimis Gaet Turis Milenial di 2019

3. Biarkan uang yang bekerja

Mata uang

Kamu tentu ingin saat tua nanti gak perlu bangun pagi dan pulang malam untuk mengais pundi-pundi rupiah. Nah, dengan begini maka uang yang akan bekerja buat kamu.

Jadi, kamu hanya perlu santai di rumah menikmati masa tua tapi kekayaanmu semakin bertambah. Pasalnya, dengan investasi, maka dana yang kamu investasikan akan menghasilkan uang tambahan dari bunga yang dihasilkan.

4. Keuntungan semakin besar

Reksadana pasar uang sangat cocok untuk kamu yang baru mengenal investasi.

Semakin dini kamu memulai, maka akan semakin besar juga keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Jadi, kamu yang memulai investasi di usia 20 tahun, tentu akan memiliki keuntungan yang berbeda dengan mereka yang baru mulai di usia 30 tahun.

Memulai investasi sejak usia muda juga akan membuat mereka memiliki banyak waktu untuk belajar dan mengembangkan. Semakin mengetahui cara kerja berbagai instrumen investasi, maka akan semakin besar pula keuntungan yang kamu dapatkan.

Selain itu, saat kamu gagal berinvestasi di satu instrumen kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari karakter investasinya itu. Secara perlahan, akan terus berpotensi dan menghasilkan keuntungan besar karena kamu dapat mengelolanya dengan tepat dan benar.

Baca juga: Mulai Sekarang, Jangan Buang Slip Gaji Kamu, Ini Alasan dan Keuntungannya

Nah, itu dia empat alasan mengapa anak muda perlu terjun investasi sejak dini. Semakin cepat, maka semakin banyak juga kekayaanmu di masa depan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong