Ini Cara Akseleran dan Adira Lawan Kredit Macet

2 menit
Ilustrasi P2P Lending Akseleran (Shutterstock)
Ilustrasi P2P Lending Akseleran (Shutterstock)

Layanan teknologi keuangan berbasis Peer-to-Peer (P2P) Lending Akseleran fokus menjaga rasio kredit macet di bawah 1 persen hingga akhir 2019.

Maka dari itu, Akseleran bekerjasama dengan Adira Insurance memberikan fasilitas asuransi kredit untuk invoice financing.

“Kerja sama dengan Adira Insurance mulai efektif per 24 Mei 2019 dan merupakan asuransi kredit untuk invoice financing. Tujuannya untuk meningkatkan mitigasi risiko pinjaman gagal bayar.

Selain juga melindungi pemberi pinjaman di Akseleran,” ujar Ivan Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran di Jakarta.

Ivan menjelaskan, kerja sama sinergis dengan Adira Insurance diharapkan mampu mendorong tingkat kepercayaan para pemberi pinjaman di perseroan. Disamping juga otomatis menambah jumlah pemberi pinjaman.

Selain itu, Ivan mengatakan, hingga pertengahan Mei 2019 perusahaan sudah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp 477 miliar kepada lebih dari 900 pinjaman.

“Jumlah pengguna kami saat ini sudah mencapai lebih dari 90 ribu yang tersebar merata di seluruh Indonesia. Tingkat NPL kami hingga akhir kuartal pertama 2019 di angka 0,3 persen. Dari total penyaluran pinjaman atau di bawah rata-rata industri P2P Lending yang sebesar 3,18 persen.

Invoice Financing Meningkat

Seiring dengan bertambahnya jumlah peminjam di Akseleran yang menggunakan invoice financing tentu kehadiran Adira Insurance membuat kami makin optimistis. Terutama dapat mempertahankan angka NPL tetap di bawah 1 persen di akhir tahun ini,” ungkap Ivan.

Senada dengan hal tersebut, Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance, menambahkan, pihaknya menyambut baik adanya kolaborasi ini. Karena mampu memperluas jalur distribusi dan meningkatkan portfolio khususnya fintech lending.

“Tentunya kami pun selektif dalam memilih rekanan, Akseleran memiliki angka NPL yang sangat baik. Sehingga harapannya kolaborasi ini mampu memberikan nilai lebih untuk pemberi pinjaman,” paparnya.

Sebagai market leader perusahaan asuransi umum, Adira Insurance ingin selalu memberikan berbagai kemudahan. Selain juga perlindungan menyeluruh kepada pemberi pinjaman di Akseleran.

“Kami optimis, peluang asuransi pembiayaan dalam fintech lending akan semakin terbuka lebar bagi industri asuransi umum,” tutup Julian.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan