Banner ImageBanner Image

Jadi Komisaris Utama Tokopedia, Ini 4 Fakta Menarik Agus Martowardojo

3 menit
Jadi Komisaris Utama Tokopedia, Ini 4 Fakta Menarik Agus Martowardojo, (Instagram/@bank_indonesia).

Mantan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, dikabarkan resmi menjadi Komisaris Utama Tokopedia. Sebagai komisaris, tentu aja tugas Agus saat ini adalah mengawasi jajaran direksi perusahaan e-commerce raksasa di Indonesia dalam mewujudkan visi misinya.

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis, (10/1/2019), CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan bahwa kehadiran mantan Bos BI di perusahaannya sangatlah penting. Karena dengan segudang pengalamannya, Agus dinilai pantas menjadi sosok pembina Tokopedia yang berambisi menjadi perusahaan kelas dunia.

Asal kamu tahu, menjadi seorang komisaris di perusahaan startup adalah hal baru bagi seorang Agus Martowardojo. Hal itu disebabkan karena beliau lebih dikenal sebagai seorang bankir senior.

Baca juga: Diduga Hindari Pajak, Google Simpan Uang Rp 317,8 Triliun di Bermuda

Dan bisa dibilang, saat ini Tokopedia mulai berinovasi dengan merambah ke layanan fintech. Tentu saja, bimbingan dari seorang pakar keuangan sangat dibutuhkan di sini.

Penasaran sama fakta-fakta seputar pak Agus? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

1. Dari Bankir hingga jadi menteri

Berawal meniti karier sebagai Bankir, Agus Martowardojo kini menjadi Komisaris Utama Tokopedia, (Instagram/@bank_indonesia).

Pria kelahiran Amsterdam 1956 silam ini memulai kariernya sebagai Officer Development Program (ODP) di Bank of America. Agus sendiri adalah seorang lulusan kampus ternama di Negeri Paman Sam, State University (New York) dan Stanford University.

Sepulangnya ke kampung halaman, ia langsung ditunjuk sebagi Vice President di Bank Niaga. Dari Bank Niaga, ia sempat menjadi Deputy CEO di Maharni Holding sebelum akhirnya kembali lagi ke perbankan.

Baca juga: Pemerintah dan Bank Indonesia Perkuat Data Ekspor-Impor

Sekembalinya ke dunia perbankan dirinya menjadi Dirut Bank Bumiputera, Bank Permata, Bank Exim, hingga Bank Mandiri, tepatnya saat ia berusia 54 tahun. Di tahun 2010, Agus Agus Martowardojo menggantikan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan RI, dan terpilih menjadi Gubernur BI di tahun 2013 hingga 2018.

2. Di tahun 2013 kekayaannya mencapai Rp 124,8 miliar

Di tahun 2013 kekayaannya mencapai Rp 124,8 miliar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain merupakan seorang yang berprestasi di dunia keuangan, Agus Martowardojo juga merupaka orang yang memiliki kekayaan cukup banyak lho. Bayangin aja di tahun 2013 dirinya memiliki kekayaan senilai Rp 124,8 miliar!

Wajar saja sih, beliau merupakan mantan pimpinan dari bank-bank terkenal di Indonesia. Gaji bos-bos bank memang jelas bisa ngalahin gaji seorang presiden.

Baca juga: IDN Media Raih Pendanaan Seri C dari EV Growth dan LINE Ventures

Belum lagi, fasilitas yang mereka dapatkan juga wow banget! Mulai dari tunjangan transportasi, dan sebagainya udah pasti ada.

3. Punya rumah di Melbourne

Punya rumah di kawasan Melbourne, Australia, (Ilustrasi/Shutterstock).

CNBC Indonesia sempat melaporkan bahwa Agus Martowardojo memiliki hunian di Melbourne, Australia. Kabar ini muncul ketika media-media tengah mengulas soal kandidat Gubernur BI di tahun 2018.

Kabarnya, bukan cuma Agus saja yang punya melainkan Bambang Brodjonegoro dan Chatib Basri juga punya. Hebat ya!

4. Putranya adalah seorang pengusaha

Putranya merupakan seorang pengusaha dan menduduki posisi strategis di perusahaan bergengsi nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Agus memiliki seorang putra bernama Adri P. Martowardojo. Dia adalah salah seorang pemegang saham mayoritas di produsen sepatu Mario Minardi, sebuah sepatu asal Indonesia yang kabarnya terdaftar dalam merek Italia.

Sepatu ini bisa dibilang mahal, dan berdesain sporty klasik. Desain sepatunya yang sangat rapih dan klasik menambah kesan produk ini sangat berkelas!

Sebagai seorang pengusaha, Ardi juga terkenal dengan gaya hidupnya yang mewah. Dia pun menjabat sebagai PT Federal International Finance dan menduduki posisi manajer di PT Astra International Tbk.

Gimana nih melihat sepak terjang karier Agus Martowardojo ini? Kamu yang masih muda dan masuk dalam golongan milenial jangan kalah nih dengan mantan bos BI ini. Bayangin aja di usianya yang udah gak muda lagi, beliau dipercaya buat menjadi Komisaris Utama e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia. Emang sih buat jam terbang setaraf Agus Martowardojo ini bisa dibilang udah memiliki pengalaman yang cukup luar biasa.

Kesuksesan karier beliau bisa kamu ikuti nih dan contek gimana bisa menduduki posisi strategis di perusahaan yang tengah naik daun. Jadi mulai dari sekarang mulailah bekerja keras dan giat ya agar memiliki jenjang karier yang bagus.

Itulah sekilas fakta soal Agus Martowardojo, sang komisaris baru di Tokopedia. Kira-kira, apakah Tokopedia bisa makin sukses setelah Agus bergabung di perusahaan itu? Kita nantikan saja sepak terjangnya. (Editor: Mahardian Prawira).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan